150 cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Contoh Soalnya


Untuk bisa menghitung 150 cm berapa meter, maka kamu perlu tahu dulu dasar perhitungan ini. Dasar perhitungan ini tak lain adalah konversi nilai centimeter ke meter. Dasar nilai yang harus kami pahami adalah 1 centimeter setara dengan 0,01 meter. Sedangkan 1 meter setara dengan 100 centimeter.

Dasar nilai antara centimeter ke meter dan sebaliknya ini bisa menjadi acuan perhitungan dasar untuk bisa menyelesaikan soal konversi dengan nilai yang lebih besar seperti 150 centimeter berapa meter. Selain itu hubungan antara centimeter dengan meter juga harus dipahami dengan baik.

Hubungan Antara Centimeter dan Meter

Centimeter dan meter merupakan satuan panjang yang sangat sering digunakan dibandingkan satuan panjang yang lain. Adapun nilai centimeter bisa dikonversi ke meter dengan sangat sederhana dibandingkan konversi ke satuan yang lain.

Itulah mengapa centimeter dan meter dikatakan punya hubungan yang cukup erat. Berdasarkan standar internasional, centimeter dengan meter punya jarak dua tingkat. Centimeter nilainya lebih rendah dibandingkan meter namun bisa disetarakan dengan perhitungan nilai tertentu.

Baca Juga:  1,3 Kg Berapa Gram? Cara Konversi Satuan Berat Termudah

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, nilai 1 meter bisa setara dengan 100 centimeter. Dengan menggunakan dasar ini nantinya kamu bisa belajar menyelesaikan contoh soal lain terkait konversi satuan cm ke meter atau sebaliknya.

Tangga Meteran untuk Penyelesaian 150 Cm Berapa Meter

Sebelum menyelesaikan konversi nilai 150 cm ke meter, kamu harus tahu dulu bahwa ada yang namanya tangga meteran dalam bab pembahasan satuan panjang. Tangga meteran ini menggambarkan tentang tingkatan antara satuan panjang yang satu dengan lainnya.

Dengan melihat tangga meteran ini, perhitungan konversi antar satuan bisa diselesaikan dengan sederhana. Berikut ini adalah urutan tangga meteran satuan panjang:

  • Kilometer (biasa disimbolkan dengan km)
  • Hektometer (disimbolkan dengan hm)
  • Dekameter (simbolnya dam)
  • Meter (disimbolkan dengan m)
  • Desimeter (simbolnya dm)
  • Centimeter (disimbolkan dengan cm)
  • Milimeter (mm)

Dalam prinsip konversi satuan, satuan yang lebih rendah menuju satuan yang tingkatnya lebih tinggi maka nilai yang dikonversi harus dibagi dengan bilangan 10. Sebaliknya jika konversi dilakukan dari satuan yang lebih tinggi ke satuan yang lebih rendah alias turun, maka nilai konversi harus dikali 10.

Baca Juga:  3000 Gram Berapa Kg? Cara Hitung, Rumus dan Jawabannya

Adapun bilangan 10 di sini sifatnya berkelipatan. Jadi misalkan satuan yang dikonversi harus naik dua tingkat maka nilai konversi harus dibagi 100, begitupun jika konversinya turun maka dikali 100. Dari prinsip inilah kamu bisa menyelesaikan soal 150 cm berapa meter.

Penyelesaian soal:

Meter = nilai cm ÷ 100

Meter = 150 ÷ 100 = 1,5.

Maka hasil akhirnya adalah 150 cm setara atau senilai dengan 1,5 meter.

Contoh Soal Lain Cm ke Meter

Dari penyelesaian soal di atas, kamu bisa belajar contoh soal lain seperti:

  • 50 cm berapa meter?

Meter = 50 ÷ 100

Meter = 0,5

  • 250 cm berapa meter?

Meter = 250 ÷ 100

Meter = 2,5

Dengan berbagai penyelesaian contoh soal dan berdasar prinsip hitung konversi di atas, kini kamu bisa menyelesaikan soal 150 cm berapa meter dengan mudah dan sederhana tanpa rumus yang panjang lebar.

error: