3 Cara Menghitung Tanggal Jadian dengan Pasangan

Uinsuka.ac.id – Bagi beberapa pasangan, selalu mengingat kapan tanggal jadian adalah hal yang penting. Kini, ada cara menghitung tanggal jadian yang bisa membantu pasangan mengingatnya tanpa pusing. Tidak hanya secara manual saja, menghitung tanggal jadian juga bisa dilakukan dengan metode online.

Meskipun terlihat sepele, tapi mengingat tanggal jadian bisa dianggap sebagai bentuk kasih sayang yang tulus. Bahkan ada juga yang selalu merayakannya setiap bulan ataupun setiap tahun. Merayakan hari jadian dapat membuat hubungan lebih awet dan pasangan merasa bahagia.

Kemajuan zaman dan teknologi telah mampu menciptakan banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk alat untuk menghitung tanggal jadian. Hanya dengan beberapa langkah saja, pasangan sudah mengetahui kapan tepatnya mereka jadian tanpa harus repot menghitung kalender.

Bagaimana Cara Menghitung Tanggal Jadian?

Beberapa waktu belakangan ini sedang viral apa yang disebut dengan tren kalkulator jadian 2023. Viralnya kalkulator jadian di TikTok tersebut membuat orang penasaran dan ingin mencobanya. Apalagi cara untuk menghitung tanggal jadian ini sangat mudah dilakukan.

Selain hanya iseng saja, ada juga orang yang memang ingin mengetahui sudah berapa lama dirinya menjalin hubungan dengan pasangan. Pasangan yang sedang menjalani LDR juga bisa merasa lebih dekat ketika merayakan hari jadian bersama-sama meskipun dipisahkan oleh jarak.

Nah, penasaran bagaimana caranya untuk menghitung tanggal jadian? Yuk, segera simak petunjuknya berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi Online untuk Menghitung Tanggal Jadian

Zaman sekarang ini hampir semua persoalan dapat diselesaikan secara online melalui aplikasi. Contohnya aplikasi untuk menghitung kapan tanggal jadian secara online. Tinggal cari saja aplikasi penghitung hari jadian untuk Android maupun iPhone di internet lalu unduh di HP.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung Dosis Obat Sirup Anak Sesuai Takaran

Rekomendasi aplikasi untuk menghitung tanggal jadian di Android dan iPhone diantaranya yaitu:

  • Daycount
  • Time Until
  • The Day Before
  • Countdown Star

Setiap aplikasi tersebut disertai dengan fitur-fitur menarik dan bisa dipilih sesuai apa yang diinginkan pengguna. Aplikasi penghitung tanggal jadian telah memiliki banyak pengguna, karena dianggap lebih mudah dan praktis tanpa harus menghitung tanggal manual.

2. Gunakan Kalkulator Tanggal Jadian

Selain menggunakan aplikasi di HP, cara menghitung tanggal jadian juga bisa dilakukan dengan mudah memakai kalkulator. Dimana bisa mendapatkan kalkulator tanggal jadian? Kalkulator tanggal jadian bisa didapatkan langsung dari berbagai website yang ada di internet.

Biasanya, setelah masuk ke website kalkulator tanggal jadian tersebut, kamu tinggal masukkan saja data-data yang diminta sesuai kolom yang disediakan. Begitu tombol “Hitung” ditekan, maka sistem akan langsung memproses dan menampilkan data tanggal jadian yang diminta.

Hanya dengan memasukkan data berupa tanggal jadian dengan pasangan ke dalam kolom, maka akan dapat diketahui berapa total waktu yang telah dilalui bersama-sama dengan dia. Bahkan data yang disajikan sangat detail mulai dari detik hingga tahun. Menarik bukan?

Contoh menghitung tanggal jadian dengan kalkulator online:

  • Tanggal jadian : 1 Januari 2022

Maka lama jadian dengan pasangan yaitu : 1 tahun, 20 bulan, 633 hari, 15197 jam, 911838 menit dan 54710295 detik, dihitung pada tanggal 26 September 2023.

3. Menghitung Secara Manual

Apakah hari jadian bisa dihitung secara manual? Tentu saja bisa. Bagaimanapun tidak semua orang menggunakan gadget dan terbiasa dengan aplikasi. Jangan kuatir, karena penghitungan tanggal jadian secara manual tetap bisa dilakukan.

Tentu saja cara manual ini memerlukan waktu lebih lama daripada secara online, dan memerlukan kalender. Namun, kalau memang menghitung tanggal jadian secara manual dianggap lebih mudah daripada memakai aplikasi, tidak masalah dilakukan.

Contohnya, kalau jadian pada tanggal 1 Januari 2023, maka lamanya sudah (365 + 273) hari atau sekitar 638 hari, terhitung hingga tanggal 30 September 2023. Untuk cara manual ini memang sulit untuk menghitung detail hingga jam apalagi detik.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung KB 3 Bulan Anti Ribet 100% Mudah

Kelebihan Menghitung Tanggal Jadian dengan Kalkulator

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa salah satu cara menghitung tanggal jadian yaitu memakai kalkulator tanggal jadian. Kalkulator tanggal jadian memiliki beberapa fitur yang sekaligus menjadi kelebihannya.

Sebelum menghitung tanggal jadian menggunakan kalkulator, lihat dulu apa saja fitur dan keunggulannya berikut ini.

1. Memiliki Statistik yang Lengkap

Menghitung anniversary dengan pasangan menggunakan kalkulator jadian bisa menampilkan data statistik secara detail. Kalender pada kalkulator jadian menampilkan statistik dari detik hingga tahun, sehingga kamu bisa tahu persis berapa lama hubungan telah berjalan.

2. Tidak Memerlukan Aplikasi Tambahan

Keunggulan lainnya yaitu tidak diperlukan aplikasi tambahan lagi untuk menghitung tanggal jadian. Cukup masuk ke websitenya saja, lalu isi data pada kolom yang disediakan dan tekan tombol “Hitung”.

Dalam waktu relatif singkat, berapa lama waktu jadian dengan pasangan sudah ditampilkan dengan data yang lengkap, seperti detik, menit, jam, hari, bulan dan tahun. Cukup menggunakan website saja tanpa harus memasang aplikasi pada HP yang hanya akan membuat penuh memori saja.

3. Diakses Kapan Saja dengan Platform Apa Saja

Semua fitur pada kalkulator jadian bisa diakses kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan. Bukan hanya itu saja, kalkulator jadian bisa diakses lewat platform apa saja, baik HP maupun komputer. Caranya hanya membuka menu browser saja, lalu ketikkan “Kalkulator Jadian”

Layar akan menampilkan beberapa situs kalkulator jadian, silakan pilih salah satu dan masuk ke menu website yang tersaji. Selanjutnya, masukkan tanggal jadian seperti yang diminta pada kolom dan klik “Hitung”.

4. Mudah Digunakan

Cara menghitung tanggal jadian sangat mudah digunakan, tidak harus memiliki keahlian. Buka saja Google melalui smartphone, tablet, komputer ataupun laptop. Setelah itu, pada kolom pencarian Google tuliskan “Kalkulator Jadian” dan klik “Search”.

Setelah itu, pilih salah satu website kalkulator jadian yang ditampilkan dan masuk ke situs tersebut. sekarang, tinggal isi saja tanggal jadian pada kolom yang disediakan lalu tekan “Hitung”. Tunggulah halaman menampilkan data tanggal jadian yang dibutuhkan.

Baca Juga:  5 Cara Menghitung IMT Anak Berdasarkan Usia 2024

Aplikasi Penghitung Tanggal Jadian untuk Android dan iPhone

Kalau ingin menghitung tanggal jadian dengan mudah, gunakan saja aplikasi yang ada di Google PlayStore ataupun Appstore. Aplikasi yang bisa digunakan yaitu :

1. Day Count

Day Count adalah aplikasi untuk menghitung tanggal jadian khusus iPhone. Hingga hari ini, Day Count telah memiliki pengguna sebanyak 4 juta orang. Day Count bekerja dengan cara memberikan notifikasi setiap momen spesial, termasuk hari jadian.

Momen spesial yang ditampilkan pada notifikasi dapat diatur melalui fitur “Event” yang ada di aplikasi tersebut. Hari-hari spesial tersebut akan ditampilkan lengkap mulai dari detik hingga tahun secara lengkap.

Dengan aplikasi Count Down ini, pengguna bisa menempatkannya pada kunci layar ataupun Home. Sehingga ketika ada notifikasi bisa langsung dilihat melalui layar, berkat fitur widget pada aplikasi tersebut.

2. Time Until

Aplikasi penghitung tanggal jadian di Android yang bisa digunakan adalah Time Until. Hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakannya adalah mengatur momen spesial pada aplikasi tersebut. Atur tanggal jadian dengan pasangan lalu buat reminder dalam detik, jam, bulan dan sebagainya.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melihat tampilan perhitungan mundur tanggal jadian melalui widget pada smartphone. Jadi, tidak perlu repot membuka kunci dan aplikasinya, karena data bisa dilihat dari layar smartphone saja.

Dengan adanya berbagai cara menghitung tanggal jadian, hubungan bersama pasangan bisa menjadi lebih harmonis. Merayakan tanggal spesial bersama-sama adalah salah satu cara untuk membuat hubungan kasih sayang lebih awet dan langgeng.

Kalaupun tidak begitu mahir menggunakan aplikasi ataupun mengakses internet, perhitungan tanggal jadian masih tetap bisa dilakukan secara manual. Silakan pilih saja mana cara menghitung berapa jadian yang dianggap paling mudah dilakukan.

Baca Juga: