7 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain

Uinsuka.ac.id – Konversi satuan merupakan salah satu materi pelajaran matematika yang mendasar. Kamu tentunya pernah diajarkan materi ini oleh gurumu sewaktu sekolah, seperti konversi satuan panjang, konversi satuan massa, dan masih banyak lagi. Contoh konversi satuan panjang, yaitu 7 cm berapa meter.

Hal utama yang harus diingat saat mau mengonversi satuan adalah mengetahui nilai kesetaraan antara satuan-satuan yang terlibat. Jika ingin mengubah cm ke meter, maka perlu tahu nilai kesetaraan antara cm dan meter ini.

Nah, kira-kira berapa ya, nilai kesetaraan antara cm dan meter? Kenapa sih, kebanyakan soal akan meminta untuk mengkonversi satuan panjang yang lain ke meter? Baca terus artikel ini ya, dijamin kamu bakal dapat ilmu yang bermanfaat!

Jawaban 7 Cm Berapa Meter

Sebelum mencari tahu cara mengubah satuan cm ke meter, perlu tahu dulu alasan kenapa konversi satuan ke meter ini penting dalam dunia sains. Sudah tahukah kalau meter merupakan satuan internasional dari panjang?

Baca Juga:  6 Pangkat 2 Berapa? Cara Menghitung Bilangan Berpangkat

Apa itu satuan internasional? Nah, satuan internasional merupakan satuan yang disepakati oleh para ilmuwan untuk digunakan pada 7 besaran pokok di seluruh dunia. Salah satu dari besaran pokok ini adalah panjang, yang satuannya berupa meter.

Jadi, jangan heran ya, kalau sering mendapatkan soal-soal perhitungan yang memintamu untuk mengkonversi satuan cm ke meter. Lalu, bagaimana cara untuk mengubah cm ke meter?

Berikut aturannya:

  • 1 meter setara dengan 100 cm.
  • Jika mau mengubah cm ke meter, bisa membagi bilangan yang ingin diubah dengan 100.
  • Jika mau mengubah meter ke cm, bisa mengalikan bilangan yang ingin diubah dengan 100.

Contohnya, kamu mendapatkan pertanyaan “7 cm berapa meter”? Jawabannya, yaitu 7 : 100 = 0,07. Rupanya, hasilnya adalah bilangan desimal.

Nah, bilangan desimal 0,07 ini bisa kamu tulis dalam bentuk notasi ilmiah, yakni 7×10-2 meter. Notasi ilmiah ini salah satu tujuannya untuk memudahkan saat menghitung pecahan desimal.

Contoh Soal Lain

Sudah paham tahu belum nih, cara mengubah cm ke meter? Kamu butuh lebih banyak soal agar semakin paham? Baiklah, coba simak contoh-contoh soal berikut ini:

Baca Juga:  Cara Menghitung Luas Selimut Tabung, Penerapan dan Contoh

1. 100 Cm Berapa Meter

Bayangkan punya tali yang panjangnya 100 cm. Kira-kira, berapa nilai 100 cm ini jika diubah menjadi meter? Jawabannya gampang, kamu tinggal membagi 100 cm dengan 100. Hasilnya, nilai 100 cm setara dengan 1 meter.

2. 20 Cm Berapa Meter

Tali yang awalnya sepanjang 100 meter, ternyata dipotong oleh temanmu sehingga tersisa hanya 20 cm. Berapa nilai 20 cm ini jika diubah menjadi meter? Jawabannya, yaitu 20 : 100 meter = 0,2 meter, yang bisa kamu tulis menjadi 2×10-1 meter.

Soal 7 cm berapa meter ternyata mudah sekali untuk diselesaikan, betul? Cukup pahami nilai kesetaraan antara cm dan meter, maka masalah ini bisa segera mendapatkan solusi!