3 Cara Menghitung Sex Ratio dan Contoh Soal 2024

Uinsuka.ac.id – Isu mengenai kesetaraan gender memang menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Namun ternyata, ada banyak faktor yang menyebabkan jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki dengan perempuan tidak seimbang. Untuk bisa mengetahui jumlah perbedaannya, bagaimana cara menghitung sex ratio?

Dengan melakukan perhitungan sex ratio, kamu bisa melihat berapa jumlah penduduk dalam suatu wilayah berdasarkan gendernya. Untuk melakukan perhitungan tersebut, setidaknya siapkan data akurat mengenai jumlah penduduk laki dan perempuan, kemudian nanti dikalikan dengan angka 100.

Agar lebih paham cara menghitung angka rasio jenis kelamin, kamu bisa mempelajarinya dari contoh soal yang akan dijelaskan pada pembahasan kali ini. Data akurat mengenai rasio jenis kelamin sangat bermanfaat untuk dijadikan perencanaan pembangunan yang berkaitan dengan kesetaraan gender.

Apa Itu Rasio Jenis Kelamin?

Ada banyak faktor yang menyebabkan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan dalam suatu wilayah menjadi tidak seimbang. Beberapa faktor yang sering dibahas oleh pemerintah diantaranya bencana alam, terjadinya perang, dan kebijakan atau aturan pada masa periode tertentu.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan rasio jenis kelamin (RJK)? Rasio jenis kelamin merupakan jumlah perbandingan antara laki-laki dan perempuan per 100 penduduk perempuan itu sendiri. Pada zaman dulu adat istiadat memang mengutamakan jenis kelamin laki-laki, namun sekarang konteksnya mulai berubah.

Zaman modern tidak hanya menuntut laki-laki yang akan bertanggung jawab penuh terhadap keluarga, tetapi perempuan juga bisa ikut serta memiliki peran tersebut. Dari sinilah muncul pentingnya kesetaraan gender untuk mengetahui bahwa jumlah penduduk laki-laki dan perempuan mestinya hampir sama.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Laju Inflasi 100% Akurat 2024

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, data mengenai rasio jenis kelamin akan bermanfaat dijadikan sebagai dasar perencanaan pembangunan yang berkaitan kesetaraan gender. Untuk mendapatkan data akurat, kamu bisa menghitungnya melalui rumus sex rasio yang akan dijelaskan berikutnya.

Rumus Menghitung Angka Rasio Jenis Kelamin

Bagaimana cara menghitung sex ratio? Kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus RJK. Silahkan bagi jumlah penduduk laki-laki dengan jumlah perempuan, kemudian hasil pembagian dikalikan dengan 100. Rumus rasio perhitungan jenis kelamin adalah sebagai berikut:

RJK = ∑L/ ∑P x k

Keterangan

RJK = Rasio Jenis Kelamin
∑L = Jumlah Penduduk Laki-Laki Daerah dalam Satu Waktu
∑P = Jumlah Penduduk Perempuan Daerah dalam Satu Waktu
k = 100 Penduduk Perempuan

RJK atau rasio jenis kelamin memang biasanya digunakan untuk mengukur perbandingan antara jumlah penduduk laki-laki dengan perempuan. Saat menggunakan rumus tersebut, kamu bisa menambahkan keterangan waktu serta kondisi agar hasilnya lebih informatif bagi siapa saja yang membacanya.

Saat menggunakan rumus sex ratio, kamu perlu memahami beberapa poin penting. Poin penting kali ini bisa dijadikan acuan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, sehingga hasilnya akan lebih akurat. Dalam perhitungan sex ratio, sesuaikan hasilnya dengan poin di bawah untuk meminimalkan kerancuan.

1. SR > 100

Ketika SR > 100 maka dapat diartikan bahwa jumlah penduduk laki-laki lebih banyak daripada jumlah penduduk perempuan.

2. SR < 100

Bagaimana saat SR lebih kecil dari 100? Jika hasil perhitungan menunjukkan demikian dapat diartikan bahwa jumlah penduduk laki-laki lebih sedikit dibandingkan perempuan. Selain itu, ada juga hasil perhitungan SR=100. Apa artinya?

3. SR = 100

SR sama dengan 100 artinya jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki dengan perempuan relatif sama. Jika dalam suatu wilayah menunjukkan hasil demikian, itu menunjukkan tidak sulit untuk mencapai program kesetaraan gender, dimana hasil sex rasio seimbang.

