1,16 Berapa Persen? Cara Mengubah Pecahan Desimal ke Persen

Uinsuka.ac.id – 1,16 berapa persen? Mengubah pecahan desimal dalam bentuk persen atau sebaliknya bukan menjadi hal sulit dilakukan. Langkahnya memang cukup sederhana karena hanya mengalikan bilangan tersebut dengan angka 100.

Meskipun cukup sederhana, nyatanya masih banyak yang bingung dalam perhitungan matematika ini. Sebaiknya simak penjelasan terkait perhitungan beserta contoh soalnya dalam artikel ini.

Cara Menjawab 1,16 Berapa Persen

1. Perhitungan Pecahan Desimal ke Persen

Desimal bisa dibilang merupakan suatu bilangan dengan per sepuluh angka dan berlaku kelipatannya. Bilangan ini umumnya akan dituliskan dengan koma untuk dijadikan tanda bilangan bulat beserta pecahannya.

Misalnya, desimal dengan 1 angka dibelakang koma seperti 0,1 berarti bentuk pecahannya 1/10. Namun jika desimal memiliki dua angka dibelakang koma maka pecahannya adalah 1/100. Fungsi desimal sendiri adalah untuk menyederhanakan suatu bilangan pecahan.

Sementara itu, persen merupakan suatu bentuk yang menyatakan pecahan memiliki penyebut seratus atau perseratus. Cara mengubah desimal menjadi persen berarti dikalikan dengan 100%. Agar semakin jelas, sebaiknya simak terlebih dahulu rumus yang paling umum berikut ini:

Baca Juga:  2 Cara Menghitung Keliling Lingkaran dan Contoh Soal

a x 100

Berdasar rumus tersebut, perhitungannya adalah nilai bilangan dikali dengan 100. Rumus ini harus dikuasai dengan tepat agar bisa menguasai operasi hitungan pecahan.

2. Cara Menjawab

Mengubah pecahan desimal dalam bentuk persen dapat dilakukan menggunakan rumus. Kamu harus selalu ingat bahwa persen merupakan perseratus yang dinyatakan dalam simbol %. Sebagai contoh, bilangan 1,16 diubah dalam bentuk persen maka perhitungannya 1,16 berapa persen seperti ini:

Rumus = a x 100

= 1,16 x 100

= 116%

Jadi, bentuk persen dari 1,16 adalah 116%.

Contoh Perhitungan Bilangan Desimal ke Persen

Sebagai bahan untuk mempelajari operasi matematika ini, selanjutnya akan dibagikan sejumlah contohnya. Namun, khusus pada contoh kali tidak perlu dikalikan dengan angka 100 sehingga memang cukup praktis.

Kamu hanya perlu menggunakan dua angka yang ada di belakang koma untuk dijadikan persen. Hal ini karena dua angka yang terletak di belakang koma juga bisa diartikan perseratus.

  • Bilangan desimal 0,75 sama dengan 75/100, maka bisa diubah langsung menjadi 75%.
  • Bilangan desimal 0,2 hanya memiliki satu angka dibelakang koma. Berarti harus diubah sampai memiliki dua angkat di belakang koma sehingga 0,20. Bentuknya adalah 20/100 sehingga hasilnya adalah 20%.
  • Bilangan desimal 2,54 maka bisa diubah secara langsung menjadi 254%.
  • Bilangan desimal 0,3678 sebaiknya dibulatkan terlebih dahulu sehingga memiliki dua angka dibelakang koma, yaitu 0,37. Jika diubah dalam bentuk persen maka hasilnya adalah 37%.
  • Bilangan desimal 4,26 maka jika diubah dalam bentuk persen adalah 426%.
  • Bilangan desimal 1,55 jika diubah menjadi bentuk persen adalah 155%
Baca Juga:  1 Ons Berapa Gram? Cara Hitung Cepat dan Jawbannya

Mengubah pecahan bilangan menjadi persen memang hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Maka dari itu, soal 1,16 berapa persen tentu dapat dikerjakan secara mudah. Sangat disarankan untuk selalu latihan karena bisa mempercepat dalam menyelesaikan soal.