150 Mm berapa Cm? Konversi Satuan Panjang & Cara Hitung


Uinsuka.ac.id – Konversi satuan panjang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika kamu diminta untuk mengukur jarak dari satu kelas ke kelas lainnya. Tentunya membutuhkan satuan panjang, bukan?  Salah satu pertanyaan yang mungkin didapatkan adalah, “150 mm berapa cm?”

Untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, penting untuk memahami konsep konversi satuan panjang, khususnya dari milimeter (mm) ke centimeter (cm). Berikut ini adalah pembahasan mengenai konversi satuan panjang dan contoh soalnya. Mari kita bahas lebih lanjut.

Konsep Konversi Satuan Panjang

Langkah pertama dalam mengatasi konversi satuan panjang adalah memahami skala satuan panjang. Satuan panjang melibatkan kilometer (km), hektometer (hm), decameter (dam), meter (m), desimeter (dm), sentimeter (cm), dan milimeter (mm).

Konsep yang perlu kamu ingat adalah konversi dari satu satuan ke satuan yang lebih tinggi melibatkan perbagian 10, sementara konversi ke satuan yang lebih rendah melibatkan perkalian 10.

Baca Juga:  50 Gram Berapa Kg? Jawaban dan Pembahasan Cara Hitungnya

Jadi, jika kita ingin  naik satu anak tangga dari milimeter ke sentimeter, kita melakukan pembagian dengan 10.

Konversi 150 Mm Berapa Cm

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya akan sangat mudah jika kamu sudah mengerti konsep konversi yang dijelaskan sebelumnya. Setelah memahami dasar konsep, kamu dapat menggunakan rumus sederhana untuk menghitung konversi: Jumlah sentimeter = Jumlah milimeter  10

Jadi, untuk menjawab pertanyaan 150 mm berapa cm, kamu dapat menghitungnya seperti berikut ini.

Jumlah sentimeter = 150  10 = 15 cm

Jawabannya adalah 15 cm. Dengan memahami rumus ini, kita dapat dengan mudah menjawab pertanyaan seputar konversi satuan panjang.

Contoh Soal

Untuk memperdalam pemahaman, mari berlatih dengan beberapa contoh soal:

1. Contoh Soal 1

Seorang fotografer sedang memeriksa kualitas foto dengan menggunakan penggaris yang mengukur panjang 380 milimeter. Berapa panjang foto tersebut dalam satuan sentimeter?

Jawaban:

  • Panjang dalam sentimeter = panjang dalam milimeter   10
  • Panjang dalam sentimeter = 380  10 = 38 cm

Jadi, panjang foto tersebut adalah 38 cm.

2. Contoh Soal 2

Seorang ahli biologi sedang melakukan penelitian terhadap serangga dan mencatat panjangnya menggunakan milimeter. Jika panjang serangga tersebut adalah 620 milimeter, berapa panjangnya dalam satuan sentimeter?

Baca Juga:  700 Cm Berapa Meter? Jawaban dan Cara Menghitungnya

Jawaban:

  • Panjang dalam sentimeter = panjang dalam milimeter   10
  • Panjang dalam sentimeter = 620   10 = 62 cm

Jadi, panjang serangga tersebut adalah 62 cm.

Dengan berbagai contoh soal, diharapkan kamu dapat lebih familiar dan memahami cara menghitung konversi dari milimeter ke sentimeter. Melalui latihan ini, kamu akan semakin siap untuk menjawab pertanyaan seputar konversi satuan panjang, termasuk pertanyaan seputar 150 mm berapa cm.

Teruslah berlatih untuk meningkatkan pemahaman kamu dalam konsep konversi ini. Semakin sering kamu melakukan latihan dengan beragam contoh soal, kamu akan semakin paham dengan konsep konversi dan dengan mudah bisa melakukan konversi satuan panjang.

error: