1 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Konversi Lainnya

Uinsuka.ac.id – 1 kg berapa ons? Pertanyaan ini mungkin sering kali jadi salah satu soal yang ada dalam ujian anak sekolah. Tapi bukan hanya di dunia pelajar atau mahasiswa saja. Pengetahuan tentang satuan berat seperti kilogram dan ons juga penting untuk kamu tahu karena pasti sangat berguna dalam keseharian.

Bahkan saat hendak membeli sembako saja, seperti beras, gula, minyak, dan telur kamu akan menggunakan satuan ons atau kilogram. Keduanya merupakan jenis satuan berat bersama dengan gram, ton, kwintal, pon, dan sebagainya. Lantas, gimana cara ubah satuan kilo ke ons?

Tangga Satuan Berat

Agar kamu bisa menjawab pertanyaan 1 kg berapa ons, pertama kamu perlu tahu dua hal penting berikut, yang nantinya bisa jadi patokan:

1. Nilai Massa

Nilai massa merupakan rumus paten yang nantinya akan sangat membantu dalam menghitung berat suatu benda dari satuan kilogram ke ons, ons ke kilo, atau ke satuan lain misalnya gram.

Baca Juga:  5 ml Berapa Gram? Ini Cara Hitung dan Pembahasannya

2. Tangga Satuan Berat

Nah, rumus paten yang dimaksud adalah tangga satuan berat yang terdiri dari 7 tingkatan. Masing-masing tingkatan punya nama berbeda. Kalau diurutkan dari yang nilainya terbesar, maka akan seperti ini hasilnya:

  • Kilogram (disingkat kg)
  • Heksagram (hg)
  • Dekagram (dag)
  • Gram (g)
  • Desigram (dg)
  • Centigram (cg)
  • Miligram (mg)

Ons = Hektogram

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya, dimana letak dari ons? Jawabannya adalah di tingkatan kedua. Ya, ada di heksagram. Asal mula kemunculan nama ons di Indonesia adalah diperkenalkan oleh bangsa Belanda di jaman nenek moyang.

Ons sendiri dulunya ditulis dengan “Ounce”, yang nilainya setara dengan 100 gram. Jadi kalau dalam satuan berat berskala internasional, satuan ons ini sama dengan hektogram. Jadi, 1 ons = 1 hektogram (hg).

Tapi kalau dalam keseharian, satuan ons jauh lebih populer daripada hektogram, terutama untuk berat benda yang ada di bawah 1 kilogram. Sementara satuan hektogram lebih biasa digunakan dalam literasi ilmiah.

Rumus 1 Kg Berapa Ons

Rumus dari tangga satuan berat di atas adalah “setiap naik 1 tangga, maka kali dengan 10. Kalau turun 1 tangga, bagi dengan 10”. Berdasarkan rumus ini dan penjelasan bahwa ons = hektogram, maka didapatkan hasil bahwa 1 kg = 10 ons.

Baca Juga:  30 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung, Rumus, dan Contoh Soal

Konversi tersebut sudah paten dan berlaku dimana saja di seluruh dunia. Sementara kalau dibalik, 1 ons berapa kg? Jawabannya adalah 1 : 10 = 0,1 kg.

Konversi Lain

Satuan ons juga bisa kamu konversi ke satuan lain seperti berikut:

  • 1 ons = 100 g
  • 1 ons = 10 dag
  • 1 ons = 1.000 dg
  • 1 ons = 100.000 mg
  • 1 ons = 10.000 cg

Kalau angkanya lebih besar, misal 10 ons berapa kg? Maka rumusnya 10 : 10 = 1 kg. Contoh lainnya adalah 3 kg berapa ons?  Kalau 1 kg = 10 ons maka 3 kg = 30 ons.

Kesimpulannya, rumus dari 1 kg berapa ons adalah dikali dengan 10 (1 x 10), maka hasilnya 10 ons. Kalau dari ons ke kilogram, maka bagi dengan 10.