100 Gram Berapa Ons? Cara Hitung dan Konversi Berat

Uinsuka.ac.id – Istilah gram pastinya sudah sangat familiar, bukan? Apalagi di kalangan ibu-ibu. Bagaimana tidak, satuan berat yang satu ini memang sering sekali disebut atau dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai tempat, mulai dari toko kelontong, pasar, hingga supermarket. Tahukah kamu 100 gram berapa ons?

Kalau berbicara tentang satuan berat, memang bukan hanya gram saja, tapi ada banyak lagi yang lain, seperti salah satunya ons. Meski keduanya sangat populer, tapi masih banyak lho orang yang belum tahu bagaimana mengkonversi satuan berat, seperti dari ons ke gram, gram ke ons, gram ke kg, dan lainnya.

Kenalan dengan Ons dan Gram

Kalau pertanyaan 100 gram berapa ons langsung dijawab tanpa kamu tahu asal usul atau caranya, maka nantinya kamu akan kesulitan untuk memecahkan soal lain yang sejenis. Sebelumnya, mari pahami tentang satuan ons dan gram seperti berikut:

Baca Juga:  250 Gram Berapa Kilogram? Cara Hitung dan Konversi Berat

1. Gram

Kalau dari asal usulnya, gram merupakan satuan massa atau sistem metrik yang biasa disingkat dengan huruf “g” kecil. Sementara menurut buku berjudul Bureau International des Poids et Mesures atau disingkat BIPM, gram diartikan sebagai salah satu satuan berat yang sudah tercantum dalam Standar Internasional.

Artinya, satuan gram berlaku di berbagai negara di seluruh dunia. Enaknya lagi, istilah gram hampir tidak berubah bahasa di negara manapun.

2. Ons

Sementara ons merupakan satuan massa yang definisinya cukup luas tergantung pada sistem satuan itu sendiri. Tapi kalau dalam kategori satuan berat, istilah ons ini populer karena diperkenalkan oleh bangsa Belanda.

Kata ons sendiri konon berasal dari bahasa Latin “Uncia”. Cukup jauh ya dari ons ke Uncia. Tapi saat pertama kali diperkenalkan Belanda, rupanya menggunakan istilah Ounce, dan kini populer sebagai ons.

100 Gram Berapa Ons

Kembali ke pembahasan awal tentang 100 gram ada berapa ons. Kalau di Indonesia, patokan dari gram ke ons sesuai dengan SI dan sama dengan ukuran ons metrik Belanda, yaitu per 100 gram = 1 ons.

Baca Juga:  0,25 Jam Berapa Detik? Ini Konversi Jam Menjadi Detik

Patokan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan masih berlaku sampai kini di Indonesia. Tapi, sejumlah negara di dunia ada yang punya patokan berbeda nih. Contohnya seperti berikut ini:

  • Prancis: 1 ons = 30,59 gram.
  • Portugal: 1 ons = 28,69 gram.
  • Bangsa Romawi: 1 ons setara 27,4 gram.
  • Spanyol: 1 ons = 28,75 gram
  • Tiongkok: 1 ons = 50 gram
  • Maria Theresa: 1 ons = 28,0668 gram.

Contoh Soal Gram ke Ons

Agar pemahaman kamu terkait konversi gram ke ons atau sebaliknya lebih dalam, kamu bisa cek beberapa contoh soal di bawah ini:

1. Contoh Soal 1

10 gram berapa ons? Kalau 100 gram = 1 ons, maka 10 gram = 0,1 ons

2. Contoh Soal 2

200 gram + 3 ons + 200 gram = ….. ons. Cara jawab: 2 + 3 + 2 = 6 ons

3. Contoh Soal 3

3 kg + 3 ons + 500 gram =…. ons. Cara jawab: 3 + 3 + 2 = 8 ons

Jadi, 100 gram berapa ons? Jawabannya adalah 1 ons kalau kamu tinggal di Indonesia. Sedangkan di sejumlah negara lain akan berbeda seperti daftar di atas tadi. Ternyata, berbeda negara, nilainya juga bisa berbeda.

Baca Juga:  5 Mm Berapa Cm? Jawaban dan Cara Hitung Satuan Panjang