6 Cara Menghitung Skala Likert, Rumus, Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Dalam penelitian kuantitatif, peneliti perlu mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan survei. Pembuatan angket atau kuesioner pada survei ini umumnya menggunakan skala pengukuran, misalnya skala likert. Bagaimana cara menghitung skala likert?

Perhitungan kuesioner dengan skala likert tentu berbeda dari kuesioner dengan jenis skala pengukuran lainnya. Selain itu, kamu bisa menghitungnya secara manual dengan rumus jika jumlah data yang diambil tidak terlalu banyak. Jika datanya banyak, kamu bisa menggunakan SPSS dan Excel.

Pengertian Skala Likert

Skala pengukuran kuesioner ada bermacam-macam. Akibatnya, beberapa pelajar atau mahasiswa akan merasa bingung jika diminta menghitung kuesioner dengan skala tertentu. Oleh karenanya, sebelum belajar cara menghitung kuesioner skala likert, kamu perlu memahami skala ini terlebih dahulu.

Skala likert adalah suatu cara untuk mengukur tanggapan negatif dan positif terhadap suatu pernyataan. Menurut Sugiyono, skala likert merupakan skala yang digunakan untuk mengukur pendapat, persepsi, dan sikap individu atau kelompok mengenai fenomena yang sedang terjadi.

Ada dua jenis skala likert yang bisa dibuat oleh peneliti. Kedua jenis ini adalah skala likert ganjil dan skala likert genap. Skala likert ganjil memiliki opsi ganjil, misalnya 5 atau 7, sedangkan skala likert genap memiliki opsi genap.

Contoh opsi tersebut adalah sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Setiap opsi ini memiliki skor, misalnya sangat tidak setuju memiliki skor 1 dan sangat setuju memiliki skor 4.

Cara Menghitung Angket Skala Likert dengan Rumus dan Contoh Soalnya

Lalu bagaimana cara menghitung hasil kuesioner dengan skala likert? Perhitungan ini dilakukan dengan cara mengalikan jumlah responden yang memilih opsi tertentu dengan skor tiap opsi. Perhitungan ini dilakukan pada tiap opsi dan selanjutnya semua hasil perhitungan ini dijumlahkan.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung IMT Anak Berdasarkan Usia 2024

Namun, perhitungan tersebut tidak berhenti disitu saja, kamu juga perlu melakukan interpretasi perhitungan skor, proses pra penyelesaian, dan penyelesaian akhir. Berikut ini cara menghitung skala likert bersama tahapan-tahapannya dan contoh soalnya.

Rumus Perhitungan Skala Likert

1. Tahap 1

Tahap pertama dalam menghitung angket dengan skala likert adalah menjumlahkan skor tiap opsi. Rumus menghitung skor tiap opsi sangat sederhana. Berikut ini rumusnya.

Total Skor Opsi n = T x Pn

T adalah jumlah semua responden yang memilih opsi n.

Pn adalah skor untuk opsi n.

2. Tahap Interpretasi Skor Perhitungan

Pada tahap ini, peneliti harus mencari skor tertinggi dan skor terendah yang mungkin terjadi. Untuk menghitungnya, kamu hanya perlu mengalikan skor tertinggi dengan jumlah total responden dan mengalikan skor terendah dengan jumlah total responden.

Berikut ini rumus mencari skor tertinggi dan skor terendah.

Y = Skor tertinggi x total semua responden

X = Skor terendah x total semua responden

Selanjutnya, peneliti harus mengetahui index % interpretasi dengan cara di bawah ini.

Index% = total skor : Y x 100

3. Tahap Pra Penyelesaian

Tahap Pra Penyelesaian dilakukan untuk mengetahui rentang jarak atau interval dengan interpretasi persen. Tujuan penghitungan ini adalah untuk mengetahui penilaian. Rumus yang digunakan pada tahap Pra Penyelesaian adalah:

I = 100 : jumlah opsi

Selanjutnya, gunakan selisih tersebut untuk menciptakan data interval di setiap opsi. Sebagai contoh, jika nilai I adalah 25%, maka data intervalnya adalah 0% – 25 %, 25% – 50%, dst.

Contoh Soal

Rumus-rumus di atas mungkin terkesan membingungkan bagi kamu yang belum pernah menggunakannya. Agar kamu tidak bingung dalam menerapkannya, cek contoh soal berikut ini.

Sebuah kuesioner tentang kemasan baru produk X dibagikan kepada 100 responden. Dari kuesioner tentang kemasan produk tersebut, didapat data sebagai berikut.

  • 10 orang menyatakan Sangat Tidak Suka (skor 1).
  • 23 orang menyatakan Tidak Suka (skor 2)
  • 28 orang menyatakan Netral (skor 3)
  • 32 orang menyatakan Suka (skor 4)
  • 7 orang mengatakan Sangat Suka (skor 5)
Baca Juga:  3 Cara Menghitung Kalori Defisit Sesuai Berat Badan 2024

Bagaimana cara menghitung skala likert dari hasil angket di atas?

Jawaban:

1. Menghitung total skor

Total Skor Opsi n = T x Pn

Sangat tidak suka : 10 x 1 = 10

Tidak Suka             : 23 x 2 = 46

Netral                     : 28 x 3 = 84

Suka                      : 32 x 4 = 128

Sangat Suka         : 7 x 5 = 35

Total skor              : 303

2. Interpretasi Skor

Y (Sangat Suka)  = Skor tertinggi x total semua responden

= 5 x 100

= 500

X (Sangat Tidak Suka)   = Skor terendah x total semua responden

= 1 x 100

= 100

Index%     = total skor : Y x 100

= 303 : 500 x 100

= 60,6%

3. Pra Penyelesaian

I     = 100 : jumlah opsi

= 100 : 5

= 20

Jadi interval jarak antar opsi adalah 20%

0% hingga 19,9%    = Sangat tidak suka

20% hingga 39,9%  = Tidak suka

40% hingga 59,9%  = Netral

60% hingga 79,9%  = Suka

80% hingga 100%   = Sangat suka

4. Penyelesaian

Karena diketahui bahwa index % skala likert adalah 60,6%, maka hasil perhitungan kuesioner tentang kemasan baru produk X berada dalam kategori Suka.

Cara Menghitung Skala Likert di SPSS

Cara menghitung angket dengan skala likert dapat dilakukan dengan menggunakan SPSS. Bagi kamu yang sudah familiar dengan software SPSS dalam mengolah data, perhitungan skala likert menggunakan SPSS pasti tidak akan terasa sulit.

Berikut ini langkah-langkah menghitung angket dengan skala likert.

1. Input Data dan Setting Variabel

Tahap pertama yang perlu dilakukan dalam menghitung angket skala likert pada SPSS adalah input data. Masukkan semua data yang diperoleh dari kuesioner skala likert, misalnya identitas responden dan variabel-variabelnya.

Bagi kamu yang sebelumnya telah melakukan rekap data kuesioner di Excel, kamu hanya perlu copy data di Excel dan paste di SPSS. Setelah data diinput dan variabel disetting, kamu perlu memasukkan data view SPSS.

Dalam proses ini, jangan lupa untuk memastikan bahwa semua data penelitian diubah menjadi variabel angka. Jika tidak, maka data tidak dapat diolah. Pastikan pula bahwa tidak ada kesalahan sekecil apapun dalam menginput data agar hasilnya sesuai dengan penelitian.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Gaji Karyawan, Rumus, Contoh

2. Pemetaan Responden

Setelah data diinput dan variabel disetting, lakukan analisis data yang pertama, yaitu pemetaan responden. Responden harus dipetakan berdasarkan karakteristik tiap variabel. Untuk memetakan responden, ikuti caranya di bawah ini.

  • Pilih menu Analyze.
  • Klik Descriptive Statistics.
  • Pilih Frequencies.
  • Klik tanda panah yang ada di sisi samping kotak dialog Frequencies.
  • Klik Ok saat kotak dialog berisi variabel pertanyaan muncul.

3. Compute Variabel

Kamu masih harus melakukan satu tahap lagi sebelum melakukan uji kualitas data. Tahap ini adalah compute variabel. Untuk melakukannya, cek cara compute variabel di bawah ini.

  • Klik Format pada menu utama
  • Klik Compute Variabel dan selanjutnya kotak dialog akan muncul.
  • Ketik X1 pada target variabel.
  • Pilih Type & Label.
  • Input variabel.
  • Klik Continue.
  • Buka kembali kotak dialog Compute Variabel.
  • Pada kotak Numeric Expression, jumlahkan Q1 hingga Q6.
  • Klik tanda panah di sisi samping kotak.
  • Klik icon +.
  • Klik OK.

Cara menghitung skala likert memerlukan beberapa tahapan. Tiap tahapan ini membutuhkan rumus perhitungan yang berbeda. Meskipun terkesan rumit, penghitungan kuesioner skala likert dapat dipelajari dengan mudah. Penghitungan ini akan semakin mudah dilakukan jika menggunakan Excel atau SPSS.

Baca Juga:

error: