2 Cara Menghitung Tahun Lulus Sekolah SD, SMP, SMA

Uinsuka.ac.id – Bagi yang sudah lama sekali lulus dari sekolahnya, mungkin lupa tepatnya tahun kelulusan dirinya. Tenang saja, untuk mengingatnya, ada cara menghitung tahun lulus sekolah yang bisa dilakukan dengan mudah, tanpa harus mengingat-ingat.

Kapan lulus sekolah juga diperlukan ketika seseorang membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae untuk melamar pekerjaan. Pada daftar riwayat hidup tersebut harus dituliskan secara jelas dan lengkap nama sekolah dari SD sampai dengan pendidikan tertinggi dan tahun berapa lulusnya.

Masalahnya, karena sudah bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, banyak orang yang lupa kapan tepatnya dia lulus sekolah, dari tingkat SD hingga SMA. Pada akhirnya, yang bisa dilakukan adalah menghitung mundur sampai ditemukan tahun berapa lulus sekolah dan tentu saja ini merepotkan.

Cara Menghitung Tahun Lulus Sekolah dengan Mudah

Tahun berapa saya lulus sekolah? Percaya atau tidak, orang masih sering bingung dengan tahun kelulusan sekolahnya dan menyimpan pertanyaan tersebut pada benaknya. Masalahnya, setiap kali seseorang akan melamar pekerjaan ataupun keperluan lainnya, harus menyertakan CV.

Apakah CV memuat tahun lulus sekolah? Tentu saja iya, selain mencantumkan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat dan sebagainya, CV juga memuat riwayat pendidikan. Nah, pada bagian inilah harus dituliskan nama sekolah dan tahun pendidikannya secara lengkap.

Supaya tidak repot dan lebih mudah diingat, ada cara untuk menghitung tahun berapa lulus sekolah, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Kalkulator Lulus Sekolah

Cara menghitung kapan lulus SD-SMA yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan apa yang disebut sebagai kalkulator lulus sekolah. Kalkulator lulus sekolah adalah software untuk menghitung kapan masuk dan lulus sekolah dari SD hingga SMA.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Kalori Defisit Sesuai Berat Badan 2024

Kalkulator ini bisa diakses melalui situs-situs di internet dengan memasukkan kata kunci yang sesuai. Berikutnya akan ditampilkan beberapa website yang menyediakan kalkulator lulus SD-SMA, pilih salah satunya.

Selanjutnya bisa dilihat kolom yang merupakan kalkulator kelulusan sekolah, tinggal masukkan saja tahun masuk sekolah SD. Setelah itu, tekan pada tombol “Hitung” yang ada di sisi kiri, maka akan ditampilkan hasil secara lengkap tahun lulus SD-SMA.

Kelebihan menghitung tahun lulus dengan kalkulator kelulusan adalah lebih mudah dan praktis. Apalagi cara tersebut bisa diakses melalui platform apapun, lewat HP ataupun komputer asalkan ada sambungan internet.

2. Menghitung Secara Manual

Cara menghitung tahun lulus sekolah dapat juga dilakukan secara manual, mulai dari SD kemudian SMP lalu SMA. Cara ini memang lebih merepotkan dan kurang praktis, tapi cocok bagi mereka yang tidak terlalu biasa menggunakan internet.

Cara untuk menghitung tahun lulus sekolah secara manual yaitu :

  • Hitung tahun masuk SD, yaitu menambahkan tahun berapa masuk Sekolah Dasar dengan angka 6. Misalnya, masuk SD tahun 1999 maka perhitungannya 1999 + 6 = 2004. Maka kapan saya lulus SD kalau masuk tahun 1999, jawabannya yaitu tahun 2004.
  • Hitung tahun masuk SMP, dengan menjumlahkan tahun lulus SD dengan 3. Dari contoh diatas, jika lulus SD tahun 2004, kapan akan lulus SMP? Jawabanya, tahun 2007 yang didapatkan dari 2004 + 3.
  • Hitung tahun masuk SMA, yaitu menjumlahkan tahun lulus SMP dengan angka 3. Contohnya, kalau seseorang lulus SMP tahun 2007, maka dia akan lulus SMA pada tahun 2007 + 3 = 2010.

Nah, dari hitungan manual tersebut diketahui bahwa seseorang yang masuk SD pada tahun 1999, dia lulus SMA pada tahun 2010. Tinggal sesuaikan saja tahun berapa masuk SD lalu lakukan cara perhitungan seperti di atas untuk mengetahui kapan lulus SMA. Mudah bukan?

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Rasio Likuiditas Manual dan via Aplikasi

Pada daftar riwayat hidup atau CV, riwayat pendidikan yang dicantumkan tidak hanya dari SD-SMA saja. Kalau setelah SMA, seseorang melanjutkan pendidikan, baik kursus maupun kuliah, maka semua juga harus dituliskan.

Bagaimana cara menuliskan tahun lulus sekolah pada CV, tentunya harus berurutan dari SD hingga yang paling tinggi. Cara menghitung tahun lulus sekolah tingkat tinggi yaitu universitas, tinggal meneruskan saja tahun lulus SMA dan disesuaikan dengan lamanya pendidikan.

Contohnya, kapan saya lulus sarjana kalau lulus SMA tahun 2010? Hitung saja berapa lama pendidikan di universitas tersebut. Kalau kamu kuliah D3 maka akan lulus pada tahun 2013 dan seterusnya.

Apakah Tahun Lulus Sama dengan Tahun Angkatan?

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah tahun angkatan sama dengan tahun lulus? Selama ini, orang masih suka rancu antara tahun angkatan dengan tahun kelulusan, sehingga menimbulkan persepsi yang bermacam-macam.

Kerancuan pada pengertian tahun angkatan dan tahun lulus ini seringkali berakibat tidak hadirnya seseorang dalam acara reuni, karena menganggap dia bukan bagian dari mereka. Nah, supaya tidak ada lagi kerancuan dan salah persepsi, harus dipahami dulu beda tahun lulus dan tahun angkatan.

1. Tahun Lulus

Pengertian tahun lulus yang benar adalah tahun dimana seseorang menyelesaikan pendidikannya di sekolah. Contohnya, Adi masuk SD pada tahun 2010, maka kapan dia lulus SD, SMP dan SMA? Jawabannya yaitu Adi lulus SD 2010 + 6 = 2016, SMP 2016 + 3 = 2019 dan SMA 2019 + 3 = 2022.

Jadi sudah sangat jelas, bahwa tahun lulus SD Adi adalah tahun 2016, tahun lulus SMP 2019 dan tahun lulus SMA 2022. Ini akan berbeda dengan tahun angkatan sekolah Adi, sebagaimana yang akan dibahas lebih jelas dalam poin selanjutnya.

2. Tahun Angkatan

Lalu apakah yang dimaksud dengan tahun angkatan itu? Tahun angkatan adalah tahun dimana seseorang itu mulai masuk ke sekolah tersebut. Melihat tahun lulus Adi seperti contoh di atas, angkatan tahun berapa Adi pada setiap jenjang pendidikannya?

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Pertumbuhan Penduduk Baru 2024

Kita lihat dari tahun kelulusan Adi di masing-masing jenjang sekolah, maka akan diketahui tahun angkatannya. Adi adalah angkatan SD tahun 2010, SMP 2016 dan SMA 2019. Jadi jelas bahwa Adi memiliki tahun lulus dan tahun angkatan yang berbeda.

Mengapa tahun lulus bisa berbeda dengan tahun angkatan, karena pengertiannya saja sudah tidak sama. Orang dari tahun angkatan yang sama belum tentu akan lulus pada tahun yang sama juga, karena berbagai faktor, seperti pernah tidak naik kelas misalnya.

Jadi, kalau ada undangan untuk menghadiri acara reuni, perhatikan apakah yang diundang berdasarkan pada tahun angkatannya atau tahun lulus. Jangan sampai keliru, atau kamu akan merasa kebingungan karena tidak menemukan teman sekolah dulu.

Pengertian tahun angkatan dan tahun lulus ini juga berlaku bagi tingkat pendidikan yang lebih tinggi, bukan berhenti di SMA saja. Bedanya, mahasiswa yang tahun angkatannya sama bisa memiliki tahun lulus berbeda, begitu juga tahun angkatan berbeda mungkin tahun lulusnya sama.

Meskipun tampak sederhana, cara menghitung tahun lulus sekolah sangat membantu orang yang sudah lama kapan dia menyelesaikan pendidikannya. Tahun kelulusan sekolah sangat berguna ketika seseorang sedang membuat daftar riwayat hidup.

Daftar riwayat hidup merupakan bagian penting dalam surat lamaran pekerjaan, baik pemerintah maupun swasta. Jadi, jangan sampai salah memasukkan tahun berapa lulus sekolah kalau ingin lamaran kerja yang diajukan diterima.

Baca Juga: