3 Cara Menghitung Skor UTBK SNBT yang Benar 2024

Uinsuka.ac.id – Salah satu aspek untuk bisa lolos masuk ke perguruan tinggi negeri yaitu memiliki nilai UTBK sesuai passing grade. Cara menghitung skor UTBK bisa dilakukan ketika seseorang ingin mengetahui apakah dirinya berhasil masuk ke perguruan tinggi favorit atau tidak.

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, yang harus dikerjakan oleh setiap pendaftar perguruan tinggi negeri (PTN). Tujuan UTBK adalah untuk mengukur kemampuan serta pengetahuan calon mahasiswa secara akademik.

Melalui UTBK ini dapat diketahui bahwa seorang calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan untuk mengikuti perkuliahan sesuai program pilihannya. Pelaksanaan UTBK dilakukan secara serentak oleh lembaga SNPMB di berbagai lokasi perguruan tinggi negeri.

Cara Menghitung Skor UTBK dengan Mudah

Pengumuman hasil ujian masuk PTN memang sudah berlalu sejak beberapa bulan yang lalu. Hanya saja, beberapa PTN masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti ujian masuk jalur mandiri, dengan mempertimbangkan skor UTBK sebelumnya.

Beberapa metode menghitung skor UTBK disediakan bagi calon mahasiswa, tinggal lakukan saja langkahnya sesuai intruksi yang diberikan. Metode untuk menghitung skor UTBK terdiri dari :

1. Unduh Sertifikat UTBK 2023

Skor UTBK dapat dilihat langsung melalui portal resmi SNPMB dengan cara mengunduh filenya. Setelah menyelesaikan proses pengunduhan file, maka calon mahasiswa bisa melihat berapa skor UTBK miliknya melalui sertifikat.

Langkah untuk mengunduh sertifikat UTBK 2023 dan melihat skornya yaitu :

  • Buka situs resmi SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Login menggunakan email dan kata sandi yang sudah dibuat saat melakukan pendaftaran
  • Pilih “Unduh Sertifikat”
  • Klik menu “Unduh Sertifikat Hasil”
  • Tentukan lokasi untuk menyimpan file sertifikat UTBK
Baca Juga:  Cara Menghitung PPN 11 Persen, Contoh dan Hasil

Perlu diketahui bahwa masa pengunduhan sertifikat UTBK yaitu hingga 31 Juli 2023. Jadi, seharusnya kamu sudah mengunduh sertifikatnya saat ini, sehingga dapat dipergunakan untuk mendaftarkan jalur mandiri.

2. Cara Menghitung Skor UTBK dengan Pengelompokan Nilai

Skor UTBK juga dapat dihitung dengan mengelompokkan nilai menjadi empat kategori. Keempat kelompok nilai tersebut bisa dilihat pembagiannya melalui sertifikat UTBK. Empat kategori yang dimaksud terdiri dari:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS)
  • Penalaran Matematik
  • Literasi Bahasa Indonesia
  • Literasi Bahasa Inggris

Kalau sudah, lanjutkan dengan langkah berikut ini:

  • Jumlahkan skor yang didapatkan pada kelompok TPS
  • Setelah itu tambahkan skor TPS dengan 60%
  • Kalikan hasilnya dengan 40% untuk tiga kategori lainnya

Hasil yang didapatkan merupakan skor rata-rata UTBK tahun 2023.

3. Menghitung dengan Subtes UTBK

Calon mahasiswa yang telah mengikuti UTBK untuk ujian masuk PTN, juga bisa melihat berapa skor yang diperolehnya dengan cara:

  • Hitunglah berapa skor subtes UTBK
  • Silakan membagi seluruh perhitungan dengan angka 7

Angka yang diperoleh dari perhitungan tersebut merupakan skor rata-rata UTBK tahun 2023.

Tahapan Sistem Penilaian UTBK Tahun 2023

Sejak tahun 2022 yang lalu, cara menghitung skor UTBK dilakukan dengan sistem IRT. Apa itu sistem IRT dalam UTBK? IRT adalah Item Response Theory yang merupakan sistem penilaian dengan mengacu pada perolehan skor akhir setiap butir soal berdasarkan pada tingkat kesulitannya.

IRT ini akan menentukan berapa skor akhir yang didapatkan peserta berdasarkan tingkat kesulitan soal, yang telah berhasil dijawab. Perhitungan skor UTBK berdasarkan IRT tersebut dilakukan dalam tiga tahapan, yang terdiri dari:

1. Deteksi Jawaban Benar dan Salah

Tahapan pertama penilaian UTBK yaitu dengan melihat mana saja jawaban soal yang benar dan yang salah. Jika soal berhasil dijawab dengan benar, maka poin yang diperoleh adalah 1. Sedangkan, kalau jawabannya salah maka diberikan skor 0.

Setelah itu, kemudian panitia UTBK akan melakukan pengelompokkan pada jawaban benar dan salah beserta poin yang didapatkan. Kalau tahapan ini sudah selesai dilakukan, maka panitia akan segera masuk ke tahapan kedua.

Baca Juga:  7 Cara Menghitung Lingkar Dada 100% Akurat 2024

2. Deteksi Kesulitan Soal Menggunakan Sistem IRT

Tahapan penilaian skor UTBK yang selanjutnya yaitu mendeteksi tingkat kesulitan soal menggunakan sistem IRT. Metode penghitungan dilakukan dengan melihat berapa banyak peserta yang mampu mendapatkan skor 1 dalam menjawab setiap soal.

3. Menentukan Bobot

Tahapan terakhir dalam cara menghitung skor UTBK dengan metode IRT yaitu menentukan bobot yang berhasil diperoleh peserta tes. Panitia akan menghitung skor akhir maksimal yang mampu diperoleh peserta tes.

Perlu diketahui bahwa skor maksimal akhir ini sangat mungkin berbeda pada setiap soal tes. Semakin tinggi tingkat kesulitan soal yang mampu dijawab dengan benar, maka skor yang didapatkan juga makin besar.

Pengelompokan Skor UTBK

Bagaimana cara untuk menghitung skor UTBK 2023? Menurut Youtube channel LTMPT, skor UTBK dalam SBMPTN dibagi dalam empat kelompok, yaitu:

  • Nilai minimum
  • Nilai kuartil 1
  • Nilai median
  • Nilai kuartil 3
  • Nilai maksimum

Urutanya yaitu dari yang paling kecil di urutan pertama (nilai minimum) hingga ke nilai paling besar (nilai maksimum). Kelima kelompok nilai tersebut dipengaruhi oleh nilai tertinggi dan yang terendah yang didapatkan peserta, yang didasarkan pada jumlah populasi tertentu.

Yang dimaksud dengan jumlah populasi adalah jumlah peserta tes yang ikut dalam ujian kelompok soal tertentu. Inilah yang bisa membuat skor kamu dan temanmu jadi berbeda meskipun jumlah soal yang dikerjakan sama.

Tips Agar Skor UTBK 700+

Berapa skor tinggi UTBK? Pada tahun 2023 ini, skor UTBK tertinggi lebih dari 700, walaupun ada juga PTN yang menerima peserta tes dengan nilai UTBK 500-600. Supaya bisa lebih mudah lolos ujian masuk PTN, kamu harus berusaha untuk mendapatkan skor UTBK 700 atau lebih.

Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan supaya bisa mendapatkan skor UTBK tinggi atau lebih dari 700.

1. Pahami Konsep Materi Ujian

Hal pertama yang harus dilakukan  agar skor UTBK tinggi yaitu memahami materi yang diujikan. Kerjakan latihan soal yang bervariasi supaya menjadi lebih paham dengan konsep persoalan yang disajikan. Dengan memahami konsep soal, maka akan lebih mudah untuk mengerjakannya.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung BEP Rupiah, Definisi, Rumus, Konsep

2. Gunakan Timer

UTBK adalah jenis tes yang dalam pengerjaannya dibatasi dengan waktu. Makin cepat peserta mengerjakan soalnya, seharusnya makin tinggi juga skor yang didapatkannya. Kuncinya yaitu kerjakan soal dengan benar jangan asal selesai saja.

Oleh sebab itu, supaya terbiasa, ada baiknya kamu menggunakan timer ketika mengerjakan latihan soal UTBK. Tujuannya adalah agar bisa memperkirakan berapa banyak soal yang mampu dikerjakan dengan baik dalam jangka waktu tertentu.

3. Ketahui Cara Penghitungan Skor UTBK

Calon peserta tes masuk PTN sebaiknya juga tahu bagaimana cara penghitungan skor UTBK. Kalau sudah tahu cara penghitungannya, maka calon peserta tes bisa memperkirakan berapa skor yang dapat diperolehnya dengan kemampuannya saat ini.

Jika dirasa skor yang didapatkannya masih jauh dari angka 700, maka calon peserta bisa berlatih lebih banyak soal dengan lebih hati-hati dan teliti. Setelah itu, hitung lagi berapa skor UTBK yang berhasil didapatkan, apakah sudah lebih bagus atau masih sama dari sebelumnya.

Contoh Perhitungan Skor UTBK

Seorang calon mahasiswa memiliki skor UTBK sebagai berikut :

  1. TPS :
  • PU = 554,75
  • PMB = 662, 04
  • PPU = 545,00
  • PK = 434,88
  • Rata-rata = (554,55 + 662,04 + 545,00 + 434,88) :4 = 549,17
  1. Tes Literasi
  • Bahasa Indonesia = 600,67
  • Bahasa Inggris = 450,90
  • Penalaran matematika = 560,56
  • Rata-rata = (600,67 + 450,90 + 560,56) : 3 = 537,37

Maka skor UTBK yang bersangkutan yaitu rata-rata skor TPS ditambah dengan rata-rata nilai literasi dibagi 2. Skor yang didapatkan yaitu:

  • Skor UTBK = (549,17 + 537, 37) :2 = 543,27

Cara menghitung skor UTBK berguna bagi peserta tes masuk PTN atau SBMPTN untuk memperkirakan apakah dirinya bisa lolos atau tidak. Skor UTBK dihitung berdasarkan beberapa kategori, untuk memetakan kemampuan calon mahasiswa terhadap program yang dipilihnya.

Baca Juga: