0,6 Meter Berapa Cm? Cara Hitung Konversi Satuan Panjang


Uinsuka.ac.id – Menjawab pertanyaan 0,6 meter berapa cm merupakan perkara mudah. Kamu harus paham terlebih dahulu konsep satuan panjang. Seperti yang diketahui, meter dan cm menjadi contoh satuan panjang yang ada dalam Satuan Internasional (SI).

Untuk mempermudah dalam perhitungan konversi satuan panjang ini, biasanya digunakan tabel atau tangga yang berisi satuan ukuran panjang.

Jika mengonversi satuan panjang dengan memakai tangga, maka setiap naik satu tangga nilainya dibagi 10. Sebaliknya, jika turun satu tangga nilainya dikali dengan 10. Untuk pembahasan lebih lengkap, simak artikel ini hingga selesai.

Macam-Macam Satuan Ukur Panjang

1. Kegunaan

Dalam matematika, terdapat materi tentang satuan panjang yang mana ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembahasan kali ini akan belajar mengenai satuan meter dan cm.

Satuan meter paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam pengukuran panjang atau lebar rumah, tanah, kain, dan lainnya. Selain satuan meter, terdapat satuan yang banyak dipakai, yaitu centimeter (cm).

Baca Juga:  4 Cara Menghitung Volume Kerucut, Luas, 5 Contoh Soal

Satuan cm biasa dipakai untuk mengukur panjang atau lebar benda yang ukurannya lebih kecil. Contohnya kertas, buku, seprai, dan lainnya.

2. Konversi Satuan

Kamu harus paham mengenai konversi nilai dari satu satuan panjang ke satuan panjang yang lain. Selain meter dan cm, ada satuan panjang lainnya. Jika diurutkan yaitu km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm.

Dengan menggunakan tangga ukuran satuan panjang, maka mengonversi satuan panjang ini bisa dilakukan dengan mudah. Aturannya, apabila turun tangga, maka nilainya dikalikan 10 setiap anak tangga. Tapi, jika konversinya naik tangga maka nilainya dibagi 10 setiap anak tangga.

Menghitung 0,6 Meter Berapa Cm?

Menjawab pertanyaan 0,6 meter berapa cm dapat dilakukan dengan mudah dan cara menghitungnya tidak begitu rumit. Seperti yang kita ketahui bahwa posisi kedua satuan ini ada dalam satu tangga satuan panjang. Namun, posisi meter 2 tingkat lebih tinggi dari cm.

Dalam pengukuran, jika satuan yang akan dikonversikan memiliki posisi lebih tinggi, maka caranya menghitungnya dengan dikalikan.

Baca Juga:  1500 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Tangga Satuan Panjang

Misalnya mengubah 3 meter menjadi cm, yang mana kedua satuan ini mempunyai jarak turun dua tangga. maka menurut konversinya, nilai meter dikalikan dengan 100.

Jadi jika kamu ingin menghitung pertanyaan 3 meter berapa cm, maka tinggal mengalikannya dengan 100. Pertanyaan 3 meter berapa cm jawabannya yaitu 3 x 100 = 300 cm.

Hal tersebut juga berlaku untuk bilangan desimal. Misalnya terdapat pertanyaan 0,6 meter berapa sentimeter? Maka kamu tinggal mengalikan angka 0,6 tersebut dengan 100. Hasil dari 0,6 x 100 adalah 60. Jadi, nilai 0,6 meter itu setara dengan 60 cm.

Pembahasan mengenai cara menghitung 0,6 meter berapa cm ternyata mudah. Karena dari meter ke cm berjarak dua tangga, maka untuk mengonversinya harus dikalikan dengan 100. Namun, jika menggunakan bilangan desimal, maka perhitungannya harus teliti supaya benar.

error: