20 mL Berapa Gram? Cara Menghitung, Konversi dan Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Dalam ilmu kimia atau pengetahuan, tentu kerap dijumpai tugas konversi terkait massa zat dan volume. Salah satu pertanyaan yang biasa ditemukan yaitu, 20 ml berapa gram? atau sebaliknya.

Nyatanya, pembahasan kuat mengenai milililiter ke gram ini dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti industri, laboratorium, atau bahkan takaran bahan memasak di dapur.  Konversi satuan mililiter ke gram ini sangat berhubungan dengan volume dan massa jenis.

Tabel Konversi Ml ke Gram Secara Umum

Gram merupakan satuan ukur dari massa, sedangkan milililiter (ml) termasuk dalam satuan ukur volume. Mungkin dari sini sudah bisa diketahui bahwa keduanya memang satuan ukur yang berbeda.

Meskipun begitu, tetapi konversi mililiter ke gr atau sebaliknya masih dapat dilakukan dengan mudah. Silahkan simak tabel konversi ml ke gram berikut ini agar lebih jelasnya:

  • 1 mililiter= 1 gram
  • 2 mililiter= 2 gram
  • 3 mililiter= 3 gram
  • 4 mililiter= 4 gram
  • 5 mililiter= 5 gram
  • 6 mililiter= 6 gram
  • 7 mililiter= 7 gram
  • 8 mililiter= 8 gram
  • 9 mililiter= 9 gram
  • 10 mililiter= 10 gram
Baca Juga:  150 Menit Berapa Jam? Konversi Satuan Waktu

Penting diperhatikan bahwa setiap massa jenis dari suatu benda sudah pasti tidak sama. Tabel konversi diatas berlaku untuk air biasa yang mempunyai densitas 1 g/m atau 100 kg/m3.

20 Ml Berapa Gram?

Untuk mengkonversi 20 ml berapa gram, penting untuk mengetahui densitas zat yang ingin diukur. Denstitas merupakan seberapa banyak massa yang ada dalam sebuah volume dari zat tersebut.

Pada kasus kali ini, contohnya berupa air biasa dengan densitas satu gram per mililiter dalam suhu atau tekanan. Berikut adalah langkah dalam perhitungan mililiter ke gram dengan air biasa sebagai contoh:

Massa (g) = Volume (Ml) x Densitas (gram/Ml)

= 20 Ml x 1 g/ml

= 20 gram

Jadi, 20 mililiter (ml) air mempunyai massa yang setara dengan 20 gram.

Selalu diingat bahwa nilai denstitas yang dimiliki oleh setiap zat memang tidak sama. Jika ingin mengkonversi zat yang bukan air, cari terlebih dahulu densitasnya dengan tepat. Setelah itu, barulah bisa gunakan rumus tersebut untuk mengkonversi massa dalam gram.

Baca Juga:  19.30 Jam Berapa? Cara Menjawab dan Format Waktu

Contoh Soal dan Pembahasan dari Satuan Ml ke Gram

Selanjutnya akan diberikan contoh soal dan jawaban tentang konversi mililiter (ml) ke gram. Contoh ini masih menggunakan densitas yang sama, yaitu air biasa dengan densitas 1 gram/mililiter.

1. Soal 1

Martisia memiliki 250 mililiter air akua dengan densitas 1 gram/mililiter. Berapa gram massa dari air akua tersebut?

Jawab:

Massa (gram)= Volume (ml) x Densitas (gram/ml)

= 250 ml x 1 gram/ml

= 250 gram

Jadi, massa air akua sebanding dengan 230 gram.

2. Soal 2

Sebuah wadah berisi 900 mililiter air bersih dengan densitas 1 gram/m. Berapa gram air bersih tersebut?

Jawaban:

Massa (gram) = Volume (ml) x Densitas (gram/ml)

=  900 ml x 1 g/ml

=  900 gram

Jadi, massa air bersih yang ada dalam wadah tersebut adalah 900 gram.

20 ml berapa gram dapat dihitung dengan rumus volume dikali dengan densitas (gram/ml). Jika densitas zatnya berbeda, tentu nilai massa yang dihasilkan juga tidak sama. Seperti misalnya minyak goreng, bensin, merkuri, air laut, dan lain sebagainya.

error: