5 Mm Berapa Cm? Jawaban dan Cara Hitung Satuan Panjang


Uinsuka.ac.id – Tahukah apa jawaban dari 5 mm berapa cm? Mm dan cm merupakan satuan panjang yang umum dipakai di Indonesia. Kedua satuan ini biasanya digunakan untuk mengukur benda-benda yang ukurannya relatif kecil.

Kamu bisa mengandalkan pemahamanmu tentang tangga konversi satuan panjang sewaktu SD, lho. Masih mengingatnya? Jika sudah lupa, jangan khawatir sebab artikel ini akan mengulas kembali materi tentang konversi satuan panjang tersebut.

Perlu dipahami bahwa perpindahan dari mm ke cm hanya dilakukan melalui 1 anak tangga saja dalam tangga satuan konversi panjang. Apa maksud dari 1 anak tangga ini? Yuk, simak uraiannya dengan lengkap dan temukan jawabannya di sini!

Kunci Jawaban 5 Mm Berapa Cm

Menjawab soal konversi satuan panjang sebenarnya sangat mudah asalkan paham perkalian dan pembagian. Kamu juga perlu mengetahui nilai yang setara antara satuan-satuan yang terlibat, misalnya mm dan cm.

Baca Juga:  30 Mm Berapa Cm? Rumus Konversi Satuan Panjang

Sudah tahu belum kalau 1 cm setara dengan 10 mm? Kalau ingin mengkonversi cm ke mm, maka harus mengalikan angka pada satuan mm dengan 10. Sebaliknya, kalau ingin mengkonversi mm ke cm, maka perlu membaginya dengan angka 10.

Contohnya, berapa nilai 5 mm yang setara dengan cm? Jawabannya bisa diuraikan dengan cara ini:

5 mm = 5 : 10 cm.

= 0,5 cm, atau bisa juga ditulis menjadi 5×10-1 cm.

Bagaimana jika ingin mengubah cm ke mm? Gampang, begini cara menjawabnya:

5 cm  = 5 x 10 mm.

= 50 mm atau bisa juga ditulis menjadi 5×101 cm.

Rupanya, cara menyelesaikan soal 5 mm berapa cm atau soal konversi satuan panjang lainnya sangat terkait dengan operasi bilangan pembagian dan perkalian. Kamu bahkan juga mengandalkan kedua operasi bilangan ini kalau mau mengonversi satuan apa pun.

Contoh Soal Lain

Butuh lebih banyak soal latihan untuk mengerti sepenuhnya? Yuk, kerjakan soal-soal berikut dan kalau perlu diskusilah dengan teman-temanmu:

1. 10 Mm Berapa Cm

Kamu bisa menjawabnya begini:

Baca Juga:  1,5 Mm Berapa Cm? Jawaban, Cara Hitung, Contoh Soal

10 mm = 10 : 10 cm = 1 cm.

Kamu juga dapat menuliskannya dalam notasi ilmiah, seperti ini:

10 mm = 1×101 : 1×101 cm = 1 cm.

2. 0,02 Mm Berapa Cm

Kamu bisa menjawabnya begini:

0,02 mm = 0,02 : 10 cm = 0,002 cm.

Kamu juga dapat menuliskannya dalam notasi ilmiah, seperti ini:

0,02 mm = 2×10-2 : 1×101 cm.

Ingat bukan kalau bilangan berpangkat dibagi, maka pangkatnya dikurangkan. Jadi jawabannya, yaitu 2×10-3 cm.

3. 500 Mm Berapa Cm

Bisa dijawab begini:

500 mm = 500 : 10 cm = 50 cm.

Mudah sekali kan menjawab nilai dari 5 mm berapa cm? Kamu bisa terus berlatih sendiri di rumah. Lakukan juga bersama guru atau teman-temanmu untuk mengembangkan pemahaman ini melalui diskusi.

error: