1 Cth Berapa mL? Cara Mengukur dan Dosis Takaran Obat


Uinsuka.ac.id – Cth merupakan satuan yang digunakan untuk dosis obat berbentuk sirup. Banyak orang yang merasa bingung dan bertanya 1 cth berapa ml. satuan cth memang tidak umum digunakan, namun beberapa dokter masih memakainya.

Hal tersebut merujuk pada tradisi bahasa latin yang umumnya digunakan dalam bidang farmasi dan kedokteran. Agar segera mendapatkan khasiat, obat harus diminum sesuai dengan dosis anjuran dari dokter.

Sehingga jika merasa bingung, lebih baik memastikan jumlahnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi. Jangan sampai salah, karena bisa saja menyebabkan efek samping. Resep dokter umumnya menganjurkan takaran obat dengan satuan berbeda sehingga perlu diketahui dengan jelas.

Bagaimana Cara Mengukur 1 Cth Berapa Ml?

Dalam bahasa latin, cth adalah cochlear theae atau bisa disebut juga dengan sendok teh dan setara 5 ml atau 5 cc. Selain itu ada juga singkatan lain yang umumnya digunakan untuk dosis obat sirup.

Baca Juga:  7 Jam Berapa Menit? Cara Hitung dan Rumus Jam-Menit

Antara lain seperti C (cochlear cibarium) yang setara dengan 15 ml/ 15 cc dan CP (cochlear pultis/parvum yang setara dengan sendok bubur berukuran 8 ml/8cc. secara ringkasannya bisa didefinisikan sebagai berikut.

  • 1 C sama dengan 1 sendok makan, setara dengan 15 ml
  • 1 Cth setara dengan 1 sendok teh, sama dengan 5 ml
  • 1 CP sama dengan 1 sendok bubur, setara dengan 8 ml

Untuk mengukur cth ke ml tidaklah sulit, karena hanya perlu mengikuti panduan ringkas yang sudah dijabarkan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa takaran obat 1 cth berapa ml adalah 15. Sedangkan 2 cth sama dengan 30 ml atau 30 cc. Begitu seterusnya.

Satuan Takaran Dosis Obat Sirup Lainnya

Setiap obat memiliki jumlah takaran yang berbeda, begitu juga untuk satuannya. Tidak hanya 1 cth berapa ml saja yang perlu dipahami.

Jenis satuan lainnya yang umum digunakan juga harus diketahui. Hal tersebut dilakukan agar dosis yang dikonsumsi bisa tepat sesuai anjuran sehingga kinerjanya optimal. Berikut jenis takaran lainnya yang umum digunakan.

1. Sendok Teh

Tidak hanya digunakan sebagai takaran obat saja, namun juga sering digunakan sebagai satuan ukur lainnya, seperti untuk memasak. Lalu, 1 sendok teh itu berapa? Jika didefinisikan dalam volume, yaitu sekitar 5 ml.

Baca Juga:  1,5 cm Berapa Meter? Jawaban dan Contoh Soal Terbaru

2. Sendok Makan

Alat pengukur ini paling mudah ditemukan karena umumnya ada di rumah. Sendok makan setara dengan 15 ml.

3. Mililiter dan Sentimeter Kubik

Ml dan cc merupakan satuan volume yang umumnya dipakai dalam ukuran dosis obat cair. Kedua satuan ini memiliki nilai yang sama (1 ml = 1 cc) sehingga tidak perlu bingung menghitungnya.

Dengan memahami 1 cth berapa ml, kamu tidak perlu lagi merasa bingung ketika mendapatkan resep dengan dosis tersebut. Umumnya, obat sirup sudah dilengkapi dengan sendok takar yang memudahkan dalam menghitung dosis.

Namun dalam kondisi tertentu bisa menggunakan alat lain dengan perhitungan yang sesuai apabila sendok takar tidak ada.

error: