0,1 Kg Berapa Gram? Cara Menjawab dan Konversinya


Uinsuka.ac.id – Satuan berat seperti kilogram atau gram memang digunakan secara umum di masyarakat. Penggunaannya amat beragam, baik untuk makanan atau benda lainnya. Menghitung 0,1 kg berapa gram dapat dilakukan dengan mudah dengan cara yang sederhana.

Menghitung berat suatu benda padat biasanya dilakukan dengan menggunakan satuan gram. Satuan paling umum tentu saja kilogram (kg) dan gram (g atau gr). Namun, sebenarnya urutan satuan berat pada dasarnya dimulai dari yang terbesar hingga satuan terkecil.

Satuan pengukuran berat sebenarnya cukup beragam. Misalnya satuan kuintal, ton, dan banyak lainnya. Namun, semuanya memiliki dasar yang sama yaitu susunan satuan berat yang dibuat seperti “tangga satuan” agar mudah menghafalkan urutannya.

Melakukan Konversi Berat Benda Padat

Untuk menghitung berat atau massa benda padat, ada urutan satuan yang harus dihafalkan agar tidak keliru membuat urutannya. Hal ini penting saat perlu melakukan konversi seperti pertanyaan 0,1 kg berapa gram tersebut.

Baca Juga:  6 Cara Menghitung Volume Kubus, Balok, Tabung Dll

1. Konversi Satuan Berat

Urutan satuan berat diurutkan mulai dari satuan terbesar yaitu kilogram, hingga ke satuan terkecil yaitu milligram. Seperti berikut:

  • Kilogram (kg)
  • Hektogram (hg) yang lebih umum dikenal dengan ons.
  • Dekagram (dag)
  • Gram (g)
  • Desigram (dg)
  • Centigram (cg)
  • Milligram (mg)

Urutan di atas disebut dengan “tangga satuan” yang urutan pertamanya adalah kilogram. Setiap turun 1 anak tangga atau turun ke satuan berikutnya, maka harus dikalikan dengan 10 (atau kelipatannya).

Sebaliknya, jika konversi dilakukan dari satuan terkecil ke satuan yang lebih besar, maka dilakukan proses pembagian. Misalnya milligram (mg) ke gram (gr) ternyata naik 3 anak tangga. Berarti harus dibagi dengan 1000. Misalnya 1000 mg / 1000 = 1 gram.

2. Contoh Cara Perhitungan

Sesuai penjelasan di atas, setiap penurunan anak tangga maka harus dikalikan 10 (atau kelipatannya). Sedangkan kenaikan anak tangga maka harus dibagi 10 (atau kelipatannya). Seperti contoh berikut:

  • 5 kilogram ke ons maka dikalikan 10, sehingga 5 kg = 5 x 10 = 50 ons.
  • 10 kg = 10 x 1000 = 10.000 gram
  • 500 gram = 500 / 100 = 5 ons
Baca Juga:  0,75 Jam Berapa Detik? Jawaban dan Cara Hitungnya

0,1 Kg Berapa Gram?

Setelah mengetahui susunan satuan berat di atas, maka untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya tidak sulit lagi. Seperti contoh yang diberikan di atas, satuan kilogram (kg) harus dikalikan 1000 agar bisa mendapatkan satuan gram (gr). Jadi perhitungannya adalah:

0,1 kg x 1000 = 100 gram.

Mudah, bukan? Asalkan sudah hafal urutan beratnya, menghitung konversi berat seperti ini jelas tidak sulit. Kilogram ke gram berarti turun 3 anak tangga (urutan) jadi 10 x 10 x 10 = 1000. Sehingga tinggal mengalikan berat yang ditanyakan dengan 1000 untuk mendapatkan hasilnya.

Dari contoh soal 0,1 kg berapa gram di atas, dapat dilihat bahwa penting sekali untuk menghafalkan urutan satuan berat yang standar. Dengan begitu, dapat diketahui apakah konversi yang perlu dilakukan akan menggunakan perkalian atau pembagian sehingga hasilnya tidak akan keliru.

error: