10 Cara Menghitung Lebar Persegi Panjang dan Contoh

Uinsuka.ac.id – Bagaimana cara menghitung lebar persegi panjang? Materi satu ini sebenarnya sudah sering didapatkan sejak duduk kelas 5 SD. Namun sayangnya, masih banyak pelajar SMP, SMA bahkan mahasiswa belum memahami trik menghitung lebar pada bangun ruang persegi panjang.

Perlu kamu ketahui, rumus menghitung persegi panjang sebenarnya sangat mudah. Kebanyakan orang tidak tahu cara menjawabnya karena alasan lupa rumus yang perlu digunakan. Pada pembahasan kali ini, kamu bisa menggunakan berbagai cara mencari dimensi persegi panjang yang belum diketahui.

Ada cara menghitung luas persegi panjang dengan algoritma, menggunakan rumus biasa, dan lainnya. Kamu bisa menghitung luas bangun persegi panjang sesuai dengan permintaan soal, dengan begitu jawabannya benar dan sama dengan perhitungan pembuat soalnya.

Berbagai Rumus Bangun Persegi Panjang

Materi Matematika yang membahas mengenai bangun datar merupakan subjek paling dasar yang perlu kamu pahami. Bangun datar adalah sebuah bangun yang memiliki ukuran 2 dimensi, sama halnya dengan persegi panjang yang memiliki sisi panjang sekaligus sisi lebar.

Persegi panjang merupakan bangun datar 2 dimensi yang memiliki 2 pasang sisi sama sejajar dengan panjangnya serta 4 sudut siku-siku. Berdasarkan materi yang sering didapatkan dari sekolah dapat disimpulkan bahwa, ada beberapa rumus yang sering digunakan pada soal ujian.

  • Luas (L) = P X L
  • Keliling (K) = 2 X (P+L)
  • Panjang (P) = (K : 2) – 1
  • Lebar persegi(L) = Keliling : 2 – Panjang
  • Diagonal (D) = Diagonal

Selain memiliki beberapa rumus perhitungan yang perlu dihafalkan, kamu sebelumnya juga harus paham karakteristik dari bangun persegi panjang. Diantara bangun ruang lainnya dalam ilmu Matematika, persegi panjang memiliki beberapa karakteristik unik sebagai berikut.

  • Memiliki 2 pasang sisi sejajar yang sama-sama panjang
  • Sisi lebih panjang dinamakan dengan p
  • Persegi panjang memiliki 4 titik sudut siku-siku dengan ukuran 90 derajat
  • Sisi pendek dinamakan dengan lebar (l)
  • Persegi panjang memiliki diagonal sama panjang
Baca Juga:  1,7 Meter Berapa Cm? Rumus Konversi Satuan Panjang

Persegi panjang juga memiliki sifat beda dengan bangun datar lainnya. Sisi dalam bangun ruang punya panjang sama dan 4 simpul. Untuk lebih mudah dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan persegi panjang, kamu bisa pahami juga sifat dari persegi panjang tersebut.

  • Persegi panjang tentunya memiliki 4 sisi, dimana 2 sisinya saling sejajar dan berlawanan
  • Persegi panjang memiliki bentuk simetri 2x lipat
  • Persegi panjang memiliki bagian simetri rotasi sekunder
  • Diagonal pada bangun persegi panjang memiliki 4 titik sudut, semuanya sama siku-siku 90 derajat
  • Diagonal pada persegi panjang saling berpotongan pada bagian tengah bangun ruang
  • Persegi panjang memiliki 2 sumbu simetri diantaranya sumbu horizontal dan sumbu vertikal
  • Pada bagian tengah persegi panjang, ada bagian diagonal yang membelah sama

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sebenarnya sering menemukan benda dengan bentuk persegi panjang mulai dari papan tulis, pintu, meja, lapangan, dan masih banyak lagi. Ketika sudah hafal dengan bentuk persegi panjang, sebenarnya para siswa akan lebih mudah untuk menghitungnya.

Cara Menghitung Lebar Persegi Panjang dengan Cepat dan Mudah

Setelah mengetahui berbagai rumus yang biasa digunakan pada bangun persegi panjang, kamu bisa langsung mengaplikasikannya untuk menjawab soal. Kebanyakan soal ujian saat SD mengeluarkan pertanyaan mengenai luas persegi panjang, ukuran panjang, dan berapa lebarnya.

1. Contoh Soal 1

Diketahui sebuah persegi panjang memiliki nilai luas sekitar 20 cm dan panjangnya 5 cm. Kira-kira berapa lebar bangun persegi panjang tersebut? Hitung menggunakan rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga:  6 Kg Berapa Gram? Cara Konversi dan Contoh Penggunaannya

Jawab :

L = P X L
L = L/P
L = 20/5
L = 4 cm

Dengan demikian dapat diketahui bahwa lebar persegi panjang luas 20 cm sekitar 4 cm. Ada pola soal berikutnya yang bisa kamu pahami!

2. Contoh Soal 2

Bangun ruang persegi panjang memiliki luas sekitar 45 cm dan panjangnya 3 cm. Berapakah lebar yang dimiliki bangun persegi panjang tersebut? Gunakan rumus panjang x lebar untuk menemukan jawaban persoalan tersebut!

Jawab :

L = P X L
L = L/P
L = 45/3
L = 15 cm

3. Contoh Soal 3

Persegi panjang memiliki keliling sekitar 50 cm dan panjangnya mencapai 15 cm. Lalu, bagaimana cara menghitung lebar persegi panjang jika diketahui kelilingnya? Jawab pertanyaan dengan benar menggunakan rumus yang sudah dijelaskan di atas.

Jawab :

L = K/2 – P
L = 50 / 2 – 15
L = 25 – 15
L = 10 cm

Lebar yang dimiliki persegi panjang dengan keliling 50 cm yaitu sekitar 10 cm.

4. Contoh Soal 4

Diketahui suatu persegi panjang memiliki ukuran keliling 30 cm dengan panjangnya 10 cm. Hitung berapa lebar yang dimiliki oleh bangun persegi panjang tersebut! Gunakan lengkap dengan rumus yang sudah dijelaskan secara lengkap di atas.

Jawab :

L = K/2 – P
L = 30 / 2 – 10
L = 15 – 10
L = 5 cm

Lebar yang dimiliki persegi panjang dengan keliling 30 cm yaitu sekitar 5 cm.

5. Contoh Soal 5

Bangun persegi panjang memiliki ukuran keliling sekitar 62 cm dengan panjang 20 cm. Bagaimana cara menghitung lebar persegi panjang tersebut?

Jawab :

L = K/2 – P
L = 62 / 2 – 20
L = 31 – 20
L = 11 cm

Lebar yang dimiliki persegi panjang dengan keliling 62 cm yaitu sekitar 11 cm.

6. Contoh Soal 6

Bangun persegi panjang memiliki ukuran panjang sekitar 50 cm dan keliling 200 cm. Tentukan lebar yang dimiliki oleh bangun persegi panjang tersebut!

Jawab :

L = K/2 – P
L = 200 / 2 – 50
L = 100 – 50
L = 50 cm

Baca Juga:  8 Meter Berapa Cm? Ini Cara Hitung Praktis dan Konversinya

Lebar yang dimiliki persegi panjang dengan keliling 200 cm yaitu sekitar 50 cm.

7. Contoh Soal 7

Bangun persegi panjang memiliki ukuran keliling 2200 cm dengan panjang 40 cm. Dengan data yang diketahui, berapa lebar persegi panjang yang dimiliki?

Jawab :

L = K/2 – P
L = 220 / 2 – 40
L = 110 – 40
L = 70 cm

8. Contoh Soal 8

Bangun persegi panjang memiliki luas sekitar 56 cm. Jika diketahui panjangnya sekitar 8 cm, lalu bagaimana cara menghitung lebar persegi panjang?

Jawab

L = L/P
L = 56/8
L = 7 cm

9. Contoh Soal 9

Keliling bangun persegi panjang sekitar 40 cm. Ketika panjang persegi mencapai 11 cm, lalu berapa lebar yang dimiliki bangun tersebut? Lengkapi jawaban dengan rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jawab :

L = K/2 – P
L = 40 / 2 – 11
L = 20 – 11
L = 9 cm

10. Contoh Soal 10

Bangun persegi panjang memiliki luas dengan ukuran 320 cm dan panjangnya sekitar 20 cm. Berdasarkan data panjang dan luas yang sudah diketahui, tentukan lebar yang dimiliki bangun persegi panjang tersebut!

Jawab :

L = L/ P
L = 320 cm/ 20 cm
L = 16 cm

Jadi lebar yang dimiliki oleh bangun persegi panjang diketahui sekitar 16 cm.

Rumus mengenai lebar persegi panjang beserta dengan penjelasannya sudah dibahas secara lengkap sebelumnya. Untuk dapat menghitungnya dengan benar, kamu bisa pakai rumus luas atau keliling sesuai contoh soal. Soal menghitung luas persegi panjang tentunya akan sering muncul dalam soal ujian.

Jika diamati, cara menghitung lebar persegi panjang sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan kamu bisa menghitungnya dalam waktu 10 detik saja. Dengan menghafal rumus dan sering latihan soal, tidak sulit untuk menjawab setiap soal mengenai bangun persegi panjang secara benar.

Baca Juga: