2 cm Berapa Meter? Ini Cara Hitung dan Penyelesaiannya


Saat belajar tentang pengukuran, konversi satu jenis satuan ke jenis satuan lainnya penting dilakukan. Hal ini dilakukan demi mendapatkan hasil yang akurat dan konsisten. Salah satu contohnya adalah konversi 2 cm berapa meter atau 2 cm berapa milimeter.

Konversi dari satuan centimeter dan meter adalah yang paling sering muncul dalam persoalan konversi satuan panjang. Sebelum menyelesaikan soal konversi, terlebih dulu harus dipahami hubungan antara satuan centimeter dengan satuan meter. Pada prinsipnya, 100 cm setara atau senilai dengan 1 meter.

Cara Hitung Nilai Konversi 2 Cm Berapa Meter

Sesuai dengan prinsip dasar bahwa 100 cm sama dengan 1 meter, maka dapat ditarik cara konversi dengan menggunakan pembagian. Jumlah centimeter ini harus dibagi dengan bilangan 100. Pembagian diterapkan pada konversi centimeter ke meter karena centimeter menuju meter harus naik dua tingkat.

Setiap satuan panjang yang naik ke satuan lebih tinggi maka harus dibagi dengan 10 dan kelipatannya. Sedangkan satuan panjang yang harus turun ke satuan yang lebih rendah harus dikalikan dengan 10 dan kelipatannya. Dari prinsip hitungan inilah nantinya kamu bisa menghitung hasil konversi 2 cm ke meter.

Baca Juga:  80 cm Berapa Meter? Cara Hitung Konversi Cm ke M

Berikut ini adalah cara praktis konversi 2 cm berapa meter menggunakan prinsip dasar perhitungan konversi satuan panjang:

Nilai centimeter ÷ 100

= 2 cm ÷ 100

= 0,02 meter

Penyelesaian soal di atas sifatnya sangat sederhana karena secara langsung melibatkan pembagian bilangan 100. Meski begitu konversi sederhana ini akan berbeda dengan konversi unit satuan lain. Untuk itu perlu dipahami tabel konversi atau rumus dasar untuk tiap konversi yang ada.

Konversi Centimeter ke Satuan Lainnya

Selain dikonversi ke meter, satuan centimeter juga bisa dikonversi ke satuan lainnya seperti inci, milimeter, hingga kilometer. Sehingga nantinya hasil dari 2 cm ke beberapa satuan tersebut hasilnya akan berbeda dengan hasil 2 cm ke meter.

Cm ke mm (milimeter)

Secara umum, satuan milimeter tingkatnya lebih kecil atau lebih rendah dibandingkan centimeter. Maka untuk konversi nilai centimeter ke milimeter harus turun sebanyak satu tingkat. Artinya operasi penyelesaiannya bukan dibagi, melainkan dikalikan dengan bilangan 10.

Contoh 2 cm berapa milimeter? Maka untuk menjawabnya bisa dengan 2 × 10 = 20. Artinya 2 cm setara dengan 20 milimeter.

Baca Juga:  18 Persen Diubah Menjadi Pecahan Biasa Hasilnya Berapa?

Cm ke km (kilometer)

Baik dengan centimeter maupun meter, kilometer punya tingkat yang lebih tinggi. Kenaikan centimeter ke kilometer mencapai nilai 100.000. Karena naik, maka nilai centimeter harus dikali dengan 100.000. Maka 2 × 100.000 = 200.000. Untuk itu 2 cm setara dengan 200.000 km.

Soal 2 cm berapa meter bisa terselesaikan dengan prinsip tingkatan dalam konversi satuan panjang. Sebagaimana rumus sederhana yang sudah dijabarkan di atas. Dengan begitu penyelesaian konversi cm ke satuan lainnya juga bisa dilakukan dengan sederhana.

error: