2 Meter Berapa Cm? Cara Menghitung Satuan Panjang

Bahasan soal konversi panjang memang seolah tidak ada habisnya. Hal ini disebabkan karena penggunaan konversi panjang sangat banyak digunakan oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah konversi meter ke cm. Lantas, apa jawaban dari 2 meter berapa cm?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus terlebih dahulu memahami tentang konsep dan aturan konversi panjang. Adapun aturan konversinya sangat berkaitan erat dengan tangga satuan panjang. Oleh sebab itu, kamu harus hafal peletakan satuannya.

Secara berurutan, tangga satuan panjang terdiri dari km (kilometer), hm (hektometer), dam (dekameter), m (meter), dm (desimeter), cm (centimeter) dan ditutup dengan satuan terkecil mm (milimeter). Dari 7 satuan tersebut, km, m dan cm adalah yang paling sering digunakan.

Tahapan Cara Menghitung 2 Meter Berapa Cm

Untuk melakukan konversi panjang, setidaknya ada beberapa tahapan yang harus kamu lewati. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di sini!

Baca Juga:  60 mL Berapa Sendok Makan? Cara Menghitung dan Contoh Soal

1. Mengetahui Aturan Satuan Panjang

Saat menggunakan tangga satuan panjang, kamu harus mengikuti aturan agar hasil yang didapatkan benar dan akurat. Salah mengaplikasikan aturan bisa-bisa berakibat fatal. Jadi, apa saja aturan yang harus dipatuhi?

  • Jika konversi mengalami penurunan 1 tangga, maka hasilnya adalah nilai awal x 10
  • Jika konversi mengalami kenaikan 1 tangga, maka hasilnya adalah nilai awal : 10
  • Penurunan tangga 2 kali bukan berarti dikalikan 2 x 10, melainkan 10 x 20
  • Poin ke 3 juga berlaku untuk kasus kenaikan tangga.

2. Melihat Tangga Satuan Panjang

Setelah paham soal aturan tersebut, lantas, bagaimana kelanjutan untuk menemukan jawaban 2 meter berapa cm? Agar lebih jelas, ada baiknya kamu melihat urutan dari tangga satuan panjang terlebih dahulu. Berikut ini adalah urutannya:

Km (Kilometer)

Hm (Hektometer)

Dam (Dekameter)

M (Meter)

Dm (Desimeter)

Cm (Centimeter)

Mm (Milimeter)

Dari urutan di atas, bisa dipastikan bahwa meter berada di urutan tengah. Sementara itu, cm ada di urutan kedua dari bawah. Ini artinya, konversi meter ke cm mengalami penurunan sebanyak 3 kali. Jadi untuk melakukan konversi tersebut, kamu harus mengalikannya dengan 10.

Baca Juga:  1500 Cm Berapa Meter? Cara Menghitung dan Tangga Satuan Panjang

3. Mulai Menghitung

Di tahap selanjutnya, barulah kamu bisa mengetahui hasil konversinya. Agar lebih mudah diaplikasikan, simak contoh soal berikut ini!

Contoh soal:

Halimah memiliki kain sepanjang 2 meter. Rencananya, kain tersebut akan digunakan untuk membuat sapu tangan. Jika 1 saputangan membutuhkan kain sepanjang 20 cm, berapa saputangan yang dihasilkan dari kain 2 meter tersebut?

Pembahasan:

2 meter = …. Cm?

= 2 meter x 100 cm

= 200 cm

Total panjang kain Halimah adalah 200 cm. Jika 1 saputangan butuh 20 cm, maka 200 : 20 = 10 buah. Dari perhitungan di atas, didapatkan hasil bahwa jumlah saputangan yang dihasilkan dari 2 meter kain adalah 20 buah.

Berdasarkan hasil pembahasan di atas, bisa dipastikan bahwa pertanyaan 2 meter berapa cm bisa dikembangkan menjadi banyak model soal. Hanya saja, jawaban konversi meter ke cm masih tetap sama. Karena 2 meter setara dengan 200 cm.