7 Meter Berapa cm? Jawaban dan Pembahasannya Lengkap


Uinsuka.ac.id – Dalam pelajaran matematika, kita akan sering menjumpai soal dengan berbagai bentuk yang berbeda-beda. Mulai dari penjumlahan sederhana, perpangkatan, kuadrat, hingga konversi satuan seperti 7 meter berapa cm.

Ketika baru pertama kali mempelajarinya, mungkin mengerjakan soal-soal tersebut sedikit sulit bagi beberapa orang. Namun, tenang saja karena hal itu bisa dilatih dengan memperbanyak mengerjakan soal. Dengan begitu, kamu bisa terbiasa dan hafal cara menghitungnya di luar kepala.

Langkah-Langkah Menghitung 7 Meter Berapa Cm

Apabila baru pertama kali menjumpai atau menghitung soal konversi satuan, penting untuk menyimak langkah-langkah perhitungannya terlebih dahulu. Sebab langkah-langkah ini tidak hanya akan memandu menyelesaikan soal konversi dari satuan meter ke sentimeter, tetapi juga satuan lainnya.

1. Ketahui Letak Satuan Meter dan Sentimeter

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui letak satuan meter dan sentimeter dalam tangga satuan ukuran. Meter berada tepat di bagian tengah dari tangga satuan ukuran dan sentimeter berada di urutan kedua dari bawah.

Baca Juga:  4 Pangkat 4 Berapa? Pahami Cara Hitung dan Konsep Pangkat

2. Hitung Soal yang Ditanyakan

Apabila mengkonversi satuan besar ke kecil, tanda perhitungan yang digunakan adalah perkalian. Apabila mengkonversi satuan kecil ke besar, tanda perhitungan yang digunakan adalah pembagian. Jadi, tanda yang digunakan untuk menghitung 7 m berapa cm adalah perkalian.

  • 7 meter berapa cm?
  • 7 meter = 7 x 100 cm = 700 cm

Contoh Soal-Soal Konversi Satuan Ukuran

Mengerjakan soal sebanyak-banyaknya bisa melatih kamu untuk menghitung konversi berbagai satuan ukuran. Selain membuat paham, latihan soal juga bakal menjadikan kamu hafal di luar kepala. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menggambar tangga satuan sebelum mengerjakan soal.

1. 29 Hm Berapa Dm

Letak satuan hm berada di tangga kedua jika diurutkan dari satuan yang paling besar, sedangkan satuan dm berada di urutan ketiga terkecil. Jadi, konversi satuan dari hm ke dm turun sebanyak tiga tangga dan bisa dihitung menggunakan tanda perkalian.

  • 29 hm berapa dm?
  • 29 hm = 29 x 1.000 dm = 29.000 dm

2. 30 M Berapa Cm

Letak satuan meter berada di tangga paling tengah, sedangkan satuan cm berada di urutan kedua terakhir dari satuan terkecil. Jadi, konversi satuan meter ke centimeter turun dua tangga dan bisa dihitung menggunakan tanda perkalian.

  • 30 m berapa cm?
  • 30 m = 30 x 100 cm = 3.000 cm
Baca Juga:  6 mm Berapa cm? Cara Hitung, Konversi, dan Latihan Soal

3. 500 Mm Berapa M

Konversi dari milimeter ke meter mungkin akan jarang ditemukan dalam soal, tetapi kamu bisa meniru cara mengerjakan soal ini untuk mengerjakan konversi satuan lainnya. Letak satuan mm berada di tangga paling bawah dan satuan m berada tepat di tangga tengah.

Jika mengacu pada tangga satuan ukuran, maka konversi milimeter ke meter naik tiga tangga. Jadi, tanda yang digunakan adalah tanda pembagian. Simak uraian pembahasan berikut untuk lebih memahamkan bagaimana cara mengerjakan soal..

  • 500 mm berapa m?
  • 500 mm = 500 : 1000 m = 0,5 m

Jika mengetahui urutan satuan ukuran, menghitung soal konversi jadi lebih mudah bukan? Bahkan, soal 7 meter berapa cm dan soal-soal serupa bisa dituntaskan hanya dalam waktu singkat. Kamu pun bisa menghitungnya di luar kepala.

error: