5 Persen dari 4 Juta Berapa? Ini Cara Hitung dan Contoh Lainnya


Uinsuka.ac.id – Apakah kamu masih bingung cara menghitung 5 persen dari 4 juta? Persen merupakan perbandingan yang menjelaskan besar sebuah bagian dari 100. Bilangan perseratus disebut dengan persen. Simbol persen yaitu %.

Menghitung persentase merupakan hal yang wajib kamu kuasai, karena sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang mungkin belum tahu cara menghitung persentase, yuk pelajari bersama dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa itu Persen?

Sebelum masuk ke pembahasan cara menghitung persen, terlebih dahulu pahami apa itu persen. Persen umumnya dipakai untuk menggambarkan suatu data persentase.

Persen cukup berguna di kehidupan sehari-hari. Kegunaannya bisa ditemukan di berbagai bidang, seperti data statistik, menentukan besaran persentase suku bunga, penawaran diskon ang ada di pusat perbelanjaan, penghitungan pajak, dan lain sebagainya.

Besarnya persen ini dilambangja dengan “%” yang memiliki makna satu per seratus. Contohnya, 60 persen sama dengan 60/100. Persentase juga bisa disebut “dari 100” ataupun “untuk setiap 100”.

Baca Juga:  1 Cth Berapa mL? Cara Mengukur dan Dosis Takaran Obat

Contohnya kamu bisa mengatakan bahwa “salju turun dalam 20 hari tiap 100 hari”, maka bisa dikatakan juga dengan “salju turun dalam 20% tiap saat”.

Persentase juga bisa ditulis dengan desimal. Contohnya 27% bisa ditulis dengan 0,27, 27/100, atau 27 perseratus. Kamu bisa menemukan bentuk desimal dari persen dengan cara membagi persentasenya dengan 100.

Menghitung 5 Persen dari 4 Juta

Persentase merupakan nilai suatu perbandingan. Pada dasarnya, persen adalah sebuah bentuk bilangan yang menjelaskan berapa bagian dari jumlah data yang ada. Besar perbandingan yang dipakai dalam persentase yaitu perseratus.

Jika ada pertanyaan berapa 5 persen dari 4 juta? Maka, untuk menghitung nilai 5% dari 4 juta, gunakan rumus.

Jumlah = persentase x jumlah total

Jadi, untuk menghitung 5% dari 4 juta yaitu 5/100 x 4.000.000 = 200.000

Contoh Lain Menghitung Persen

Agar lebih paham dengan perhitungan persen, simak beberapa contoh soal lengkap dengan pembahasannya berikut ini.

1. Soal 1

Sebuah kota mempunyai jumlah penduduk sebanyak 1.500. Setelah diadakan survei, ternyata 30% penduduknya yaitu pendatang baru. Hitung jumlah pendatang baru yang ada di kota tersebut?

Baca Juga:  20 Ons Berapa Kilogram? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Jawab:

Jumlah = presentase x jumlah total

Jumlah = 30% x 1500 = 450 orang.

2. Soal 2

Sebuah baju yang dijual di Mall memiliki harga Rp450.000. Dikarenakan mendekati momen lebaran, harga baju tersebut memperoleh diskon sebesar 20%. Berapa besaran diskon yang diberikan?

Jumlah = presentase x jumlah total

Jumlah = 20% x 450.000 = 90.000

3. Soal 3

Dalam sebuah kelas, yang mendapatkan nilai ujian matematika di atas KKM yaitu sebanyak 70% dari seluruh siswa. Jika di kelas tersebut ada 30 siswa, berapa banyak siswa yang mendapat nilai di atas KKM?

Jumlah = persentase x jumlah total

Jumlah = 70/100 x 30 = 21.

Terjawab sudah pertanyaan 5 persen dari 4 juta. Dalam menghitung persen, agar lancar menjawabnya, kamu perlu menghafal perkalian terlebih dahulu karena kamu akan menghitung memakai perkalian persen.

error: