100 Mm Berapa Cm? Jawaban, Cara HItung, Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Dalam pengukuran panjang, seringkali dihadapkan dengan berbagai satuan. Salah satu konversi yang umum ditanyakan adalah 100 mm berapa cm? Untuk dapat mengetahui jawabannya, kamu perlu memahami rumus perhitungannya terlebih dahulu.

Milimeter dan sentimeter adalah dua satuan panjang yang sering digunakan dalam pengukuran sehari-hari. Milimeter adalah satuan yang lebih kecil, sedangkan sentimeter lebih besar. Sebelum memahami rumus perhitungannya, perhatikan dahulu dasar rumusnya.

Satu sentimeter setara dengan 10 milimeter. Melalui dasar pemahaman tersebut, maka kamu nantinya akan lebih mudah menghitung konversi satuan milimeter ke sentimeter. Oleh karena itu, simak ulasan lengkapnya berikut:

100 Mm Berapa Cm? Simak Rumusnya

Pemahaman akan konversi antara milimeter dan sentimeter bermanfaat dalam berbagai konteks, seperti dunia industri, desain, dan sektor konstruksi. Memahami cara mengubah satuan panjang memungkinkan komunikasi yang jelas dan akurat dalam pengukuran.

Baca Juga:  200 Gram Berapa Ons? Cara Hitung dan Konversi Satuan Massa

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul adalah 100 mm sama dengan berapa cm? Pertanyaan tersebut mudah untuk dijawab apabila kamu telah memahami tahapan dalam menghitungnya. Inilah langkah-langkah dalam menghitung pertanyaan tersebut:

Untuk mengonversi 100 milimeter ke sentimeter, gunakan rumus jumlah milimeter dibagi 10.

100/10 = 10 cm.

Jadi, 100 milimeter setara dengan 10 sentimeter.

Berdasarkan rumus tersebut, kamu bisa menghitung persoalan serupa lainnya. Rumus tersebut tentunya sangat mudah untuk dipahami. Kamu hanya perlu membagi 10 saat akan menghitung besar satuan milimeter ke sentimeter.

Contoh Soal dan Pembahasan

Agar lebih memahami persoalan tentang 100 mm berapa cm, kamu harus berlatih contoh soal. DI bawah ini telah disajikan contoh soal beserta pembahasan yang memuat cara perhitungannya. Simak ulasannya berikut:

1. Contoh Soal

Seorang tukang kayu memiliki sebatang kayu dengan panjang 200 mm. Hitunglah panjang kayu tersebut dalam satuan sentimeter!

2. Jawaban dan Pembahasan

Untuk dapat menjawab contoh soal di atas, kamu bisa langsung memasukkan rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tahapan dalam menghitung pertanyaan 100 mm ke cm bisa disimak dalam penjelasan berikut:

Baca Juga:  7 Jam Berapa Menit? Cara Hitung dan Rumus Jam-Menit

Panjang milimeter yaitu 200 mm bagi dengan 10.

200/10 = 20 cm.

Jadi, panjang kayu tersebut dalam satuan sentimeter adalah 20 cm.

Dengan memahami contoh soal beserta penjelasannya, kamu bisa berlatih soal dengan panjang satuan ukuran yang berbeda. Jika ingin menghitung panjang satuan sentimeter ke milimeter, maka rumusnya cukup mengalikan panjang sentimeter dengan 10.

Pembahasan tentang 100 mm berapa cm telah dijelaskan secara lengkap melalui pembahasan di atas. Kamu juga bisa mengerjakan soal serupa menggunakan rumus yang telah tersaji. Pastikan untuk menghitungnya dengan benar agar tidak salah pengukuran.

Kamu dapat dengan cepat dan akurat mengubah nilai panjang usai memahami semuanya. Oleh karena itu, pengetahuan ini tidak hanya membantu dalam tugas sehari-hari, tetapi juga merupakan dasar yang diperlukan untuk pengukuran yang tepat dan presisi dalam berbagai disiplin ilmu.

error: