6 Cara Menghitung Diagram Lingkaran Persen, 4 Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Kumpulan data akan merepresentasikan suatu hasil. Namun, hasil tersebut sulit untuk diketahui jika data tidak divisualisasikan dengan baik, salah satunya dengan pembuatan diagram lingkaran. Nah, artikel ini secara khusus akan membahas tentang cara menghitung diagram lingkaran persen.

Secara umum, diagram lingkaran adalah penyajian (visualisasi) data yang berbentuk lingkaran. Selain lingkaran, juga terdapat diagram lain seperti diagram batang, titik, garis, hingga histogram. Untuk diagram lingkaran, ada yang berbentuk angka, derajat, dan persen.

Ketiga bentuk diagram lingkaran tersebut memiliki rumus serta perhitungan yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar tampilan atau besar sudut tiap bagian akan terlihat sama. Cara membaca dan membuat diagram lingkaran tergolong mudah meskipun penulisannya agak panjang.

Pengertian Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran persen adalah visualisasi data dalam bentuk diagram lingkaran dengan perhitungan persen.

Artinya, besar sudut setiap bagian yang mewakili data dalam lingkaran tergantung pada hasil persentasenya. Satu lingkaran penuh memiliki persentase sebanyak 100%. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghitung diagram lingkaran persen.

Manfaat Diagram Lingkaran

Manfaat pembuatan diagram lingkaran persen adalah untuk membuat data lebih mudah dan cepat untuk dipahami, tampilan lebih menarik, dan untuk menarik minat pembacanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, diagram ini juga sering digunakan menunjukkan alokasi penjualan barang dalam suatu perusahaan. Selain itu, juga sebagai representasi merek yang paling laku di pasaran, pertumbuhan keuntungan bisnis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Keliling Lingkaran dan Contoh Soal

Cara Menghitung Diagram Lingkaran Persen

Sebelum menghitung, harus tahu cara membuat diagram lingkaran persen terlebih dahulu. Nah, adapun tata caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, siapkan atau tentukan data yang akan dibuat diagram. Akan tetapi, jika gambarnya sudah ada, maka langsung ke cara kedua
  • Kedua, tentukan nilai yang diketahui dan ditanyakan
  • Hitung persentase bagian lingkaran yang ditanyakan menggunakan rumus:

Nilai bagian yang ditanyakan = (persentase nilai bagian/100%) x total nilai

Atau

Persentase = (nilai data / total nilai) x 100%

  • Tentukan besar sudut bagian dalam lingkaran berdasarkan hasil persentase
  • Tuliskan keterangan pada setiap bagian diagram lingkaran dengan jelas dan rapi
  • Terakhir, jika ingin terlihat lebih menarik, beri warna yang berbeda pada setiap bagian dalam diagram

Contoh Soal Diagram Lingkaran Persen

1. Contoh 1

Pada kelas XA terdapat 40 siswa. Siswa yang menyukai pelajaran Matematika ada 4 orang, Bahasa Indonesia dan Agama masing-masing 8 orang, Olahraga 15 orang, dan IPA 5 orang.

Hitung persentase masing-masing mata pelajaran gambarkan diagram lingkaran dari data tersebut.

Jawab:

Diketahui:

  • Total Siswa kelas XA      = 40 orang
  • Matematika                   = 4 orang
  • Bahasa Indonesia          = 8 orang
  • Agama                          = 8 orang
  • Olahraga                       = 15 orang
  • IPA                                = 5 orang
Baca Juga:  30 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung dan Jawabannya

Ditanyakan: Persentase dan gambar diagram?

Penyelesaian:

Menghitung persentase:

Pada kelas XA terdapat 40 siswa. Siswa yang menyukai pelajaran Matematika ada 4 orang, Bahasa Indonesia dan Agama masing-masing 8 orang, Olahraga 15 orang, dan IPA 5 orang

Membuat diagram:

Data hasil persentase setiap mata pelajaran, dapat menjadi acuan untuk membuat diagram lingkaran. Caranya yaitu dengan membagi setiap bagian sesuai nilai persentase seperti berikut.

Data hasil persentase setiap mata pelajaran, dapat menjadi acuan untuk membuat diagram lingkaran. Caranya yaitu dengan membagi setiap bagian sesuai nilai persentase seperti berikut.

2. Contoh 2

Diagram lingkaran di bawah ini menunjukkan data penjualan pada Toko ABC pada bulan Desember. Jika total pakaian yang terjual adalah 500 buah, tentukan banyaknya masing-masing barang terjual setiap jenisnya!

Diagram lingkaran di bawah ini menunjukkan data penjualan pada Toko ABC pada bulan Desember. Jika total pakaian yang terjual adalah 500 buah, tentukan banyaknya masing-masing barang terjual setiap jenisnya

Jawab:

Jadi, jumlah masing-masing barang yang terjual pada toko tersebut adalah topi 60 buah, celana 90 buah, sepatu 100 pasang, dan baju 225 buah.

Jadi, jumlah masing-masing barang yang terjual pada toko tersebut adalah topi 60 buah, celana 90 buah, sepatu 100 pasang, dan baju 225 buah.

3. Contoh 3

Ayah memiliki uang sebanyak Rp800.000. Ia ingin membagikannya kepada lima anaknya. Raka mendapatkan bagian 32%, Syahira 14%, Rista 26%, Adzana 8%, dan sisanya untuk Kahfi. Berapa banyak uang yang diterima Kahfi dari ayah?

Jawab:

Diketahui:

  • Uang ayah        = Rp800.000
  • Raka                 = 32%
  • Syahira             = 14%
  • Rista                 = 26%
  • Adzana             = 8%

Ditanyakan: Jumlah uang yang diterima Kahfi?

Penyelesaian:

Pertama, cari persentase uang Kahfi dengan cara 100% dikurangi dengan jumlah persentase uang saudara Kahfi lainnya.

Persentase uang Kahfi  = 100% – (32% + 14% + 26% + 8%)

= 100% – (32 + 14 + 26 + 8) %

= 100% – (80) %

= 100% – 80%

= 20%

Selanjutnya, mencari uang Kahfi:

Jadi, jumlah uang yang diterima Kahfi dari ayah adalah Rp160.000

Jadi, jumlah uang yang diterima Kahfi dari ayah adalah Rp160.000

4. Contoh 4

Pak Tarno memiliki lahan kebun yang sangat luas untuk menanam berbagai jenis buah. Tahun ini, ia berhasil memanen mangga, apel, jambu, jeruk, semangka, dan durian sesuai yang tertera pada diagram lingkaran.

Baca Juga:  25 Menit Berapa Detik? Cara Menghitung dan Konversi Satuan

Hitunglah jumlah hasil panen masing-masing buah yang belum diketahui serta total buah keseluruhan!

Pak Tarno memiliki lahan kebun yang sangat luas untuk menanam berbagai jenis buah. Tahun ini, ia berhasil memanen mangga, apel, jambu, jeruk, semangka, dan durian sesuai yang tertera pada diagram lingkaran

Jawab:

Diketahui:

  • Mangga           = 500 buah
  • Jambu              = 18%
  • Apel                 = 8%
  • Semangka        = 22%
  • Durian              = 12%
  • Jeruk                = 15%

Penyelesaian:

Perlu diperhatikan bahwa mangga tidak memiliki persentase, akan tetapi memiliki nilai. Berdasarkan diagram, bagian mangga membentuk seperempat bagian dari lingkaran. Oleh karena itu, total buah yang sudah dipanen dapat dihitung, caranya:

Perlu diperhatikan bahwa mangga tidak memiliki persentase, akan tetapi memiliki nilai. Berdasarkan diagram, bagian mangga membentuk seperempat bagian dari lingkaran. Oleh karena itu, total buah yang sudah dipanen dapat dihitung, caranya

Nah, total buah tersebut dapat digunakan untuk mencari jumlah masing-masing buah seperti berikut.

Jadi, jumlah jambu ada 360 buah, apel 160 buah semangka 440 buah, durian 240 buah, jeruk 300 buah, dan mangga 500 buah. Adapun total panen keseluruhan dari kebun Pak Tarno adalah 2.000 buah.

Jadi, jumlah jambu ada 360 buah, apel 160 buah semangka 440 buah, durian 240 buah, jeruk 300 buah, dan mangga 500 buah. Adapun total panen keseluruhan dari kebun Pak Tarno adalah 2.000 buah.

Diagram lingkaran persen adalah cara penyajian data berbentuk lingkaran yang dilengkapi dengan keterangan setiap bagian dalam persen. Meskipun jarang muncul dalam soal, tapi perlu diingat bahwa satu lingkaran penuh memiliki persentase 100%.

Cara menghitung diagram lingkaran persen hanya menggunakan rumus dan operasi matematika sederhana. Rumus mencari persentase adalah (nilai data / total nilai) x 100%. Sementara untuk mencari nilai bagian tertentu = (persentase nilai bagian / 100%) x total nilai.

Baca Juga: