100 Gram Berapa Kg? Cara Hitung dan Konversi Satuan Berat

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan program diet, satuan berat gram mungkin sudah tidak asing lagi. Dalam setiap takaran makanan, seseorang biasanya akan menimbangnya untuk membatasi asupan kalori. Lantas, 100 gram berapa kg?

Satuan Berat

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus terlebih dahulu memahami konsep tangga satuan berat. Dengan memahami konsep tersebut, konversi gram ke kg ataupun sebaliknya dijamin tidak menjadi hal yang sudah lagi.

Selain gram dan kg, dalam tangga satuan berat kamu akan bertemu dengan berbagai satuan lainnya. Adapun satuan tersebut adalah hektogram (hg), dekagram (dag), desigram (dg), centigram (cg) dan terakhir adalah miligram (mg).

Konsep Dasar Penggunaan Tangga Satuan Berat

Untuk menjawab 100 gram berapa kg, kamu harus memahami tentang konsep dasar penggunaan tangga satuan berat. Dalam aplikasinya, ada beberapa aturan yang wajib diaplikasikan agar hasil konversi berat benar-benar akurat. Jadi, apa saja aturan tersebut?

  1. Penurunan satu tingkat tangga, maka nilai konversi dikalikan dengan 10
  2. Kenaikan satu tingkat tangga, maka nilai konversi dibagi dengan 10
  3. Apabila kenaikan atau penurunan tangga 2 kali, maka perkalian atau pembagian konversi bukan 2 x 10, melainkan 10 x 10
  4. Jika mengalami kenaikan lebih dari 2 kali, maka aturannya sama dengan poin ketiga.
Baca Juga:  2 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Setelah membaca aturan di atas, maka hal lain yang penting buat diperhatikan adalah urutan tangga satuan berat. Oleh sebab itu, penting buat kamu menghafalkan urutan tersebut agar proses pengerjaan konversi panjang menjadi lebih mudah. Jadi, seperti apa urutannya?

Untuk mengetahui urutannya, simak selengkapnya berikut ini:

Kg (Kilogram)

  Hg (Hektogram)

    Dag (Dekagram)

      G (Gram)

         Dg (Desigram)

            Cg (Centigram)

               Mg (Miligram)

Berdasarkan urutan di atas, diketahui bahwa gram ke kilogram mengalami kenaikan tingkat hingga 3 kali. Untuk itu, konversi gram ke kilogram bisa dilakukan dengan membagi nilainya dengan (10 x 10 x 10) atau 1.000. Sebaliknya, konversi kg ke g adalah dikali 1.000.

Jadi, 100 Gram Berapa Kg?

Agar penerapannya lebih mudah, simak contoh soal berikut ini!

Contoh soal:

Setiap hari, Alifa harus mengkonsumsi dada ayam setidaknya 100 gram dalam setiap kali makan karena sedang menjalankan diet. Jika Alifa makan 3 kali dalam sehari, lantas berapa kilogram daging ayam yang dihabiskan dalam satu hari?

Pembahasan

100 gram = … kg?

Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Mengukur dan Dosis Takaran Obat

= 100 gram : 1.000

= 1 : 10

= 1/10

= 0, 1 gram

Jika satu kali makan ayam yang dihabiskan adalah 0,1 gram dan Alifa makan 3 kali sehari maka:

0,1 gram x 3 kali = 0,3 gram.

Kesimpulannya, dari hasil perhitungan di atas diketahui bahwa Alifa harus mengonsumsi total daging ayam sebanyak 0,3 gram setiap harinya. Jadi, jika bertanya 100 gram berapa kg? Maka jawabannya adalah 0,1 kg. Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk soal lainnya!