200 mm berapa cm? Konversi Satuan Panjang


Uinsuka.ac.id – Konsep konversi satuan panjang dapat digunakan untuk menghitung 200 mm berapa cm dengan tepat dan akurat.

Pemahaman yang baik antara satuan milimeter dan sentimeter mempermudah dalam mengukur berbagai objek di lingkungan sekitar. Sebagai contoh, ukuran kertas, panjang kain, dan dimensi lainnya.

Satuan Panjang Milimeter

Milimeter merupakan salah satu turunan dari meter yang setara dengan 1/1000 meter atau 0,001 meter. Milimeter mulai digunakan secara luas di beberapa negara setelah sistem metrik diperkenalkan pada abad ke-19. Milimeter diterapkan dalam berbagai bidang.

Sebagai contoh, di bidang teknik milimeter digunakan untuk mengukur dimensi benda-benda kecil, seperti komponen elektronik dan suku cadang mesin.

Selain itu, di dalam ilmu medis milimeter digunakan untuk mengukur panjang, diameter, dan kedalaman organ dalam, serta bagian tubuh lainnya. Berikut ini, contoh penggunaan satuan milimeter dalam kehidupan sehari-hari:

  • Diameter pensil adalah 7 milimeter
  • Suatu meja memiliki panjang kaki 75 milimeter
  • Lebar jendela rumah 120 milimeter
  • Panjang rambut Bu Ratna 150 milimeter
  • Diameter layar TV adalah 1920 milimeter
Baca Juga:  Jam 17.00 Jam Berapa? Ini Arti, Format Waktu & Cara Baca

Satuan Panjang Centimeter

Sentimeter didefinisikan sebagai satu per seratus meter. Definisi ini, ditetapkan pada tahun 1795. Saat itu, sentimeter didefinisikan sebagai satu per seratus panjang batang platina-iridium yang menjadi standar meter.

Pada tahun 1960, definisi sentimeter diubah lagi menjadi satu per seratus panjang gelombang cahaya merah-oranye yang dipancarkan oleh atom krypton-86 dalam vakum. Definisi tersebut digunakan hingga saat ini.

Sentimeter salah satu satuan panjang yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Satuan ini, digunakan untuk mengukur berbagai benda kecil, seperti pensil dan buku hingga benda-benda besar seperti mobil dan rumah.

Berikut contoh penggunaan satuan panjang sentimeter dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mengukur tinggi badan manusia
  • Panjang, lebar, dan tinggi meja bisa diukur dalam satuan sentimeter
  • Lebar buku juga seringkali diukur dalam satuan sentimeter.
  • Standar ukuran ban mobil adalah sentimeter
  • Tinggi bangunan rumah maupun gedung diukur dalam satuan sentimeter

Hubungan Antara Satuan Milimeter dan Sentimeter

Secara sederhana, satuan sentimeter lebih besar dari milimeter. Satu sentimeter sama dengan 10 milimeter yang disusun sejajar. Sebaliknya, satu milimeter setara dengan 1/10 sentimeter

Baca Juga:  Jam 13.00 Jam Berapa? Cara Baca dan Format Waktu 24 Jam

Di kehidupan sehari-hari, satuan milimeter dan sentimeter digunakan untuk mengukur benda-benda berukuran kecil, seperti panjang pensil, lebar kertas, atau ketebalan buku.

Menghitung 200 mm Berapa cm

Cara menghitung konversi satuan milimeter ke sentimeter.

200 mm = (200/10) cm

200 mm = 20 cm

Jadi, berdasarkan konversi satuan panjang, 200 mm sama dengan 20 cm.

Memahami konsep dasar dan relevansi konversi satuan panjang, kamu dapat menyelesaikan perhitungan 200 mm berapa cm dengan tepat, serta lebih percaya diri menghitung perubahan konversi pada konteks yang berbeda.

error: