1,5 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung Sesuai Tangga Panjang

Uinsuka.ac.id – 1,5 meter berapa cm tentu menjadi pertanyaan sulit bagi yang belum pernah mempelajarinya. Meter atau m menjadi satuan ukuran panjang yang ada dalam SI (Sistem Satuan Internasional).

Perhitungan ini baru bisa dilakukan jika kamu paham terkait tangga dalam satuan ukuran panjang. 1 meter dalam cm tentu memiliki nilai berbeda dengan 1 meter dalam km atau kilometer. Jika ingin mengetahui ulasan selengkapnya, simak pada pembahasan di bawah ini.

1,5 Meter Berapa Cm?

1,5 meter berapa sentimeter dapat dikonversikan dengan cukup sederhana dan mudah. Kedua satuan tersebut berada dalam sebuah tangga satuan panjang sehingga lebih mudah perhitungannya. Namun untuk satuan meter memiliki posisi yang lebih tinggi 2 tangga dari cm.

Menurut konversi, jika satuan yang diubah memiliki posisi lebih tinggi maka caranya adalah dikalikan. Meter mempunyai jarak turun dua tangga menuju cm sehingga harus dikalikan dengan bilangan 100. Supaya tidak bingung, simak pada urutan tangga meteran berikut ini:

  • Kilometer atau km
  • Hektometer atau hm
  • Dekameter atau dam
  • Meter atau m
  • Desimeter atau dm
  • Sentimeter atau cm
  • Millimeter atau mm
Baca Juga:  2 Jam Berapa Detik? Cara Hitung dan Konversi Waktu

Jika ingin mengetahui jawaban dari 1,5 meter berapa cm, kamu cukup mengalikan angka tersebut dengan 100. Perhitungannya kurang lebih seperti ini 1,5 x 100 yaitu 150 cm. Bisa dipahami bahwa dalam setiap 1 meter atau m berarti 100 centimeter.

Contoh Soal Meter ke Cm

Kamu akan lebih mudah untuk memahami pembahasan meter ke cm melalui beberapa contoh berikut:

1. Contoh Soal 1

Sebuah pintu kayu yang baru dibuat memiliki panjang sekitar 1,7 meter. Berapa cm panjang dari pintu kayu tersebut?

Jawaban:

Pintu kayu: 1,7 meter x 100

=170 meter

Jadi panjang dari pintu kayu tersebut adalah 170 cm.

2. Contoh Soal 2

Diketahui bahwa sebuah gedung di perkotaan memiliki tinggi mencapai 500 meter. Berapa cm tinggi yang dimiliki oleh gedung tersebut?

Jawaban:

Tinggi gedung= 500 x 100

= 50.000 cm

Jadi, bangunan gedung tersebut memiliki tinggi hingga mencapai 50.000 cm.

3. Contoh Soal 3

Pak Teguh memiliki 2 buah tali yang akan digunakan untuk mengikat beberapa kayu. Setiap tali tersebut memiliki panjang 11 cm yang akan digabungkan menjadi satu. Berapa cm panjang dari semua tali tersebut?

Baca Juga:  3000 Meter Berapa Km? Jawaban, Cara Hitung, dan Contohnya

Jawab:

Panjang tali= (11 meter x 2) x 100

= 22 x 100

= 2200 cm

Jadi, panjang dari semua tali pengikat tersebut adalah 2200 cm.

4. Contoh Soal 4

Silvia selalu menjadi pusat perhatian karena tinggi badan yang lebih tinggi ketimbang teman-temannya, yaitu 1,8 meter. Berapa cm tinggi badan Silvia?

Jawab:

Tinggi badan Silvi: 1,8 meter x 100

= 180 cm

Jadi ukuran tinggi badan yang dimiliki Silvi adalah 180 cm.

Menghitung 1,5 meter berapa cm bisa dilakukan dengan mengacu pada tangga meteran. Meter mempunyai posisi turun dua tangga sehingga bisa dikalikan dengan bilangan 100. Pembahasan ini juga akan memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan dalam satuan panjang lainnya.