Baca Juga:  4 Cara Menghitung TBJ dari TFU Masa Kehamilan 2024

Cara Menghitung Sex Ratio Menggunakan Rumus

Sudah tahu kan rumus perhitungan sex ratio? Walaupun sudah mengetahui rumusnya, terkadang masih banyak orang yang belum paham pola perhitungannya. Tidak perlu khawatir, begini cara menggunakan rumus sex ratio lengkap dengan contoh kasusnya dalam suatu lingkup.

1. Contoh Soal 1

Diketahui jumlah penduduk laki-laki berdasarkan hasil Sensus Penduduk tahun 2000 sekitar 103.179.900 orang. Sedangkan jumlah penduduk yang berjenis kelamin perempuan sekitar 102.663.400 orang. Hitunglah rasio jenis kelamin penduduk Indonesia pada tahun 2000!

Jawaban =

SR (Tahun 2000, Semua Usia) = RJK = ∑L/ ∑P x k

= (103.179.900) / (102.663.400) x 100

= 100,5 ~ 101

Berdasarkan hasil perhitungan rasio cewek dan cowok penduduk Indonesia tahun 2000 adalah 101. Hal ini dapat menunjukkan tiap 100 penduduk perempuan sebanding dengan 101 penduduk laki-laki atau SR > 100.

2. Contoh Soal 2

Kota Antah Berantah memiliki penduduk sekitar 6.000 orang, dimana 2500 orang berjenis kelamin laki-laki dan 3.500 orang perempuan. Coba hitung sex ratio penduduk Antah Berantah menggunakan rumus untuk mengetahui informasi detailnya.

Sex Ratio = Jumlah Penduduk Laki-Laki/Jumlah Penduduk Perempuan x 100

= 2500/3500 x 100

= 714,28 atau dibulatkan menjadi 714

Hasil perhitungan menunjukkan SR > 100, artinya dalam wilayah itu terdapat 1000 penduduk berjenis kelamin perempuan dan 714 laki-laki. Jumlah penduduk perempuan yang terlalu banyak belum sebanding dengan gender laki-laki yang ada di kota tersebut.

3. Contoh Soal 3

Dalam suatu wilayah terdapat penduduk berjenis kelamin laki-laki sebanyak 500.000, lalu perempuan sebanyak 450.000. Berapakah sex ratio yang dimiliki wilayah tersebut?

Sex Ratio = Jumlah Penduduk Laki-Laki/Jumlah Penduduk Perempuan x 100

= 500.000 / 450.000 x 100

= 111,11 atau dibulatkan menjadi 111

Sex ratio dalam wilayah itu sekitar 111 laki-laki per 100 perempuan. Bisa dikatakan SR>100, sehingga jumlah penduduknya sudah mencapai keseimbangan gender.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Rumah 2024

Perlu kamu ketahui, rasio jenis kelamin SR > 100 baru dialami pertama kali oleh Indonesia sekitar tahun 2000. Selama ini perhitungan rasio sensus penduduk masih dibawah 97 atau 98, sehingga dianggap belum memenuhi sistem kesetaraan gender seperti yang saat ini sedang trend.

Kebanyakan penduduk laki-laki dalam suatu daerah memilih untuk merantau dari wilayahnya sendiri untuk bekerja di proyek, pertambangan, dan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan sering kali sex ratio menunjukkan jumlah penduduk perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki dalam suatu lingkup.

Daerah yang akan ditinggalkan oleh para laki-laki untuk merantau cenderung memiliki rasio jenis kelamin masih dibawah 100. Jika kamu ingin memahami mengenai data sex ratio penduduk Indonesia, bisa langsung mengaksesnya melalui laman Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat atau per wilayah.

Apa Upaya yang Perlu Dilakukan Mencapai Kesetaraan Gender?

Jika kamu sudah memahami cara menghitung sex ratio, mungkin sebagian orang masih bingung cara menjaga keseimbangan gender dalam suatu wilayah. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai kesetaraan gender, seperti menggunakan alternatif berikut ini.

  • Meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencapai kesetaraan gender
  • Memberi akses pada pekerjaan dan pendidikan
  • Menyediakan pelayanan kesehatan reproduksi yang lebih bagus dan berkualitas.
  • Mencoba meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia politik dan sosial sesuai dengan harapan kebanyakan orang.

Disisi lain, ada berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi sex ratio diantaranya budaya patriarki, aturan keluarga, adopsi teknologi, konflik, dan lainnya. Semuanya bisa diminimalkan melalui dukungan pemerintah dan cara menghitung sex ratio dengan benar untuk kepentingan data penduduk.

Baca Juga: