5 Persen dari 5 Juta Adalah Berapa? Cara Hitung dan Contoh Soal


Uinsuka.ac.id – Pertanyaan seperti 5 persen dari 5 juta adalah hal yang kerap ditemui dalam dunia matematika. Materi mengenai persentase penting untuk dipahami dikarenakan erat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan memahaminya, maka kamu akan mudah untuk mengerjakan soal mengenai persentase.

Cara perhitungan 5% dari 5 juta pun juga memiliki rumus khusus yang harus diketahui terlebih dahulu. Pemahaman akan rumus tersebut adalah hal yang perlu kamu lakukan dengan baik. Caranya pun bisa dibilang cukup mudah dan tidak sulit untuk dicoba.

5 persen atau sama dengan 5 per 100 dari 5 juta biasanya erat digunakan dalam perhitungan sehari-hari. Seperti pada sektor industri maupun yang lainnya. Rumus beserta contoh soal dan pembahasannya akan disajikan dalam ulasan berikut:

5 Persen dari 5 Juta Adalah?

Dikarenakan persen setara dengan per seratus, maka cara perhitungannya pun cukup mudah. Ikuti tahapan berikut:

5%( 5/100)*5 juta = 250.000.

Baca Juga:  2 Pangkat 4 Berapa? Jawaban dan Cara Menghitungnya

Konsep 5% dari 5 juta dapat diaplikasikan dalam pengelolaan keuangan pribadi. Misalnya, jika seseorang memiliki investasi senilai 5 juta, maka toleransi risiko sebesar 5 persen dapat digunakan untuk menilai sejauh mana fluktuasi nilai investasi yang dapat diterima tanpa menimbulkan kecemasan yang berlebihan.

Pemahaman mengenai persentase tersebut tentunya akan sangat penting untuk diketahui serta dikuasai. Dengan begitu, maka kamu akan mudah untuk mengaplikasikan perhitungan tersebut di kemudian hari tanpa perlu kesusahan menghitungnya.

Contoh Soal dan Pembahasan

Usai memahami tentang rumus perhitungan dari 5 persen dari 5 juta adalah sebesar 250.000, kini saatnya kamu bisa berlatih contoh soal dan pembahasannya. Perlu diingat bahwa rumus di atas bisa langsung dicoba dan tidak sulit untuk dipahami.

1. Contoh Soal

Jumlah pengguna suatu aplikasi layanan kesehatan pada bulan Januari adalah 4 juta. Jika pada bulan Februari terjadi peningkatan pengguna sebesar 5 persen dari total pengguna bulan sebelumnya, berapakah jumlah pengguna pada bulan Februari?

2. Jawaban dan Pembahasan

Contoh soal di atas memiliki perintah untuk mengetahui jumlah pengguna dari data persentase yang ada. Peningkatan pengguna dihitung dengan mengalikan jumlah pengguna awal dengan persentase peningkatan. Berikut adalah tahapan dalam mengetahui hasil dari soal perhitungan di atas:

Baca Juga:  4 Jam Berapa Detik? Cara Menghitung Konversi Satuan Waktu

Pengguna bulan Februari = 4.000.000*(5/100).

Hasil dari rumus tersebut adalah 200.000

Melalui contoh soal tersebut, kamu dapat memahaminya dengan seksama bahwa setiap nominal bisa langsung dimasukkan ke rumus jumlah persentase dibagi dengan 100 kemudian dikali dengan nominal yang diketahui. Cara ini sangat mudah dan bisa langsung diikuti.

Mulai dari pembahasan dari pertanyaan 5 persen dari 5 juta adalah sebesar 250.000 hingga pada contoh soal dan juga pembahasan lengkapnya tersedia dalam ulasan di atas. Kamu bisa langsung mempelajarinya dengan seksama agar lebih mudah mengerjakan soal serupa

error: