40 Cm Berapa Meter? Kunci Jawaban dan Konsep Hitungnya


Uinsuka.ac.id – Ingatkah kamu dengan pelajaran sewaktu SD tentang konversi satuan panjang? Satuan yang merupakan pembanding dalam aktivitas mengukur, memiliki standar internasional. Contohnya seperti, 40 cm berapa meter?

Pemakaian standar internasional ini dilakukan agar semua orang di seluruh dunia dapat memahami komunikasi dengan bahasa matematika. Namun, perlu kamu pahami bahwa cm yang sering kali digunakan dalam mendeskripsikan satuan panjang, bukan merupakan satuan internasional.

Kira-kira apa ya, satuan internasional dari besaran panjang? Tidak lain adalah meter atau yang biasanya disingkat sebagai huruf “m”. Jadi, jangan heran jika kamu sering kali menemukan soal perhitungan, yang jawabannya menampilkan konversi satuan dari cm ke meter.

Kunci Jawaban 40 Cm Berapa Meter

Cm atau dibaca juga centimeter, merupakan salah satu satuan yang berguna untuk mendeskripsikan besaran panjang. Satuan ini sangat sering muncul dalam soal-soal yang berhubungan dengan besaran panjang.

Baca Juga:  1,7 Meter Berapa Cm? Rumus Konversi Satuan Panjang

Saat kamu mengerjakan soal di sekolah atau kampus, satuan cm biasanya harus diubah dulu ke satuan meter. Berikut cara mengubahnya:

Ingat kembali tangga satuan dari besaran panjang yang kamu pelajari sewaktu di SD. Saat ingin berpindah dari “cm” ke “meter”, kamu diharuskan untuk naik tangga sebanyak dua kali.

Setiap berpindah satu anak tangga satuan, kamu perlu mengalikan atau membaginya dengan angka 10. Dikalikan 10 jika turun satu tangga, sedangkan jika naik satu tangga maka dibagi 10.

Saat berpindah dari “Cm” ke “meter” kamu perlu membaginya dengan angka 100.

Setelah mengetahui cara konversi satuan di atas, dapatkah kamu menjawab soal 40 cm berapa meter? Jika belum, coba perhatikan contoh perhitungan berikut ini:

Jika belum, coba perhatikan contoh perhitungan berikut ini

atau kamu juga dapat menjawabnya dengan cara seperti ini,

atau kamu juga dapat menjawabnya dengan cara seperti ini

Mudah bukan cara untuk menyelesaikan soal tentang konversi satuan panjang? Bukan hanya perubahan dari cm ke meter, kamu juga bisa mengonversi cm ke hm, cm ke dm, cm ke mm, atau sebaliknya.

Baca Juga:  1 Kg Berapa Ons? Cara Hitung dan Konversi Lainnya

Contoh Perhitungan Lain

Mengetahui cara konversi satuan panjang akan membantu kamu lebih mudah dalam menyelesaikan soal-soal yang berbeda. Coba tantang dirimu dengan mengerjakan soal-soal di bawah ini. Pastikan kamu tidak melihat kunci jawabannya sebelum mengerjakannya sendiri, ya!

1. 20 Cm Berapa Meter

Anggaplah bahwa kamu punya mistar sepanjang 20 cm, kira-kira berapa panjang mistar tersebut jika dikonversi ke meter, ya?

Begini kunci jawabannya:

20 Cm Berapa Meter

2. 5 Cm Berapa Meter

Asumsikan kamu punya stik kayu sepanjang 5 cm, kira-kira angka ini setara dengan berapa meter, ya?

Begini kunci jawabannya:

5 Cm Berapa Meter

Sekarang, kamu bisa mengerjakan semua soal yang berkaitan dengan konversi satuan panjang dari cm ke meter. Bukan cuma 40 cm berapa meter, melainkan juga soal-soal yang lain. Jangan pusing lagi kalau kamu mendapatkan soal semacam ini di sekolah, ya!

error: