3 Kg Berapa Ons? Ini Jawaban, Cara Hitung dan Penjelasannya

Uinsuka.ac.id – Pertanyaan 3 kg berapa ons dapat dijawab dengan memahami konsep konversi satuan massa. Satuan massa yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kilogram, tetapi tidak jarang satuan massa di bawahnya juga digunakan untuk mengukur suatu objek yang lebih kecil.

Kamu mungkin pernah mendengar benda yang memiliki massa tertentu. Misalnya, berat balita 9 bulan adalah 10 kilogram lebih 5 ons. Untuk mempermudah perhitungan, ukuran tersebut diubah menjadi satuan ons. Lalu, bagaimana cara menghitungnya?

Satuan Ons yang Diterapkan di Indonesia

Tahun 1820, Belanda mendefinisikan satu ons setara dengan 100 gram. Sementara itu, di beberapa negara masih mengacu pada sistem satuan Romawi, yaitu mendefinisikan ons sama dengan 28,35 gram.

Perbedaan satuan ons dapat menyebabkan kebingungan, terutama para pedagang internasional. Oleh karena itu, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) menetapkan satu ons sama dengan 28,35 gram.

Baca Juga:  5,7 Berapa Cm? Cara Hitung, Contoh Soal dan Konversi Panjang

Sementara di Indonesia, masih mengacu pada satuan ons yang diwarisi oleh Belanda. Hal ini dipengaruhi oleh sejarah dan budaya antara kedua negara tersebut.

Konsep satuan ons ini, diperkenalkan mulai dari pelajar tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Namun, dalam perdagangan internasional, Indonesia tetap mengikuti satuan ons ISO.

Satuan Massa Kilogram, Hektogram, dan Gram

Konversi kilogram ke ons melibatkan beberapa satuan massa lainnya, yaitu hektogram dan gram. Kamu perlu memahami definisi masing-masing satuan massa tersebut.

1. Kilogram

Awalnya, kilogram didefinisikan sebagai massa dari sebuah silinder platinum-iridium atau dikenal dengan Le Grand Kilo. Silinder ini, disimpan di Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan di Prancis.

Tahun 2019, kilogram redefinisi yang didasarkan pada konstanta Planck, yaitu konstanta fisika fundamental penghubung energi kuantum dengan frekuensi cahaya.

2. Hektogram

Hektogram merupakan salah satu turunan kilogram yang masuk di dalam tangga satuan massa. Posisi satuan massa tersebut tepat berada di bawah kilogram. Ini berarti satu kilogram sama dengan 10 hektogram.

Baca Juga:  1 mL Berapa mg? Ini Cara Menghitung dan Contoh Soal

3. Gram

Dalam sistem internasional (SI), gram adalah satuan turunan dari kilogram. Satu kilogram sama dengan 1000 gram. Dalam kehidupan sehari-hari, satuna masa tersebut sering digunakan untuk mengukur massa benda-benda yang relatif kecil, seperti makanan, obat-obatan, dan bahan kimia.

Rumus Konversi dari Kg ke Ons

Rumus acuan yang digunakan untuk menghitung konversi dari kg ke ons.

1 ons = 100 gram

1 kg = 1000 gram

atau

1 ons = 1 hektogram (hg)

1 kg = 10 hg

Jawaban Pertanyaan 3 Kg berapa Ons

Kamu bisa menggunakan salah satu dari dua cara berikut ini.

Cara 1

Mengkonversi satuan massa kg ke gram

3 kg = 3000 gram

3 kg = 3000/100 ons

3 kg = 30 ons

Cara 2

Mengkonversi satuan massa kg ke hg

3 kg = 30 hg

3 kg = 30 ons

Jadi, kedua cara tersebut menunjukkan hasil 3 kg sama dengan 30 ons.

Mencari jawaban dari pertanyaan 3 kg berapa ons tidaklah sulit. Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk menghitung konversi tersebut, seperti mengubah satuan ke gram terlebih dahulu, atau menyamakan satuan ons dengan hektogram.

Baca Juga:  5 Persen dari 5 Juta Adalah Berapa? Cara Hitung dan Contoh Soal

Baca Juga: