100 Persen Diubah Menjadi Pecahan Biasa – Jawaban & Hitungan

Uinsuka.ac.id – Dalam kehidupan sehari-hari, 100 persen digunakan untuk menggambarkan kadar suatu zat pada benda tertentu. Sedangkan dalam ilmu matematika, persen bisa diubah menjadi bilangan desimal. Misalnya 100 persen diubah menjadi pecahan biasa berapa, ada cara untuk menghitungnya.

Persen yang ditulis dalam pecahan biasa disebut juga sebagai bilangan desimal. Cara mengubah persen menjadi pecahan biasa adalah dengan membaginya dengan angka 100. Perubahan dari persen (%) menjadi pecahan biasa tidak akan mengubah nilainya.

Mengubah Persen Menjadi Pecahan Biasa

Apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan soal bagaimana mengubah bilangan persen menjadi satuan biasa? Cara yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

Pada dasarnya, mengganti persen ke dalam bentuk pecahan biasa sangat mudah. Kamu hanya perlu membaginya dengan 100 lalu mengubahnya ke dalam bentuk angka yang lebih sederhana. Cara mengganti bilangan persen menjadi pecahan biasa dapat dilakukan melalui dua langkah, yaitu:

  • Ubah dulu bilangan dalam persen (%) menjadi bentuk bilangan per seratus. Pembilang pada bilangan tersebut adalah angka persen itu sendiri. Jadi, misalnya 20% maka menjadi 20/100.
  • Ubah bilangan per seratus yang didapatkan menjadi bilangan yang pecahan yang lebih sederhana.
Baca Juga:  3 Cm Berapa Meter? Cara Menghitungnya dan Contoh Soal

Dengan kedua langkah tersebut, mengubah bilangan persen menjadi bilangan desimal biasa dapat dilakukan tanpa kesulitan.

100 Persen Diubah Menjadi Pecahan Biasa Berapa?

Lalu, mengacu pada kedua langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka 100 persen diubah menjadi pecahan biasa berapa? Mari kita hitung dengan menggunakan dua langkah yang sudah dijelaskan di atas.

100% = 100/100 = 1,0

Jadi, kalau 100% ditulis dalam pecahan biasa menjadi 1,0 atau 1. Supaya lebih paham, simak contoh-contoh lainnya yang ada di bawah ini.

Contoh Soal

1. Soal 1

Kadar emas pada kalung milik Bu Ani adalah 69%. Berapa kadar emasnya kalau ditulis dengan pecahan biasa?

Pertama-tama kamu ubah dulu 69% menjadi bilangan pecahan per seratus, jadi 69/100. Setelah itu, ubah menjadi angka yang lebih sederhana dalam bilangan pecahan.

69% = 69/100 = 0,69

2. Soal 2

Sebuah toko baju memberikan diskon sebesar 75%. Berapakah besar diskon yang diberikan dalam bentuk pecahan biasa?

Sama dengan contoh pertama, ubah lebih dulu 75% menjadi pecahan per seratus 75/100. Setelah itu, ubah menjadi bilangan pecahan yang lebih sederhana, yaitu:

Baca Juga:  2 Jam Berapa Detik? Cara Hitung dan Konversi Waktu

75% = 75/100 = 3/4

Jadi, dari perhitungan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa 75% setara dengan 0,75 atau 3/4.

3. Soal 3

Berapakah nilai 150% jika ditulis dalam pecahan biasa? Caranya sama dengan dua contoh sebelumnya, yaitu diubah menjadi pecahan per seratus lalu dituliskan dalam bentuk pecahan yang paling sederhana.

150% = 150/100 = 2/3 = 1,5

Dari perhitungan dapat diketahui kalau 150% itu sama dengan 2/3 atau 1,5.

Cukup mudah bukan untuk menghitung berapa 100 persen diubah menjadi pecahan biasa berapa yang lebih sederhana. Angka persen berapa saja dapat diubah menjadi pecahan biasa dalam bentuk yang paling sederhana supaya memudahkan dalam perhitungan.

Bilangan persen sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penggunaan bilangan persen yang paling banyak ditemui misalnya diskon atau potongan harga barang yang akan lebih mudah dihitung jika diubah menjadi pecahan biasa.