5 Cara Menghitung Perkalian dengan Cepat Terbaru 2024


Uinsuka.ac.id – Saat duduk di bangku sekolah SD, para siswa sudah diajarkan mengenai materi matematika mulai dari pertambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Banyak yang mengatakan soal perkalian terlalu banyak menyita waktu pengerjaan, padahal ada cara menghitung perkalian dengan cepat lho.

Dalam menghitung cepat perkalian Matematika, tentu ada beberapa trik yang akan memudahkan untuk mendapat jawaban yang benar. Pasalnya soal perkalian tidak hanya muncul pada angka kecil, namun bisa sampai ratusan bahkan ribuan, sehingga perlu menerapkan trik untuk mengerjakannya.

Bagaimana sih cara menghitung perkalian dengan cepat menggunakan jari? Pada pembahasan kali ini, kamu akan menemukan trik jitu untuk menghitung perkalian Matematika. Agar mudah dipahami, para siswa juga perlu memahami penerapan trik hitung perkalian pada soal yang sering dikeluarkan.

Cara Menghitung Perkalian dengan Cepat dan Benar

Operasi perkalian sebenarnya salah satu materi Matematika dasar yang cukup mudah. Namun masih banyak siswa yang merasa kesulitan saat melakukan perhitungan perkalian. Coba ikuti beberapa trik kali ini untuk melakukan perhitungan perkalian dengan cepat dan benar.

1. Perkalian 6,7,8,9 Menggunakan Jari Tangan

Saat duduk di bangku sekolah SD, biasanya soal Matematika sering menyajikan perkalian dengan angka sederhana seperti 6,7,8,9. Para siswa bisa menghitungnya dengan menggunakan jari tangan untuk mendapat jawaban benar tanpa bantuan kalkulator. Bagaimana caranya?

  • Silahkan buka tanganmu depan wajah dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Tiap jari nantinya akan mewakili angka, mulai dari jempol kiri sampai jempol kanan angka 1-10.
  • Tekuk jari yang akan dikalikan ke arah dalam. Misalnya ingin mengalikan 9×3, maka tekuk jari tengah kiri ke bagian dalam (jari tengah mewakili angka tiga).
  • Pecahkan soal dengan melakukan perhitungan jari sebelah kiri dan kanan. Hitung jari yang tertekuk, dimana sebelah kiri harusnya ada dua.
  • Hitung jari yang berada di sebelah kanan, dimana seharusnya ada tujuh. Angka pertama perkalian 9×3 yaitu 3 dan berikutnya 7, maka dapat disimpulkan jawabannya 27.
  • Para siswa bisa menggunakan angka lain untuk latihan, sehingga terbiasa menghitung perkalian dengan menggunakan jari tangan.
Baca Juga:  Cara Hitung 3/5 + 2/10 dengan Cepat Sesuai Konsep Pecahan

Walaupun perkalian dengan menggunakan jari tangan cukup mudah diterapkan, namun para siswa juga perlu memiliki skill menghitung cepat dan benar. Biasanya angka yang akan dikalikan bernilai kecil, namun salah perhitungan akan tetap mempengaruhi hasil perhitungan menjadi salah.

2. Perkalian 9 Versi Pertama

Cara menghitung perkalian dengan cepat bisa dilakukan karena nilai angka yang menunjukkan puluhan semakin banyak. Sedangkan nilai angka yang menunjukkan satuan akan semakin turun, kamu bisa menggunakan patokan sesuai perkalian angka 9 di bawah ini.

9 x 1 = 0-9
9 x 2 = 1-8
9 x 3 = 2-7
9 x 4 = 3-6
9 x 5 = 4-5
9 x 6 = 5-4
9 x 7 = 6-3
9 x 8 = 7-2
9 x 9 = 8-1
9 x 10 = 9-0

3. Perkalian 11 Menggunakan Angka 2 Digit

Bagaimana cara menghitung perkalian dasar dengan cepat? Untuk perkalian 11 menggunakan angka 2 digit, kamu bisa memisahkan 2 angka. Angka pertama menjadi ratusan, sedangkan angka kedua akan menjadi satuan. Tentukan nilai puluhan dengan menjumlah angka baru digabungkan.

Contohnya

25 x 11

Langkah 1

25 bisa dipisahkan menjadi angka 2 5

Langkah 2

2 + 5 = 2 7 5

Angka 7 didapatkan dari penjumlahan 2 + 5, sehingga berdasarkan trik itu dapat disimpulkan hasil perkalian 25 x 11 = 275. Untuk menentukan jawaban benar atau salah, para siswa bisa menggunakan kalkulator untuk membuktikannya. Sangat simpel bukan caranya?

Baca Juga:  Jam 15.00 Jam Berapa? Ini Jawaban dan Pembagian Satuan Jam

4. Mengalikan Bilangan Lewat Penjumlahan Berulang

Bagi para siswa yang baru saja menempuh perhitungan Matematika dasar, bisa menggunakan trik kali ini untuk mendapatkan jawaban yang benar. Misalnya ada pertanyaan, berapakah hasil kali dari 4 x3, maka kamu bisa melakukan perhitungan dengan konsep di bawah ini.

4 x 3

= 4 +4 + 4 terhitung angka 4 sudah terulang sebanyak 3 kali
= 3 + 3 + 3 + 3 terhitung angka 3 sudah terulang sebanyak 4 kali
= 4 + 4 + 4 = 12
= 3 + 3 + 3 + 3 = 12

Artinya tinggal menjumlahkan angka 4 dengan bilangan yang sama sebanyak 3 kali, lalu bisa diperoleh hasilnya 12. Berbeda konsepnya untuk perkalian puluhan misalnya 22 x 77, jika memakai konsep di atas akan sangat menyita waktu, gunakan cara seperti berikut.

22
77 x
154
154       +
1694

Konsepnya angka dikalikan ke bawah satu per satu sampai tahap akhir hasilnya dijumlahkah. Cara seperti ini direkomendasikan untuk menghitung perkalian puluhan bahkan ratusan. Para siswa hanya perlu keahlian menghitung angka satuan dengan cepat untuk mendapat jawaban benar.

Coba beralihlah untuk mengalikan angka 2 digit agar bisa menguasai cara menghitung perkalian dengan cepat. Makin banyak latihan, maka kamu akan terbiasa untuk menghitung perkalian dengan cepat dan benar. Kira-kira bagaimana lagi trik menghitung soal perkalian?

5. Membagi Bilangan 2 Digit Menjadi Satuan dan Puluhan

Contoh soalnya 320 x 17, saat menggunakan trik di atas sepertinya akan sangat menyita waktu. Apalagi kalau soal perkalian yang perlu dikerjakan cukup banyak, para siswa bisa menggunakan trik membagi 2 bilangan digit seperti penjelasan di bawah ini.

320 x 17

= 320 x (10 + 7)

Selanjutnya bisa langsung membuat 2 soal perkalian secara terpisah untuk menemukan jumlahnya. Bagaimana caranya?

Baca Juga:  2 Kg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

*320 x 10 = 3200
* 320 x 7 = 2240

Langkah berikutnya jumlahkan 3200 + 2240, dimana hasilnya sama dengan 5440. Coba hitung dengan bantuan kalkulator, dapat dibuktikan bahwa 320 x 17 = 5440. Para siswa bisa memakai tabel panjang seperti di atas atau membaginya seperti penjelasan sebelumnya.

Apa Saja Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Menjawab Perkalian?

Cukup mudah bukan, cara menghitung perkalian dengan cepat? Ada beberapa tips yang perlu dipegang dalam menjawab soal perkalian. Jika konsepnya saja tidak dikuasai, maka bisa saja sering salah dalam menjawab soal Matematika yang berkaitan dengan perkalian.

  • Jika mengalikan suatu bilangan dengan angka 10, maka silahkan tambahkan nol pada akhir bilangan misal 32 x 10 = 320, 40 x 10 = 400, dan sebagainya.
  • Ingatlah bahwa angka berapa saja yang dikalikan dengan angka nol (0), hasilnya akan tetap nol. Namun berbeda konsepnya saat perkalian digabungkan dengan tambah, kurang, dan bagi. Ada sistem operasi Matematika yang perlu didahulukan, sehingga hasilnya bisa saja tidak nol.

Dalam soal Matematika tentunya para siswa sering menemukan bentuk angka paling sederhana sampai rumit. Pola pengerjaan soal Matematika juga ada yang simpel, namun lainnya juga panjang. Semua akan berbeda saat siswa sudah memahami trik menjawab soal Matematika dengan cepat dan benar.

Sama halnya dengan cara menghitung perkalian dengan cepat seperti pola di atas. Kamu bisa pakai jari tangan, tabel susun panjang, membagi satuan dengan puluhan, dan lainnya. Trik yang digunakan bisa disesuaikan dengan soal Matematika, sehingga justru bisa benar-benar memberi kemudahan.

Baca Juga: