2 Km Berapa Meter? Memahami Kilometer dan Meter

Uinsuka.ac.id – Saat memperhitungkan jarak, kamu mungkin sering dihadapkan pada pertanyaan seperti 2 km berapa meter? Pasalnya, dua jenis satuan panjang ini merupakan satu kesatuan dari jenis satuan yang sama, yaitu satuan panjang dan jarak. Perhitungan km ke meter juga sering ada dalam keseharian.

Sebelum menghitung kilometer ke meter, kamu harus tahu dulu bahwa kedua satuan jarak atau panjang ini punya keterkaitan yang cukup dekat. Keduanya bisa dikonversi satu sama lain. Untuk menghitung konversi antara dua satuan jenis ini juga terdapat rumus yang akan memudahkanmu.

Memahami Kilometer dan Meter

Sebelum lanjut ke pembahasan untuk menjawab soal konversi 2 km yang diubah ke meter, kamu harus paham dulu yang dimaksud dengan kilometer dan meter. Kilometer sering disingkat dengan km, sedangkan meter disingkat dengan m.

Kilometer memiliki awal kata “kilo” yang punya arti seribu. Sedangkan meter sendiri adalah kata dasar dari sebuah satuan jarak dan panjang. Jadi bisa dikatakan bahwa kilometer artinya 1000 meter.

Baca Juga:  3 Pangkat 7 Berapa Hasilnya? Cara Menghitung dan Rumusnya

Sebenarnya dari pengertian kilometer sendiri pun jawaban untuk konversi dari km ke meter sudah bisa dijawab dengan mudah. Akan tetapi agar hasilnya lebih kredibel, kamu bisa memahami rumus hitung yang disesuaikan dengan fakta satuan panjang dan jarak ini.

Menghitung 2 km Berapa Meter Secara Praktis

2 Km sama dengan berapa meter

Setelah mengenal dan memahami apa itu kilometer dan meter, selanjutnya kamu bisa beralih ke pembahasan lebih mendetail untuk menyelesaikan soal tentang konversi kilometer ke meter. Berikut ini adalah step yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan soal tersebut:

1. Pelajari Tangga Satuan

Dalam pembahasan satuan jarak dan panjang, tidak hanya kilometer dan meter yang akan dipelajari. Ada beberapa jenis satuan lain yang juga punya keterkaitan dengan kedua satuan ini. Semua satuan ini terangkum dalam sebuah tangga yang berisi tingkatan satuan.

Tangga yang dimaksud adalah tangga meteran atau tangga satuan. Dalam tangga satuan, level atau tingkatan paling atas ada kilometer dan tingkatan paling bawah ada milimeter. Untuk mengetahui jarak kilometer ke meter bisa dilihat berikut:

  1. Kilometer
  2. Hektometer
  3. Dekameter
  4. Meter
  5. Desimeter
  6. Centimeter
  7. Milimeter
Baca Juga:  Cara Menghitung Keliling Persegi dan Contoh Soal

Untuk menyelesaikan soal konversi dari kilometer ke meter maka harus turun tingkatan sebanyak 3 tingkatan.

2. Gunakan Rumus Hitung Konversi

Saat satuan awal posisinya lebih tinggi maka untuk konversi ke posisi satuan yang lebih rendah harus dikalikan dengan 10.

Perkalian 10 ini sifatnya kelipatan sesuai dengan banyaknya penurunan tingkatan satuan. Misalnya dalam hal ini ditanyakan 2 km berapa meter? Maka untuk menjawabnya, angka 2 harus dikalikan dengan 1000 yang asalnya dari 10 × 10 × 10.

Maka 2 × 1000 = 2000. Sehingga dari sini sudah diperoleh jawaban bahwa 2 km adalah sama dengan 2000 meter.

Dari detail penjelasan di atas bisa diperoleh cara yang sangat mudah dan cepat untuk menyelesaikan soal konversi seperti 2 km berapa meter. Rumus di atas juga bisa diaplikasikan untuk contoh soal lain yang sejenis.

Baca Juga: