10 Meter Berapa Cm? Cara dan Tips Menghitungnya


Konversi panjang yang paling sering digunakan oleh masyarakat adalah meter (m) ke centimeter (cm). Adapun dalam aplikasinya, kamu akan menemukan berbagai macam angka yang dikonversi. Salah satunya adalah 10 meter berapa cm. Lantas, bagaimana cara untuk menjawabnya?

Setidaknya, ada banyak cara dan trik rahasia yang bisa dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Oleh sebab itu, kamu hanya tinggal memilih mana metode yang paling cocok dan paling mudah diaplikasikan. Jika sudah terbiasa, proses konversi perlahan jadi sudah diluar kepala.

Namun sebelum melakukan konversi, setidaknya ada beberapa hal yang harus dipahami. Adapun hal tersebut adalah penggunaan dan urutan tangga satuan panjang. Jika hal ini sudah kamu kuasai dan hafalkan di luar kepala, dijamin perhitungan konversi akan jadi lebih mudah!

Mengenal Tangga Satuan Panjang

Sebelum menjawab 10 meter berapa cm, ada baiknya kamu untuk mengenal tangga satuan panjang terlebih dahulu. Dari mengenal tangga satuan panjang, banyak model soal konversi yang bisa kamu taklukkan. Namun sebelum menaklukkan, kamu harus paham aturannya.

Baca Juga:  Cara Menghitung Logaritma dan 7 Contoh Soal 2024

Adapun aturan yang paling penting adalah: jika konversi naik tangga 1 kali, maka hasilnya adalah : 10. Namun jika turun, maka hasilnya x 10. Dalam tangga tersebut setidaknya terdiri dari 7 satuan panjang. Apa saja satuan panjang tersebut? Ini dia daftarnya!

Km (Kilometer)

Hm (Hektometer)

Dam (Dekameter)

M (Meter)

Dm (Desimeter)

Cm (Centimeter)

Mm (Milimeter)

Dalam daftar tersebut, kamu bisa melihat bahwa letak meter berada di tengah daftar. Sementara itu cm berada di posisi 2 satuan panjang terkecil. Jadi, konversi meter ke cm mengalami penurunan sebanyak 2 kali. Artinya, kamu harus mengalikan dengan 10 x 10 untuk mendapatkan hasilnya.

Cara Cepat Hitung 10 Meter Berapa Cm

Jika kamu ingin cepat menghitungnya, ada 2 cara cepat yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah dengan menghitungnya menggunakan rumus, kemudian yang kedua menggunakan prinsip koma. Ini dia pembahasan selengkapnya!

1. Menggunakan Rumus

Karena m ke cm mengalami penurunan sebanyak 2 kali. Maka, kamu harus mengalikannya dengan 10 x 10 atau 100. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah rumusnya:

Baca Juga:  1,5 Mm Berapa Cm? Jawaban, Cara Hitung, Contoh Soal

Hasil konversi cm = nilai awal x 100

Lantas, 10 m = … cm?

Hasil konversi cm = 10 m × 100

Hasil konversi cm = 1.000

Berdasarkan perhitungan di atas, diketahui bahwa nilai dari 10 meter setara dengan 1.000 cm.

2. Menggeser Koma

Penyelesaian konversi m ke cm ternyata juga bisa diselesaikan dengan menggeser koma. Adapun aturan pergeserannya adalah: turun satu tangga, koma digeser ke kanan. Sementara jika naik satu tangga, maka koma digeser ke kiri. Lantas, bagaimana dengan konversi 10 m ke cm?

Meter ke cm mengalami penurunan sebanyak 2 kali. Ini artinya, koma digeser ke kanan sebanyak 2 kali. Jadi, 10 menjadi 100 jika koma digeser 1 kali, dan 1.000 apabila digeser sebanyak 2 kali.

Meskipun metodenya berbeda, dua perhitungan di atas memiliki hasil hitung yang sama. Ini artinya hasil dari 10 meter berapa cmadalah 1.000 cm. Dalam aplikasinya, kamu akan menemukan lebih banyak model soal yang berbeda. Jadi, tetaplah berlatih agar bisa mengerjakannya di luar kepala.

error: