1000 Cm Berapa Meter? Cara Cepat Konversi Satuan Panjang


Perhitungan centimeter (cm) ke meter (m) merupakan salah satu konversi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Karena sering digunakan sehari-hari, maka seharusnya pertanyaan 1000 cm berapa meter sudah bukan soal yang susah untuk ditaklukkan.

Dalam proses konversi dari cm ke meter, kamu harus terlebih dahulu memahami tentang tangga satuan panjang. Adapun tangga satuan panjang ini merupakan dasar dan acuan perhitungan sebuah konversi. Setidaknya, ada 7 satuan panjang yang ada di daftar tangga tersebut.

Apa saja satuan yang ada pada tangga satuan panjang? Jawabannya mulai dari Kilometer (km), kemudian disusul oleh Hektometer (hm), Dekameter (dam) dan meter (m). Selanjutnya pada baris bawah ada: Desimeter (dm), Centimeter (cm) sampai yang terkecil adalah Millimeter (mm).

Daftar Tangga Satuan Panjang

Untuk bisa melakukan konversi dengan mudah, kamu harus menghafalkan semua satuan yang ada pada tangga satuan panjang tersebut. Namun, sebenarnya yang terpenting dalam menjawab 1000 cm berapa meter adalah urutan tangganya.

Baca Juga:  1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung Cepat dan Jawbannya

Urutan tangga menjadi penting karena menjadi acuan dasar perhitungan konversi. Setiap penurunan atau kenaikan tangganya, memiliki perkalian yang berbeda. Oleh sebab itu, hasilnya pun akan berbeda. Untuk itu, berikut ini adalah daftar tangga satuan panjang:

Km (Kilometer)

 Hm (Hektometer)

    Dam (Dekameter)

       M (Meter)

         Dm (Desimeter)

            Cm (Centimeter)

               Mm (Millimeter)

Adapun aturan dari penggunaan tangga tersebut adalah: turun satu tangga = dikali 10. Sementara jika konversinya naik satu tangga = dibagi 10. Jadi, jika ternyata harus turun dua tangga, maka rumusnya bukan dikali 2 x 10, melainkan dikalikan 10 x 10.

Jadi, 1000 Cm Berapa Meter?

Agar lebih jelas dan paham saat mengerjakan soal konversi panjang, langsung saja simak contoh soal konversi dari cm ke km berikut ini:

Contoh Soal:

Aldi sedang menjalankan program diet yang mengharuskannya untuk berjalan kaki minimal 1000 cm setiap harinya. Namun, indikator yang ada di aplikasi hanya menunjukkan satuan km. Lantas, berapakah target yang harus ditulis Aldi di dalam aplikasinya jika hanya tersedia menu km?

Diketahui:

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Modus Data Kelompok Terbaru 2024

Cm ke km dalam tangga satuan panjang mengalami kenaikan sampai 3 kali.

Maka jawabannya:

1000 cm = … km?

= 1.000 : (10 x 10 x 10)

= 1.000 : 1.000

= 1 km

Jadi, jarak yang harus ditulis Adli dalam indikator aplikasinya adalah 1 km. Ini artinya, Adli wajib melakukan jalan kali dengan jarak setidaknya 1 km setiap hari demi menjalankan program dietnya.

Dengan rumus dan acuan dari tangga satuan panjang tersebut, kamu sebenarnya tidak hanya bisa mengaplikasikannya pada konversi cm ke km. Adapun konversi dari satuan panjang lain juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan acuan dan prinsip tersebut.

Pada akhirnya, penggunaan metode tangga satuan panjang bisa membuat pertanyaan 1000 cm berapa meter bisa terjawab dengan mudah. Jadi, pastika untuk menghafalkan letak pasti dari tangga satuan panjang agar tidak salah hitung, ya!

error: