1,4 Kg Berapa Ons? Cara Menghitung dan Konversi Berat

Tahukah kamu bahwa nilai ons di Indonesia ternyata berbeda dengan standar internasional? Perbedaan standar inilah yang membuat nilai 1,4 kg berapa ons di Indonesia berbeda dengan sistem Internasional. Tidak tanggung-tanggung, perbedaannya ternyata cukup besar!

Kenapa bisa berbeda? Disebutkan bahwa standar perhitungan Indonesia mengikuti Belanda. Seperti diketahui, Indonesia selama 350 tahun dijajah Belanda. Hal inilah yang membuat penduduk Indonesia secara alami mengikuti kebiasaan Pemerintah Belanda.

Bahkan setelah Indonesia merdeka dan masuk ke era modern saat ini, standar perhitungan konversi ons yang digunakan masih berdasar pada ketentuan tersebut. Padahal, nilainya dengan standar konversi internasional berbeda. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam perhitungannya.

Standar Konversi Ons di Indonesia dan Internasional

Secara umum, ons tidak ada dalam tangga satuan berat. Pasalnya, dalam tangga tersebut hanya ada Kilogram (kg), Hektogram (hg), Dekagram (dag), Gram (g), Desigram (dg), Centigram (cg) dan terakhir adalah Milligram (mg). Lantas, 1,4 kg berapa ons serta bagaimana konversinya?

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Bilangan Bulat, Contoh dan Hasil

Dalam standar konversi ons di Indonesia, diketahui bahwa 1 ons setara dengan 1 hektogram (hg). Ini artinya, diketahui bahwa nilai 1 ons juga setara dengan 100 gram atau 0,1 kilogram. Di Indonesia, istilah ons seringkali menjadi satuan ukur berat populer, khususnya di pasar tradisional.

Lantas, bagaimana dengan aturan standar konversi ons versi internasional? Berbeda dengan standar di Indonesia, internasional menetapkan bahwa 1 ons setara dengan 28,3495… gram atau bisa dibulatkan menjadi 28,35 gram. Sampai sini, sudah terlihat bahwa standarnya jauh berbeda, bukan?

Jadi, mana yang benar? Jawabannya, tergantung! Karena kamu tinggal di Indonesia, maka aturan konversi ons yang bisa diterapkan adalah 1 ons = 100 gram. Berbeda jika kamu tengah berada di luar negeri. Namun agar tidak terjadi kesalahpahaman, gunakan satuan g atau kg saja agar lebih aman.

Jadi, 1,4 Kg Berapa Ons?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebagai langkah pertama kamu harus melakukan konversi berdasarkan standar Indonesia saja. Jika perkalian atau pembagian desimal dirasa susah kamu bisa mengubah 1,4 menjadi bentuk pecahan terlebih dahulu. Hasilnya 1,4 diubah jadi 14/10 kg.

Baca Juga:  0,25 Meter Berapa cm? Cara Menghitung Sesuai Tangga Satuan

Selanjutnya, dalam tangga satuan berat diketahui bahwa kg ke ons (hg) turun satu tangga. Artinya untuk menyelesaikan konversi kg ke ons, kamu hanya harus mengalikannya dengan 10 saja. Sampai sini, sangat mudah bukan?

Agar lebih jelas, simak lengkap penyelesaian berikut ini:

1,4 kg = …. ons?

Pertama, ubah 1,4 jadi bentuk pecahan. Hasilnya, 1,4 = 14/10.

14/10 kg = … ons?

= 14/10 x 10

= 140/10

= 14 ons (hg)

Berdasarkan hasil hitung di atas, diketahui bahwa nilai 1,4 kg itu setara dengan 14 ons atau hg. Penyelesaian dengan mengubah bentuk pecahan desimal menjadi pecahan biasa dapat membuat langkah perhitungan jadi lebih mudah.

Pada dasarnya, perhitungan 1,4 kg berapa ons di atas juga bisa diaplikasikan pada bentuk soal yang mirip lainnya. Jadi apabila suatu hari kamu menemukan soal yang mirip, silahkan gunakan penyelesaian di atas sebagai referensi. Semangat dan selamat belajar!