3 Kg Berapa Gram? Ini Cara Menghitung dan Konversinya

uinsuka.ac.id – Hasil dari 3 kg berapa gram dapat dikerjakan dengan cara yang mudah. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan satuan berat, yakni kilogram dan gram. Sebagai orang awam, kamu akan menemui penggunaan satuan ini dalam berbagai kegiatan baik di rumah, sekolah, maupun pasar.

Satuan kilogram dan gram juga tergolong dalam satuan resmi pada sistem internasional. Tak heran bila penggunaanya hampir digunakan pada semua aktivitas, baik skala kecil maupun skala besar. Pada penerapannya, setiap nilai satuan memiliki perbandingan yang berbeda-beda.

Materi perhitungan satuan berat ini seringkali dijumpai pada soal-soal cerita. Untuk mengerjakan soal cerita, dibutuhkan langkah pengerjaan yang sistematis sehingga soal dapat dikerjakan dengan baik. Menyederhanakan bentuk soal dapat dilakukan untuk langkah pertama pengerjaannya.

Perhitungan Sistematis Hasil dari 3 Kg Berapa Gram

Sama halnya dengan tangga satuan panjang, satuan massa juga tersusun atas tujuh satuan. Tujuh satuan massa adalah kg (kilogram) – hg (hektogram/ons) – dag (dekagram) – g (gram) – dg (desigram) – cg (sentigram) – mg (miligram). Kamu bisa dengan mudah menghafalkan bentuk akronimnya.

Baca Juga:  5 Persen dari 100 Ribu Adalah? Ini Rumus Hitung dan Contohnya

1. Menghitung 1 Kg Berapa Gram

Benda yang memiliki berat 1 kg lebih berat dibandingkan dengan benda yang memiliki berat 1 g. Hal ini disebabkan karena kilogram berada pada urutan pertama tangga satuan berat sedangkan gram berada pada urutan keempat. Untuk setiap konversi menurun kamu dapat mengalikannya dengan angka 10.

Saat ingin mengubah kilogram ke gram kamu dapat mengalikannya dengan 1.000. Perkalian tersebut dilakukan karena terdapat tiga satuan yang harus dilewati dari kg ke gram secara menurun. Langkah singkatnya, kamu dapat memahami penjelasan di bawah ini dengan seksama.

  • 1 kg = 10 hg (ons)
  • 1 kg = 100 dag
  • 1 kg = 1.000 g
  • 1 kg = 10.000 dg
  • 1 kg = 100.000 cg
  • 1 kg = 1.000.000 mg

2. Menghitung 3 Kg Berapa Gram

Mengerjakan hasil dari 3 kg dijadikan gram, dapat dihitung dengan memahami bahwa satu kilogram senilai dengan seribu gram. Setelah memahami hal tersebut, kamu bisa mengalikannya dengan angka 3. Maka hasil dari 3 kilogram x 1.000 gram sama dengan 3.000 gram.

  • 1 kg = 1.000 g
  • 3 kg = 1.000 x 3 = 3.000 g
Baca Juga:  Berapa 20 Persen dari 2 Juta? Ini Cara Hitung dan Contohnya

Lalu bagaimana cara menghitung untuk soal lain? Misalnya ketika Ibu berbelanja telur 5 kilogram di pasar, berapa hasil dari 5 kilogram bila diubah dalam bentuk gram? Langkah sebelumnya dapat kamu terapkan secara langsung, yakni mengalikan 5 dengan angka 1.000.

  • 1 kg = 1.000 g
  • 5 kg = 1.000 x 5 = 5.000 g

Itulah langkah sistematis yang dapat kamu lakukan untuk mengerjakan hasil dari 3 kg berapa gram. Soal matematika terasa mudah bila sudah memahami konsep pengerjaannya. Pemahaman mengenai satuan berat dapat diaplikasikan dalam kegiatan sederhana seperti saat membeli beras dan telur.

Cara menghitung 1 kg ke gram adalah dengan cara mengalikannya dengan seribu. Untuk soal dengan nilai lain, perubahan dari kilogram ke gram tetap dilakukan dengan cara mengalikannya dengan seribu. Kamu hanya perlu memperhatikan angka yang terdapat pada soal.