4 Cara Menghitung Syukuran 4 Bulanan Terbaru 2024


Uinsuka.ac.id – Kehamilan adalah peristiwa yang sangat membahagiakan dan patut disyukuri. Syukuran biasanya diadakan pada saat kandungan berusia 4 bulan. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang belum paham tentang cara menghitung syukuran 4 bulanan tersebut.

Acara apa yang diadakan saat syukuran 4 bulanan? Biasanya, ketika usia kandungan memasuki 4 bulan, umat Islam menggelar pengajian atau doa bersama untuk jabang bayi. Menurut ajaran Islam, pada usia 4 bulan inilah, takdir si jabang bayi dituliskan.

Usia kandungan 4 bulan masuk pada trimester kedua, dimana janin yang ada di dalam perutnya sudah terbentuk dengan sempurna. Sebelum mengadakan syukuran kehamilan 4 bulanan tersebut, tentunya ibu hamil harus menghitung usia kandungannya lebih dulu.

Pengertian Syukuran Kehamilan 4 Bulanan

Meskipun tidak termasuk syariat agama, tapi acara syukuran kehamilan 4 bulan boleh dilakukan oleh umat muslim. Pada acara syukuran tersebut, akan dibacakan ayat-ayat Al Quran, shalawat nabi dan doa-doa.

Kapan syukuran 4 bulanan dilakukan? syukuran 4 bulanan diadakan ketika usia kandungan sudah memasuki 4 bulan atau sekitar 17-20 minggu. Karena diadakan pada saat usia kehamilan mencapai 4 bulan, maka lebih dulu harus dihitung secara tepat umur kandungan ibu hamil.

Cara Menghitung Syukuran 4 Bulanan

Cara menghitung usia kehamilan sebenarnya tidak sulit, bisa menggunakan metode yang sederhana hingga rumus seperti yang dilakukan oleh dokter. Beberapa metode perhitungan usia kehamilan dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu :

1. Metode HPHT Sederhana

Berapa usia kehamilan seorang ibu bisa dilihat dari HPHT. Apa yang dimaksud HPHT dalam kehamilan itu? HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Pertama. Jadi, ibu hamil bisa mengetahui usia kandungannya dengan melihat HPHT tersebut.

Baca Juga:  10 Cara Menghitung Dosis Obat, Jenis, Umur, Contoh

Dari perhitungan HPHT ini, seorang ibu hamil bisa mengetahui apakah kandungannya sudah berumur 4 bulan atau belum. HPHT menghitung usia kehamilan berdasarkan siklus menstruasi sebelum kehamilan.

Rumus menghitung usia kandungan melalui HPHT yaitu :

  • HPHT + 7
  • Bulan terakhir mengalami haid – 3
  • Tahun terakhir mengalami haid + 1

Contohnya, seorang ibu mengalami haid terakhir pada tanggal 4 April 2023, maka perhitungannya yaitu 4 + 7, 4 – 3, 2023 + 1. Jadi, si ibu akan melahirkan sekitar tanggal 11 Januari 2024. Dari hari perkiraan lahir (HPL) tersebut bisa dihitung kapan kira-kira kandungan menginjak umur 4 bulan.

2. Hitung Kapan Pembentukan Janin

Cara menghitung syukuran 4 bulanan ini selain dengan metode HPHT sederhana, juga dapat dilakukan melalui penghitungan waktu pembentukan janin. Agama Islam telah menjelaskan secara rinci bagaimana proses pembentukan janin dan siklusnya.

Ciri-ciri janin telah berusia 4 bulan yaitu indera pendengaran sudah mulai terbentuk dan bisa menerima rangsangan berupa suara. Itulah juga alasannya kenapa pada usia 4 bulan tersebut, janin diperdengarkan doa-doa dan ayat-ayat suci.

Jika si ibu peka, maka dia bisa merasakan bahwa janin yang dikandungnya sudah bisa merespon suara atau belum. Kalau belum yakin, ibu hamil bisa melakukan USG di klinik atau rumah sakit untuk memastikan pertumbuhan janinnya dan mengetahui usia kandungannya.

3. Ukur Lingkar Perut Ibu

Salah satu ciri usia kehamilan memasuki 4 bulan yaitu perut ibu yang semakin membesar dan bertambah ukurannya. Biasanya, kalau usia kehamilan sudah 4 bulan, maka perut ibu akan membesar dan berbentuk seperti telur angsa.

Sebelum memasuki usia 4 bulan, yakni pada waktu umur kandungan sekitar 2-3 bulan, perut ibu membesar seperti telur bebek. Cara sederhana ini bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan berapa usia kandungan ibu, sudah 4 bulan atau belum.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Zakat Fitrah: Beras dan Uang Tunai

Meskipun begitu, masih ada juga ibu hamil yang kurang yakin dengan tanda-tanda fisik pada perut tersebut. Supaya lebih yakin, tidak ada salahnya memeriksakan kehamilan ke dokter, supaya bisa diketahui berapa usianya secara tepat.

4. Pemeriksaan Ultrasonografi (USG)

Cara menentukan usia kehamilan yang paling akurat adalah dengan memeriksakannya ke klinik supaya dapat ditangani oleh dokter ahli. Biasanya, dokter akan melakukan USG pada kandungan ibu supaya bisa mengetahui berapa bulan usia kehamilan ibu.

Selain memperkirakan usia kehamilan, manfaat USG pada ibu hamil yaitu untuk memeriksa bagaimana kondisi janin di dalam perut. Melalui USG tersebut, dokter bisa mengetahui bagaimana kondisi janin, apakah pertumbuhannya normal atau ada suatu masalah.

Dokter akan memeriksa apakah pertumbuhan janin sudah sesuai dengan usia kandungan ibu. Jika tidak, berarti sangat mungkin ada masalah pada kandungan dan harus segera ditangani supaya bayi lahir dengan selamat sesuai waktunya.

Perkembangan Bayi pada Usia 4 Bulan

Janin yang sudah memasuki usia 4 bulan seharusnya telah tumbuh dengan sempurna dan mencapai ciri-ciri manusia. Selain itu, janin yang umurnya sudah mencapai 4 bulan seharusnya juga sudah bergerak secara aktif dalam perut ibu.

Apa saja ciri-ciri janin usia 4 bulan sehingga dapat dikatakan memiliki perkembangan yang normal? Menurut ilmu kedokteran, janin usia 4 bulan telah memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Ukuran Janin

Bagaimana cara menghitung syukuran 4 bulanan, salah satunya dengan melihat berapa ukuran janin dalam perut. Berapa ukuran janin 4 bulan? Janin 4 bulanan memiliki ukuran sekitar 13-16 cm dengan berat sudah mencapai 120-160 gram.

Disamping melihat ukuran panjang dan beratnya, janin 4 bulan juga bisa dikenali dari ciri lainnya. Janin yang sudah memasuki umur 4 bulan, seharusnya mulai terbentuk rambut dan kuku. Jika ciri tersebut tidak terlihat, mungkin usia kandungan masih kurang dari 4 bulan.

Baca Juga:  Cara Menghitung IP Semester dan IPK 100% Mudah

2. Organ Vital

Bagaimana menghitung usia kehamilan 4 bulan? Saat USG lihat pada bagian vital janin. Beberapa organ vital pada janin sudah berkembang pesat dan berfungsi, contohnya organ jantung. Seharusnya pada usia 4 bulan ini, detak jantung bayi sudah mulai terdeteksi.

Detak jantung tersebut sudah memiliki ritme stabil dan disertai dengan perkembangan organ paru-paru yang bagus. Karena organ vitalnya mulai berkembang dan bekerja, maka banyak orang yang melakukan acara syukuran kandungan 4 bulanan agar janin sehat.

3. Sistem Pencernaan

Cara menghitung syukuran 4 bulanan dapat dilakukan dengan melihat sistem pencernaan pada janin. Sebagaimana yang terjadi pada organ vital, ketika memasuki umur 4 bulan, sistem pencernaan pada janin juga mulai berkembang.

Beberapa organ pada sistem pencernaan seperti lambung, usus besar, dan empedu sudah menunjukkan tanda-tanda perkembangan dan mulai berfungsi. Janin yang sudah berusia 4 bulan seharusnya memiliki tanda-tanda fungsional dengan baik.

Jika misalnya melalui pemeriksaan USG, janin sudah menunjukkan usia 4 bulan namun organ dan sistem pencernaannya belum ada tanda-tanda perkembangan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya.

Setelah melakukan beberapa metode untuk menghitung usia kandungan, ibu hamil bisa memastikan kapan kehamilannya berumur 4 bulan. Pada saat itulah, ibu hamil bisa mulai mempersiapkan acara syukuran 4 bulanan.

Sekalipun dapat dilakukan dengan metode yang sederhana, bagaimanapun cara menghitung syukuran 4 bulanan yang paling akurat adalah melalui pemeriksaan medis. Bukan hanya untuk menentukan kapan syukuran 4 bulanan, pemeriksaan juga bertujuan mengetahui kondisi janin.

Baca Juga: