1 mL Berapa mg? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soal

Uinsuka.ac.id – Berhitung menjadi aktivitas yang setiap hari dilakukan, tidak hanya untuk matematika. Bidang fisika juga memiliki metode perhitungan untuk konversi satuan. Banyaknya jenis satuan terkadang membuat sebagian orang menjadi bingung. Bahkan untuk menghitung 1 ml berapa mg saja terasa sulit.

Padahal hal tersebut bisa dilakukan secara mudah apabila metode perhitungannya dipahami dengan baik. Mililiter (ml) merupakan satuan yang digunakan untuk menghitung volume, umumnya benda cair. Sedangkan miligram, adalah satuan massa. Pada perhitungan satuan ini terdapat tangga tingkatannya.

Panduan Menghitung 1 Ml Berapa Mg

Definisi 1 mililiter sama dengan 1 miligram hanya berlaku untuk air saja. Sedangkan pada benda lain nilainya bisa berbeda, tergantung dari massa jenis benda tersebut. Volume dan massa merupakan besaran fisika yang berbeda sehingga tidak bisa dikonversi secara langsung.

Konversi kedua satuan tersebut tergantung pada densitas zat yang diukur. Untuk menemukan jawaban dari 1 ml berapa mg tidak bisa dilakukan begitu saja. Melainkan harus mengetahui berapa massa jenis dari benda tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga:  2000 Gram Berapa Kg? Ini Cara Hitung dan Rumusnya

Misalnya untuk air dengan massa jenis 1000 kg/m3 atau 1 g/cm3, maka bisa disimpulkan bahwa 1 ml sama dengan 1 mg atau 1 liter setara 1 kg. Namun pada benda lain, tidak bisa dihitung seperti itu. Ketahuilah terlebih dahulu massa jenis bendanya dan lakukan konversi dengan rumus berikut.

mg = ml x kepadatan bahan x 1000

Keterangan:

Densitas zat didefinisikan dalam satuan gram per sentimeter kubik (g/cm³) atau dalam gram per mililiter (g/ml). Dari rumus diatas, bisa dihitung 1 ml sama dengan berapa mg. Namun harus diketahui terlebih dahulu massa jenis bendanya.

Jika air, maka massa bendanya adalah 1 g/cm3. Sedangkan minyak goreng adalah 0.88 g/cm3. Jika ingin menghitung konversi 1 ml minyak goreng, maka perhitungannya sebagai berikut.

mg = ml x kepadatan bahan x 1000 = 1 x 0.88 x 1000 = 880 mg

kesimpulan: 1 ml minyak goreng sama dengan 880 mg

Contoh Soal

Pembahasan tentang perhitungan 1 ml itu berapa mg tidak terasa lengkap tanpa adanya contoh soal lain.

Hal tersebut bisa memberikan pandangan lain yang lebih terperinci agar bisa menghitung konversi satuan dengan benar. Untuk memperdalam pemahaman, silahkan lihat beberapa contoh lainnya berikut ini.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Sudut Segitiga dan 8 Contoh Soal

Soal 1

Konversikan 3 ml susu bubuk ke dalam satuan mg! Diketahui massa jenis susu bubuk adalah 0.21 g/cm3.

Jawaban:

mg = 3 x 0.21 x 1000 = 630 mg.

Soal 2

Ubah 2 ml berapa menjadi satuan mg! Massa jenis beras adalah 0.72 g/cm3.

Jawaban:

mg = 2 x 0.72 x 1000 = 1440 mg.

Setelah memahami penjelasan tentang perhitungan 1 ml berapa mg, tentu kamu sudah tidak merasa bingung lagi untuk melakukan konversi satuan. Ada banyak sekali jenis zat di kehidupan sehari-hari dengan massa jenis yang beragam.

Untuk itu pastikan mengetahui jumlah massa jenis zat yang akan diukur terlebih dahulu sebelum melakukan konversi agar hasilnya dapat diketahui.