4 Cara Menghitung Volume Prisma Segitiga, Segilima, Segienam

Uinsuka.ac.id -Tidak hanya membahas tentang bangun datar, dalam materi matematika juga terdapat bangun ruang prisma yang seringkali ditanyakan dalam ujian. Sudah tahu belum cara menghitung volume prisma? Bangun 3 dimensi ini sebenarnya memiliki alas dan sisi atap sama, namun terkadang membingungkan.

Prisma tergolong bangun ruang yang terdiri atas bagian alas dan atap, kemudian dipisahkan dengan sisi tegak berbentuk segi empat. Untuk dapat menghitung volumenya, setidaknya kamu harus tahu bagian alas, tinggi, lebar, dan elemen lain agar lebih mudah memasukkannya ke dalam rumus perhitungan.

Cara mencari volume prisma segitiga adalah dengan menghitung luas alasnya, kemudian mengalikan dengan tinggi. Banyak siswa mengatakan untuk menentukan luas alas prisma menjadi bagian sulit, tapi kamu bisa memahaminya dari contoh soal yang akan dijelaskan secara lengkap kali ini.

Sifat-Sifat Bangun Ruang Prisma

Prisma merupakan sebuah bangun ruang yang terdiri atas alas dan atap dengan bentuk segi-n kongruen, lalu dipisahkan dengan sisi tegak berbentuk segi empat. Perlu kamu ketahui, bangun ruang prisma dalam ilmu matematika memiliki beberapa sifat atau karakteristik yang perlu dipahami.

  • Bagian alas dan atap prisma memiliki sifat kongruen, sehingga bentuk dan ukurannya relatif terlihat sama satu dengan lainnya.
  • Bagian alas dan atap memiliki bentuk segi-n misal trapezium serta segitiga.
  • Jumlah sisi prisma adalah n+2 misal ada bentuk segitiga, segi empat, segi lima, dan segi enam.
  • Semua sisi tegak prisma pada umumnya berbentuk segi empat, namun terkadang ada juga yang berbentuk bangun lainnya.
  • Jumlah titik sudut dalam bangun ruang prisma sekitar 2n, sedangkan jumlah rusuknya 3n.
Baca Juga:  7 Jam Berapa Menit? Cara Hitung dan Rumus Jam-Menit

Rumus Menghitung Volume Prisma

Sebelum tahu cara menghitung volume prisma, kamu harus mengenali berbagai bentuk prisma dan rumus perhitungan yang perlu digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan prisma terdiri atas segitiga, segi empat, segi lima, dan segi enam sehingga memiliki pola perhitungan masing-masing.

1. Rumus volume prisma segitiga

V = (Alas x Tinggi : 2) Tinggi Prisma

Atau

V = (½ x alas x tinggi ) Tinggi prisma segitiga

2. Rumus volume prisma segi empat

V = (P x L) x Tinggi Prisma

3. Rumus volume prisma segi lima

V = ½ (5 x a x t) Tinggi Prisma

4. Rumus volume prisma segi enam

V = Luas Alas x Tinggi

Berdasarkan rumus di atas dapat disimpulkan bahwa, tidak semua prisma memiliki bangun segitiga, namun soal bisa saja menggunakan segi empat sampai segi enam. Jika salah menggunakan rumus, para siswa akan mendapatkan jawaban yang salah karena tidak sesuai dengan bangun ruang yang ada.

Bagaimana Cara Menghitung Volume Prisma?

Jika hanya diberitahu mengenai rumusnya terkadang masih banyak siswa yang belum memahami cara untuk menjawab dan mengaplikasikannya pada soal. Begini cara mudah untuk menghitung volume bangun ruang prisma segitiga, segi empat, segi lima, dan segi enam.

1. Contoh Soal 1

Bangun ruang prisma segitiga memiliki tinggi sekitar 20 cm, kemudian alasnya berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang sisi 5 cm serta 4 cm. Berdasarkan data tersebut, coba hitung berapa volume prisma segitiga tersebut dengan cepat!

Baca Juga:  2 Kg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Jawab :

V = (½ x alas x tinggi ) Tinggi prisma segitiga
V = (1/2 x 5 x 4) x 20
V = (10 x 20)
V = 200 cm3

Volume prisma dengan luas alas sekitar 10 cm3 memiliki volume sebesar 200 cm3.

2. Contoh Soal 2

Sebuah prisma memiliki tinggi sekitar 10 cm, kemudian bagian alas prisma bentuknya segitiga siku-siku 4 cm dan 3 cm. Berdasarkan data yang sudah diketahui, bagaimana cara menghitung volume bangun ruang prisma segitiga tersebut?

V = (½ x alas x tinggi ) Tinggi prisma segitiga
V = (1/2 x 4 x 3) x 10
V = (6 x 10)
V = 60 cm3

Volume prisma dengan luas alas sekitar 6 cm3 memiliki volume sebesar 60 cm3.

3. Contoh Soal 3

Bangun ruang prisma segi empat memiliki ukuran panjang 9 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 12 cm. Berapakah kira-kira volume prisma segi empat tersebut? Jawab benar dengan rumus yang sudah dijelaskan di atas!

Jawab :

V = (P x L) x Tinggi Prisma
V = 9 x 5 x 12
V = 45 x 12
V = 540 cm3

4. Contoh Soal 4

Bangun prisma segi lima memiliki alas berukuran 6 cm dan 10 cm. Jika tinggi prisma sekitar 12 cm, bagaimana cara menghitung volume prisma segi lima tersebut? Gunakan rumus lengkap sesuai dengan penjelasan di atas!

Jawab :

V = ½ (5 x a x t) Tinggi Prisma
V = ½ ( 5 x 6 x 10) 12
V = ½ (300 x 12)
V = ½ (3600)
V = 1.800 cm3

Bangun prisma segi lima yang memiliki alas sekitar 300 cm memiliki volume mencapai 1.800 cm3.

5. Contoh Soal 5

Bangun prisma segi enam memiliki ukuran alas berbentuk segi enam beraturan misalnya panjang sisi yang dimiliki 10 cm dan tinggi 8 cm. Coba hitung luas permukaan prisma segi enam dan volume bangun tersebut!

Baca Juga:  2,5 Cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Satuan Metrik Panjang

Jawab :

Langkah pertama, kamu harus hitung luas segitiga untuk mencari luas alas prisma segi enam.

Langkah pertama, kamu harus hitung luas segitiga untuk mencari luas alas prisma segi enam

Dapat disimpulkan bahwa tinggi segitiga sekitar cm, barulah kamu bisa mencari luas segitiga.

Dapat disimpulkan bahwa tinggi segitiga sekitar 5 cm, barulah kamu bisa mencari luas segitiga.

Setelah mendapatkan luas alas segitiga, tahap akhir kamu bisa menghitung volume yang dimiliki oleh prisma segi enam tersebut.

V = Luas Alas x Tinggi
V = 6 x  x 8
V = 6 X 200
V = 1.200

Berdasarkan perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa volume yang dimiliki prisma segi enam sekitar 1200cm3.

6. Contoh Soal 6

Bangun prisma segitiga memiliki panjang alas sekitar 5 cm, kemudian tingginya mencapai 6 cm. Jika prisma memiliki tinggi 10 cm, bagaimana cara menghitung volume prisma segitiga itu?

V = (½ x alas x tinggi ) Tinggi prisma segitiga
V = (1/2 x 5 x 6) x 10
V = (15 x 10)
V = 150 cm3

Volume prisma dengan luas alas sekitar 15 cm3 memiliki volume sebesar 150 cm3.

7. Contoh Soal 7

Bangun ruang prisma segi empat memiliki ukuran panjang 4 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 12 cm. Berapakah kira-kira volume prisma segi empat tersebut?

Jawab :

V = (P x L) x Tinggi Prisma
V = 4 x 8 x 12
V = 32 x 12
V = 384 cm3

Sebelum menjawab soal mengenai bangun prisma, kamu harus paham gambarnya termasuk segitiga, segi empat, segi lima, atau segi enam. Pasalnya rumus menghitung luas alas dan volume tiap bangun prisma berbeda-beda, sehingga kamu bisa rentan mengalami kesalahan penggunaan rumus.

Mudah bukan cara menghitung volume prisma? Syarat pentingnya kamu harus tahu berapa alas dan tinggi yang dimiliki. Untuk memudahkan dalam menjawab soal matematika bangun ruang, pahami gambar, hafalkan rumus, dan lakukan banyak latihan soal ya!

Baca Juga: