1,7 Meter Berapa Cm? Rumus Konversi Satuan Panjang

Dalam ilmu matematika semua pembahasan sangat penting dipelajari, termasuk salah satunya ada soal konversi satuan panjang seperti 1,7 meter berapa cm? Soal konversi ini mungkin terlihat sepele namun ada sebagian orang yang merasa bingung dengan cara hitungnya.

Sebenarnya cara menyelesaikan soal sejenis ini cukup simple. Namun kamu harus paham dulu posisi konversi yang akan dikerjakan. Dalam hal ini tak lain adalah posisi antara meter dengan centimeter. Dua satuan panjang ini cukup sering digunakan dalam praktek nyata.

Mengenal Hubungan Meter dan Centimeter

Sebelum menyelesaikan soal konversi sebagaimana yang disebutkan di atas, kamu perlu memahami bahwa Dalam ilmu konversi ada yang namanya posisi tingkatan satuan yang dalam hal ini adakah satuan panjang. Meter dan centimeter memang punya keterkaitan yang cukup dekat.

Baca Juga:  150 Mm berapa Cm? Konversi Satuan Panjang & Cara Hitung

Pasalnya kedua satuan ini sering kali saling dikonversikan untuk kebutuhan praktek nyatanya. Di berbagai kasus pengukuran panjang suatu objek kedua satuan panjang ini juga paling sering dipakai. Meskipun punya keterkaitan sangat dekat, namun posisi meter dan centimeter tidak berdempetan.

Dalam tangga meteran sendiri, kedua satuan panjang ini dipisahkan oleh desimeter atau dm dengan posisi meter lebih tinggi dibandingkan centimeter. Untuk itu jika ingin mengonversi meter ke centimeter harus turun dulu dua langkah.

Menyelesaikan Soal 1,7 Meter Berapa Cm Secara Sederhana

Setelah mengenal hubungan keterkaitan antara meter dan centimeter, kamu bisa lanjut menyelesaikan soal konversi dari meter ke centimeter. Cara yang bisa digunakan juga terbilang sangat sederhana. Berikut di bawah ini adalah beberapa tahapannya:

Ketahui Posisi Kenaikan atau Penurunan Konversi Berdasarkan Tangga Meteran

Dalam tangga meteran, terdapat penurunan dan kenaikan konversi satuan yang satu ke satuan yang lainnya. Dari naik dan turunnya satuan panjang tersebut terdapat prinsip atau sistem hitung perkalian dan pembagian.

Baca Juga:  1,4 Ton Berapa Kg? Cara Hitung dan Jawabannya

Sistem pembagian terjadi apabila satuan awal posisinya lebih rendah dan harus dikonversi ke satuan yang lebih tinggi. Artinya metode pembagian nilai konversi hanya terjadi pada kondisi konversi naik.

Sedangkan sistem perkalian terjadi apabila satuan awal posisinya lebih tinggi dan harus dikonversi ke satuan yang lebih rendah. Dengan kata lain konversi turun 1,7 meter berapa cm menggunakan metode perkalian.

Aplikasikan Metode Perkalian untuk Penurunan Konversi

Jika dilihat dari tingkatan pada tangga meteran, sudah pasti meter lebih tinggi dari centimeter sehingga harus menggunakan metode perkalian. Dalam hal ini nilai yang akan dikonversi harus dikalikan dengan bilangan 10 tiap turun satu tingkat.

Sedangkan dari meter ke centimeter turunnya sebanyak 2 tingkat jadi harus × 10 × 10 atau singkatnya dikali dengan 100. Untuk implementasinya menjadi:

Centimeter = nilai meter × 100

Centimeter = 1,7 × 100 = 170

Dari implementasi penyelesaian soal di atas, maka 1,7 meter sama nilainya dengan 170 centimeter.

Menjawab 1,7 meter berapa cm memang bisa diselesaikan dengan sangat sederhana dan dengan metode yang cepat. Sebagaimana solusi di atas, kamu bisa coba konversi satuan yang lain menggunakan prinsip penyelesaian soal yang sama.

Baca Juga:  15 Cm Berapa Meter? Menghitung Konversi Cm ke m

Baca Juga: