5 Ton Berapa Kg? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain


Uinsuka.ac.id – Tahukah kamu apa itu ton? Pernahkah menggunakan satuan ton dalam kehidupan sehari-hari? Kira-kira bagaimana ya, cara menjawab soal 5 ton berapa kg?

Ton adalah salah satu satuan lokal yang digunakan untuk mendeskripsikan besaran massa. Kg, di sisi lain, merupakan satuan massa yang disepakati secara internasional. Saat bepergian ke negara lain, kamu bisa menggunakan satuan kg untuk mendeskripsikan massa agar orang lain mengerti.

Satuan ton bisa diubah ke kg dengan melakukan konversi berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia. Nah, apakah kamu tahu berapa nilai kesetaraan antara ton dan kg? Simak artikel ini dan tambah pengetahuan tentang satuan-satuan massa yang ada di Indonesia.

Jawaban 5 Ton Berapa Kg

Pernah tidak kamu berpikir antarah mana satuan massa yang lebih besar, ton atau kg? Ternyata nilai 1 ton sama saja dengan 1000 kg, lho. Artinya, satuan ton lebih besar dibandingkan kg.

Baca Juga:  Cara Hitung 3/5 + 2/10 dengan Cepat Sesuai Konsep Pecahan

Kamu bisa mengikuti panduan berikut untuk mengkonversi satuan ton ke kg:

  • Ingat bahwa satuan ton lebih besar dibanding kg.
  • Perubahan ton ke kg melibatkan perkalian.
  • Kalikan nilai yang ada pada ton dengan 1000 kg.

Sekarang, kamu bisa menyelesaikan pertanyaan yang berbunyi, “5 ton berapa kg”. Jawabannya tidak lain adalah 5000 kg. Kamu tahu kan, bagaimana cara memperoleh angka 5000 kg? Cukup kalikan saja 5 ton dengan 1000 kg sesuai dengan nilai kesetaraan antara kedua satuan tersebut.

Lantas, bagaimana jika ingin mengubah satuan kg ke ton? Misalnya, 5 kg berapa ton? Jawabannya, yaitu 5 dibagi 1000 atau setara dengan 0,005.

Contoh Soal Lain

Ton barangkali bukan satuan yang familiar untukmu. Kamu perlu lebih banyak contoh soal supaya bisa mengkonversi satuan ton ke kg dengan cepat. Cobalah perhatikan contoh-contoh soal berikut dan usahakan selesaikan sendiri sebelum melihat kunci jawabannya:

1. 2 Ton Berapa Kg

Bayangkan punya beras yang massanya 2 ton. Kira-kira, 2 ton ini setara dengan berapa kg, ya?

Baca Juga:  12 Jam Berapa Menit? Cara Hitung Satuan Waktu

Begini cara jawabnya:

2 ton = 2 x 1000 kg

= 2000 kg.

2. 0,005 Ton Berapa Kg

Suatu hari ibumu baru kembali dari bepergian ke kota. Dia membawakan mangga untukmu sebanyak 0,005 ton. Kira-kira berapa ya, nilai 0,005 ton jika diubah ke kg?

Nah, kamu perlu belajar menghitung konversi satuan yang melibatkan pecahan desimal. Jangan buru-buru menggunakan kalkulator karena jawabannya sangat gampang. Kamu bisa mengikuti trik berikut:

  • Geser koma pada angka 0,005 ke kiri atau ke kanan. Geser koma ke kiri saat pembagian dan geser ke kanan kalau operasi bilangannya berupa perkalian.
  • Setiap menggeser koma satu kali, harus menghapus satu nol pada angka 1000.
  • Jadi, hasil dari 0,005 dibagi 1000 adalah 5 kg.

Tidak sulit untuk menjawab soal semacam ini kalau sudah tahu nilai kesetaraannya. Seperti halnya pertanyaan 5 ton berapa kg yang memiliki nilai kesetaraan, soal konversi satuan yang lain pun punya kesetaraan.

error: