1,2 Meter Berapa Cm? Cara Hitung dan Konsepnya

uinsuka.ac.id – Konversi panjang kerap kali bikin pusing tujuh keliling. Terlebih jika angka yang didapatkan ternyata angka koma-koma atau desimal. Misalnya: 1,2 meter berapa cm. Kalau sudah begini, kamu pasti langsung tepok jidat karena malas menghitung jika ada angka desimal dalam kalimat matematika.

Namun, jangan khawatir. Sebenarnya koma dalam konversi panjang maupun berat itu bukan momok yang harus ditakuti. Pasalnya, mau koma ataupun tidak, selama kamu hafal tangga satuan panjang maka soal tersebut bisa dengan mudah dieksekusi.

Lantas, apa itu tangga satuan panjang? Tangga satuan panjang merupakan sebuah indikator dasar yang digunakan untuk acuan konversi panjang. Dengan menggunakan prinsip pada tangga satuan panjang, konversi pun akan dengan mudah dilakukan.

Prinsip Dasar Tangga Satuan Panjang

Dalam tangga satuan panjang, prinsip yang dijalankan berhubungan dengan naik atau turun. Jika satuan yang dikonversi naik, maka kamu harus membaginya dengan 10. Jika turun, maka kamu harus mengalikannya dengan 10. Lantas, bagaimana jika turun atau naik sebanyak 2 kali?

Baca Juga:  77 Fahrenheit Berapa Celcius? Cara Hitung Konversi Suhu

Lantas 1,2 meter berapa cm? Jika naik atau turun sebanyak dua kali, ingat! Kamu bukan mengalikan atau membagi dengan 20, ya! Tapi dengan 10 x 10 atau 100. Begitupun dengan naik atau turun sebanyak 3 kali. Bukan 3 x 10 tetapi 10 x 10 x 10 atau 1.000.

Agar lebih jelas, ini dia urutan daftar tangga satuan panjang:

Km (Kilometer)

 Hm (Hektometer)

    Dam (Dekameter)

       M (Meter)

         Dm (Desimeter)

            Cm (Centimeter)

               Mm (Millimeter)

Dari tangga di atas, bisa dipastikan bahwa meter ke cm mengalami penurunan sebanyak 2 kali. Ini artinya jika ingin mengkonversinya, kamu harus mengalikannya dengan 10 x 10 atau 100.

Jadi, 1,2 Meter Berapa Cm?

Setidaknya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Cara pertama adalah dengan menerapkan prinsip pecahan biasa kemudian yang kedua adalah menggeser koma. Ini selengkapnya:

1.  Menggunakan Bentuk Pecahan Biasa

1,2 meter = … cm?

1,2 meter diubah bentuk menjadi pecahan jadi : 12/10

12/10 meter = … cm?

Baca Juga:  10 Pangkat Min 1 Itu Berapa? Ini Cara Hitung Pangkat Negatif

= 12/10 x 100

= 120 cm

Dari perhitungan pecahan biasa, didapatkan hasil bahwa 1,2 meter itu setara dengan 120 cm.

2. Menggeser Koma

Seperti diketahui, m ke cm mengalami penurunan sebanyak 2 kali. Dalam penerapan prinsip koma, penurunan berarti menggeser koma ke kanan. Jika mengalami penurunan sebanyak 2 kali, maka konversi m ke cm hanya harus menggeser koma ke kanan sebanyak 2 kali.

1,2 meter = … cm?

1,2  jika koma digeser 1 kali maka hasilnya jadi 12

12 jika koma digeser 1 kali lagi maka hasilnya jadi 120.

Berdasarkan cara cepat diatas, didapatkan hasil bahwa 1,2 meter itu sama dengan 120 cm. Dari kedua hasil tersebut, bisa disimpulkan bahwa jawaban 1,2 meter berapa cm 120 cm. Ini artinya, kedua metode cara cepat tersebut bisa kamu aplikasikan dengan mudah! Jadi, selamat mencoba!