1 ppm Berapa ml? Ini Konsep Dasar dan Cara Menghitungnya


Uinsuka.ac.id – Pertanyaan 1 ppm berapa ml mungkin terasa asing bagi banyak orang. sebab, satuan seperti parts per million (ppm) ini kurang umum dibandingkan dengan satuan seperti mililiter (ml) yang kerap kita temui sehari-hari.

Selain itu, satuan ini memiliki nilai yang sangat kecil dan tidak familiar dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, ppm digunakan untuk menyatakan satuan pada bahan kimia, pupuk, dan obat-obatan dalam konteks perbenihan ikan laut.

Penerapan konsep dasar ppm (parts per million) dan ml (milliliter) di lapangan terkadang membingungkan sebagian orang. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan secara ringkas konsep dasar ppm dan ml beserta cara menghitung konversinya.

Konsep Dasar Parts per Million (ppm) dan Mililiter (ml)

Sebelum mengetahui cara mengonversi 1 ppm berapa ml, penting untuk memahami konsep dasar dari kedua satuan tersebut. Pemahaman ini penting agar proses konversi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan akurat.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung CM ke M (Centimeter ke Meter) 2024

Parts per million (ppm) merupakan satuan konsesntrasi yang umumnya digunakan dalam Kimia Analitik. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini dikenal dengan bagian per sejuta (bpj). Ppm kerap digunakan untuk mengukur konsentrasi zat dalam suatu campuran atau larutan.

Dalam konteks kimia, konsep ppm menyatakan seberapa banyak suatu zat terlarut dalam satu juta unit lainnya. Sebagai contoh, 1 ppm berarti satu bagian per juta, atau satu unit dari zat tertentu terlarut dalam satu juta unit larutan atau campuran.

Sebagai perbandingan, mililiter (ml) adalah satuan yang digunakan untuk mengukur volume. Satuan ini menunjukkan seberapa besar ruang yang ditempati oleh suatu cairan. Mililiter (ml) umumnya digunakan untuk mengukur air, minyak, dan jenis cairan lainnya.

Dalam analisis kimia, informasi mengenai konsentrasi (ppm) dan volume (ml) saling berkaitan. Kedua parameter ini seringkali digunakan secara bersama-sama untuk menghitung jumlah absolut suatu zat dalam suatu sampel.

Bagaimana Cara Menghitung 1 ppm Berapa ml?

Untuk menghitung seberapa banyak 1 ppm setara dalam mililiter, kita membutuhkan informasi tambahan, yaitu konsentrasi zat dalam miligram per liter (mg/L) dan berat molekul zat tersebut.

Baca Juga:  25 mm berapa Cm? Cara Menghitung, Contoh Soal, Konsep

Dari informasi tersebut, dapat digunakan rumus sebagai berikut:

ml = (ppm x Berat Molekul) : (1000 x Konsentrasi (mg/L))

Sebagai contoh, jika kita memiliki larutan dengan konsentrasi 1 ppm suatu zat, berat molekul zat tersebut adalah 50 g/mol, dan konsentrasi dalam larutan adalah 5 mg/L, kita dapat menghitungnya sebagai berikut:

Mililiter = (1 ppm x 50) : (1000 x 5 mg/l)

Mililiter = 0,01 ml

Artinya, 1 ppm suatu zat setara dengan 0,01 ml dalam larutan dengan konsentrasi 5 mg/L.

Pemakaian ppm biasanya terkait dengan menentukan konsentrasi zat dalam campuran atau larutan, terutama dalam konteks kimia analitik. Memahami konsep dasar dan cara mengubah 1 ppm berapa ml dapat memberikan pemahaman yang berharga dalam konversi satuan.

error: