20 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung dan Jawabannya

Uinsuka.ac.id – Tahukah jawaban dari 20 meter berapa cm? Kalau memperhatikan pelajaran sewaktu SD dengan serius, kamu pasti sangat familiar dengan pertanyaan seperti ini. Mengubah satuan meter ke cm atau sebaliknya merupakan materi tentang konversi satuan panjang.

Perlu dipahami bahwa meter adalah satuan internasional dari panjang. Jangan heran kalau sering mendapati satuan-satuan panjang yang lain diubah ke meter atau sebaliknya. Menyelesaikan soal-soal semacam ini mengandalkan materi perkalian dan pembagian.

Kamu bisa mengetahui lebih lanjut tentang konversi satuan panjang dengan terus membaca artikel ini. Yuk, simak penjelasannya di sini dan kemudian sampaikan kepada orang lain yang belum mengerti cara mengonversi satuan panjang.

Kunci Jawaban 20 Meter Berapa Cm

Sudah tahu belum bagaimana cara mengubah satuan meter ke cm atau sebaliknya? Bisakah menyelesaikan soal-soal tentang konversi satuan panjang dalam waktu singkat? Jika belum, yuk, jangan ragu belajar melalui panduan di bawah ini:

  • Gunakan tangga konversi satuan panjang, yang tersusun atas: km; hm; dam; m; dm; cm; mm.
  • Pahami bahwa setiap anak tangga bernilai 10, yang artinya setiap naik satu anak tangga perlu dikalikan atau dibagi dengan angka 10.
  • Pakai operasi bilangan perkalian saat mau turun satu anak tangga, sedangkan operasi bilangan pembagian dipakai saat naik satu anak tangga.
Baca Juga:  20 Cm Berapa Meter? Cara Konversi dan Menghitungnya

Nah, kembali kepada soal 20 meter berapa cm, sekarang bisa menjawabnya dengan metode ini:

20 meter = 20 x 100 cm

= 2000 cm.

Kamu pastinya sudah paham kenapa perubahan dari meter ke cm harus dikali 100. Alasannya tidak lain karena meter dan cm terpisah dua anak tangga. Selain itu, dari meter ke cm mengharuskan turun dua anak tangga pada tangga konversi satuan panjang.

Menariknya nih, tahukah kalau 2000 cm dapat ditulis dalam bentuk lain? Kamu bisa menulisnya dengan notasi ilmiah, yakni 2×103 meter.

Contoh Soal Lain

Contoh-contoh soal berikut ini diharapkan bisa membantu untuk belajar lebih dalam tentang konversi satuan panjang. Bukan hanya mengubah meter ke cm, tetapi juga dari cm ke meter.

1. 200 Meter Berapa Cm

Seperti yang sudah diketahui, mengonversi meter ke cm melibatkan operasi bilangan perkalian. Kamu dapat menyelesaikan soal ini dengan cara begini:

200 meter = 200 x 100 cm

= 20.000 cm, yang bisa ditulis menjadi 2×104 meter.

2. 200 Cm Berapa Meter

Sekarang, kamu juga perlu belajar mengubah cm ke meter. Begini cara penyelesaiannya:

Baca Juga:  800 ml Berapa Gram? Ini Konsep Hitung dan Cara Konversinya

200 cm = 200 : 100 cm

= 2 cm.

Kamu juga dapat menjawabnya begini:

200 cm = 200 x 0,01 cm

= 2 cm.

20 meter berapa cm merupakan bentuk soal yang amat sederhana. Kalau pandai perkalian dan tahu nilai kesetaraan antara meter dan cm, jawabannya bisa didapatkan dalam waktu yang sangat singkat.