4 Pangkat 6 Berapa? Jawaban dan Cara Hitungnya

Uinsuka.ac.id – Bagi sebagian orang menyelesaikan soal perpangkatan merupakan pekerjaan sulit, misalnya mencari jawaban dari 4 pangkat 6 berapa. Apa kamu termasuk orang yang kesulitan menyelesaikan pertanyaan tentang bilangan berpangkat?

Jangan khawatir karena kini kamu bisa belajar lebih dalam tentang bilangan berpangkat melalui artikel ini, lho. Bilangan berpangkat merupakan salah satu dasar operasi dalam matematika sehingga perlu banget untuk memahaminya.

Bilangan berpangkat barangkali akan jarang ditemui dalam aktivitas sehari-hari, tetapi selama masih berstatus siswa, pelajaran tentang perpangkatan adalah bagian tidak terpisahkan. Jadi, jangan malas untuk memahami hitungan berpangkat, ya!

Kunci Jawaban 4 Pangkat 6 Berapa

Hal pertama yang harus dipahami, nih, ketika membahas tentang perpangkatan, yaitu pengertian bilangan berpangkat. Sudah tahu belum, apa itu bilangan berpangkat?

Bilangan berpangkat merupakan bilangan yang dikalikan secara berulang. Sederhananya nih, perpangkatan adalah perkalian berulang. Misalnya, punya angka 2 yang dipangkatkan dengan 6.

Nah, berapa jawaban yang benar dari 2 pangkat 6? Cukup kalikan 2 dengan 2 sebanyak 6 kali. Hasilnya, yaitu 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 64.

Baca Juga:  1,3 Kg Berapa Gram? Cara Konversi Satuan Berat Termudah

Sama halnya juga dengan soal 4 pangkat 6 berapa? Kamu bisa mengalikan bilangan 4 sebanyak 6 kali. Berikut cara penyelesaiannya:

46 = 4096, yang diperoleh dari 4 x 4 x 4 x 4 x 4 x 4.

Sekarang tahu dong, apa materi kunci untuk menyelesaikan soal-soal perpangkatan? Tentu saja, materi perkalian? Kamu harus banget paham tentang perkalian supaya bisa menyelesaikan perhitungan bilangan berpangkat tanpa merasa terlalu kesulitan.

Selain memahami materi perpangkatan, juga perlu teliti dalam menghitung bilangan secara berulang. Bayangkan, dari angka sekecil 4 dan 6 ternyata dapat menghasilkan angka ribuan seperti 4.096, lho, saat dipangkatkan.

Contoh Soal Lain

Kamu bisa mulai melatih keterampilan mengerjakan soal bilangan berpangkat dengan memulainya dari angka-angka tunggal yang sederhana. Latihan berulang akan membantumu paham sepenuhnya terhadap perpangkatan. Berikut contoh-contoh soalnya:

1. 2 Pangkat 3 Berapa

Begini cara jawabnya:

  • Kalikan 2 dengan 2 sebanyak 3 kali
  • Hasilnya berupa 2 x 2 x 2 = 8.

2. 3 Pangkat 1 Berapa

Pernah terpikir untuk memangkatkan suatu bilangan dengan angka 1? Kira-kira berapa ya, hasilnya?

Tentu masih ingat dong, kalau bilangan apa pun yang dikalikan dengan 1, maka hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Nah, hal ini juga berlaku dalam operasi matematika perpangkatan.

Baca Juga:  18 Persen Diubah Menjadi Pecahan Biasa Hasilnya Berapa?

Bilangan apapun yang kamu pangkatkan dengan satu, maka hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Contohnya, nih berapa hasil dari 3 pangkat 1?

Begini cara jawabnya:

31 = 3

Ingat bahwa pangkat adalah perkalian berulang. Jadi kalau pangkatnya cuma 1, maka tidak ada bilangan yang harus dikalikan lagi secara berulang.

Menjawab pertanyaan 4 pangkat 6 berapa atau pertanyaan serupa lainnya memerlukan ketelitian. Kamu juga perlu menguasai materi perkalian agar tidak melulu bergantung dengan kalkulator.