10% dari 50 Adalah Berapa? Ini Cara Hitung dan Pembahasannya

Uinsuka.ac.id – kamu belum tau cara menghitung 10% dari 50 adalah berapa? Jika belum, artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap bagaimana cara menghitung persentase. Cara menghitung persentase sudah diajarkan sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Bagi beberapa orang mungkin lupa cara menghitungnya. Padahal, perhitungan persentase sangat dekat sekali hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketika berbelanja misalnya, beberapa produk menawarkan diskon yang dinyatakan dalam persen.

Contoh lain misalnya dalam bidang bisnis, kamu wajib dituntut untuk bisa menghitung persentase. Hal ini dikarenakan dalam bisnis, persentase biasanya dipakai untuk menentukan laba atau keuntungan yang didapat. Sebegitu pentingnya memahami perhitungan persen dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menghitung Persen Menggunakan Rumus

Jika ingin menghitung persen, bisa menggunakan rumus sederhana berikut ini:

Persentase (%) = jumlah bagian : jumlah keseluruhan x 100%

Kamu juga bisa mengganti bentuk pecahan, bentuk desimal, pembagian persen, bentuk rasio, ataupun bentuk lainnya menjadi persen. Agar bisa menghitungnya, maka wajib mengalikan pecahannya dengan bilangan 100.

Baca Juga:  4 Jam Berapa Detik? Cara Menghitung Konversi Satuan Waktu

Selain memakai rumus di atas, perhitungan pecahan dari nilai persentase yang telah diketahui bisa memakai rumus berikut:

Jumlah bagian = persentase (%) x total keseluruhan

Dengan memakai rumus-rumus yang sudah disebutkan di atas, maka kita bisa menyelesaikan soal-soal terkait dengan persentase.

Sebagai contoh, dalam suatu kelas terdiri dari 40 siswa, yang mana 5 orang harus mengikuti remidi karena nilai ujian berada di bawah KKM. Berapa persen siswa yang ikut remidi?

Untuk menghitungnya, caranya dengan membagi 5 dengan 40, lalu mengalikannya dengan 100%. Sehingga perhitungan yang didapat yaitu 5/40 x 100% = 12,5%.

Menghitung 10% dari 50 Adalah Berapa?

Setelah mengetahui rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya, kali ini kita akan menyelesaikan pertanyaan 10% dari 50. Cara menghitungnya yaitu tinggal mengalikannya saja. Sehingga, perhitungan yang didapat yaitu 10/100 x 50 = 5. Jadi, hasil dari 10% dari 50 adalah 5.

Contoh Soal Menghitung Persen Menggunakan Rumus

1. Soal 1

Siswa kelas 5 Sekolah Dasar Nusa Bangsa berjumlah 40 orang. 15 di antara siswa tersebut berkacamata. Berapa persentase siswa berkacamata yang ada dalam kelas tersebut?

Baca Juga:  1 Meter Berapa Dm? Ini Jawaban dan Contoh Soal Lain

Pembahasan:

  • Persentase siswa berkacamata = jumlah siswa berkacamata/jumlah seluruh siswa x 100%
  • Persentase siswa berkacamata = 15/40 x 100% = 37,5%.

Jadi, persentase siswa kelas 6 Sekolah Dasar Nusa Bangsa yang berkacamata sebesar 37,5%.

2. Soal 2

Pak Budi menabung di bank sebesar Rp100.000.000. bunga yang didapat setiap bulan sebesar 0,2% dari jumlah tabungannya. Berapa bunga yang diberikan bank ke Pak Budi tiap bulannya?

Pembahasan:

  • Nilai bunga = jumlah tabungan x persentase bunga
  • Nilai bunga = Rp100.000.000 x 0,2/100
  • Nilai bunga = 200.000

Jadi, bunga yang diberikan bank sebesar Rp200.000 tiap bulannya.

Cara menghitung persen cukup mudah. Setelah berhasil mengetahui hasil 10% dari 50 adalah 5, sekarang kamu bisa berlatih menjawab soal lebih banyak lagi supaya pemahaman mengenai perhitungan persen semakin lancar.