10 Cm Berapa Meter? Ini Cara Hitung dan Konversi Satuannya


Selain berat, konversi meter adalah soal yang paling sering menjadi momok bagi para pelajar. Terlebih jika dihadapkan dengan soal 10 cm berapa meter atau yang sejenisnya. Meskipun terlihat mudah, namun perhitungan menjadi lebih rumit jika harus berhadapan dengan koma dalam pecahan desimal.

Yap! Dalam konversi panjang atau berat, kamu akan sering menemukan nilai yang tidak bulat atau koma desimal. Kalau sudah begini, pasti kamu langsung sibuk mencari kalkulator demi mendapatkan jawabannya. Tapi, tahukah kamu jika ternyata konversi desimal sebenarnya sangat mudah?

Disebutkan mudah karena kamu tidak harus pusing mencari kalkulator saat proses penyelesaiannya. Cukup sediakan kertas kosong untuk coretan berhitung, soal desimal konversi cm ke meter sudah bisa kamu selesaikan dalam satu kali duduk. Bagaimana bisa?

Kenapa Konversi Cm ke Meter Susah?

Meskipun terlihat mudah, namun konversi cm ke meter menjadi salah satu yang paling ditakuti. Mengapa demikian? Seperti diketahui, untuk mengubah cm menjadi m, kamu harus membaginya dengan 100. Sekilas tampak biasa, namun jika angka yang di dapat ternyata desimal, pasti bikin pusing.

Baca Juga:  7 Cara Menghitung Akar Pangkat 2 dan Contoh Soal

Misalnya soal berapa 10 meter ini. 10 cm apabila dikonversi menjadi meter berarti harus dibagi dengan 100. Kalau sudah begini, angka yang dihasilkan pun sudah pasti tidak bulat karena berhubungan dengan desimal. Hal inilah yang kadang membuat banyak pelajar bingung menjawabnya.

Cara Cepat Jawab 10 Cm Berapa Meter

Setidaknya, ada 2 cara cepat yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan soal tersebut. Cara pertama adalah dengan mengubahnya menjadi pecahan. Sementara cara kedua adalah dengan menggeser koma. Untuk lebih jelasnya, simak disini

1. Mengubah Pembagian Jadi Pecahan

Untuk mengaplikasikan cara satu ini, kamu hanya perlu mengubah bentuk pembagian menjadi pecahan, kemudian menyederhanakan bentuknya seperti di bawah ini:

10 cm = … m?

= 10 : 100

= 10/100

= 1/10

= 0,1 meter

Jika diselesaikan dalam bentuk pecahan, maka didapatkan hasil bahwa 10 cm itu setara dengan 1/10 meter. Angka pecahan 1/10 jika diubah bentuknya menjadi desimal maka menjadi 0,1 meter. Jadi, jawabannya adalah 1/10 meter atau 0,1 meter.

Baca Juga:  2,5 Cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Satuan Metrik Panjang

2. Menggeser Koma

Pusing jika harus menyelesaikan dengan bentuk pecahan, jangan khawatir! Kamu bisa mencoba cara kedua dengan menggeser koma. Prinsipnya: jika konversi naik satu tingkat, maka koma digeser ke kiri. Sebaliknya jika konversi turun satu tingkat maka koma digeser ke kanan.

Diketahui, cm ke m dalam tangga satuan panjang matematika mengalami kenaikan sebanyak dua tingkat. Artinya, kamu hanya perlu menggeser koma ke kiri sebanyak dua kali. Jadi 10 cm berapa meter, agar lebih jelas, simak pembahasan yang ada di bawah ini:

10 cm = … m?

Bentuk desimal 10 = 10,0. Apabila koma digeser satu kali maka jadi 1,0. Selanjutnya, jika digeser kedua kalinya maka bentuknya jadi 0,1 dan SELESAI!! Hanya dengan menggeser koma, kamu sudah bisa dengan mudah mendapatkan hasil dari konversi cm ke m. Sangat mudah, bukan?

Meskipun caranya berbeda, namun jawaban dari 10 cm berapa meter menggunakan kedua cara tersebut masih sama. Ini artinya, kedua cara tersebut sudah terbukti bisa menjawab dengan cepat soal-soal konversi. Jadi, jangan lagi merasa kesulitan! Tetap semangat!

error: