80 cm Berapa Meter? Cara Hitung Konversi Cm ke M

Soal 80 cm berapa meter berkaitan dengan bab hitung satuan panjang. Untuk menghitung panjang objek terkadang harus menggunakan konversi satuan yang berbeda. Seperti cm ke meter atau meter ke cm. Dua jenis satuan panjang ini sangat umum dipakai untuk menunjukkan hitungan panjang suatu objek.

Dasar perhitungan nilai konversi dari cm ke meter adalah dengan melihat tingkatan jenis satuan panjang ini. Jika dilihat dari tangga meteran yang sering dipelajari di bangku sekolah, satuan centimeter atau cm letaknya dua tingkat di bawah satuan meter.

Cara Mudah Hitung 80 cm Berapa Meter

80 cm sama dengan Berapa Meter

Menghitung konversi satuan cm menjadi meter atau sebaliknya, sebenarnya bisa menggunakan rumus yang singkat dan mudah. Namun sebelum itu kamu harus hafal dan paham tentang tangga meteran yang bisa jadi acuan hitung dalam rumus konversi satuan panjang.

Baca Juga:  1000 mL Berapa kg? Cara Menghitung dan Contohnya Lengkap

Berikut ini adalah urutan satuan berdasarkan tangga meteran secara umum:

  • Kilometer simbolnya km
  • Hektometer simbolnya hm
  • Dekameter atau dam
  • Meter disimbolkan dengan m
  • Desimeter disimbolkan dm
  • Centimeter atau cm
  • Dan milimeter atau mm

Dari urutan tangga meteran di atas bisa dilihat bahwa jarak cm ke meter harus naik 2 kali. Dalam pembahasan konversi satuan panjang sering dikenal adanya prinsip naik dan turun menggunakan metode pembagian dan perkalian. Hal ini juga berlaku untuk tangga meteran.

Nilai konversi awal yang akan dikonversi ke satuan yang lebih tinggi artinya harus naik dan harus menggunakan metode pembagian. Tiap naik harus dibagi dengan 10. Sebaliknya jika nilai konversi awal lebih tinggi dibandingkan konversi akhir maka nilai tersebut dikali dengan bilangan 10.

Karena cm ke meter naik dua tingkat, maka nilai cm harus dibagi dengan bilangan 100. Dengan begitu dapat diperoleh rumus menghitung 80 cm berapa meter adalah:

Cm ÷ 100, lalu 80 ÷ 100 = 0,80 meter.

Cara Hitung Konversi Cm ke M Dalam Bentuk Desimal

Menghitung nilai konversi dari satuan cm ke satuan meter memang bisa dilakukan dengan rumus dasar pembagian dengan bilangan 100. Hal tersebut karena pada dasarnya arti dari centimeter adalah 1/ 100. Namun ternyata konversi cm ke meter juga bisa dilakukan dengan mendesimalkan bilangan tersebut.

Baca Juga:  2 Kg Berapa Gram? Cara Menghitung dan Contoh Soal Cerita

Caranya juga sangat simpel dan sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Cari Titik Desimal

Mencari titik desimal pada bilangan adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Namun bagaimana jika bilangan yang akan dikonversi tersebut bukanlah bilangan desimal? Kamu bisa menghitung konversi ini dengan menjadikan bilangan non-desimal menjadi desimal.

80 cm ubah menjadi 80,0 cm..

2. Geser Titik Desimal

Kemudian geser titik desimal hingga dua langkah ke arah kiri atau ke depan. Sehingga didapatkan nilai 0,80.

Jadi 80 cm berapa meter, jawabannya bisa dicari dengan menggunakan metode ubah dan geser desimal serta pembagian langsung dengan bilangan 100. Sehingga hasil akhir konversi soal ini adalah 0,80 meter.

Baca Juga: