100 cm Berapa Meter? Perhitungan dan Contoh Soalnya


Pada tingkat sekolah dasar, kamu pasti pernah mendapat pertanyaan 100 cm berapa meter bukan? Pertanyaan ini sebenarnya merupakan pertanyaan mendasar dari pelajaran menghitung satuan. Jenis satuan panjang sendiri ada banyak. Centimeter dan meter juga merupakan satuan panjang.

Untuk bisa menghitung berapapun nilai satuan dari jenis satuan tertentu ke jenis satuan lain, kamu harus bisa menghafal urutan satuan dari yang paling besar ke terkecil. Semua jenis satuan hitungan panjang ini bisa dikonversi satu sama lain. Termasuk menghitung cm ke meter dan juga sebaliknya.

100 cm Berapa Meter?

Sebelum menghitung pasti hasil 100 cm yang dikonversikan ke meter, perlu dipahami dulu urutan bertingkat konversi dari semua jenis satuan panjang. Satuan meter sendiri jika diubah menjadi inci menjadi 39, 37. Konversi meter ke satuan lain memiliki nilai yang berbeda-beda.

Baca Juga:  1 Desimeter Berapa Cm? Jawaban dan Tangga Konversi Panjang

Termasuk jika meter diubah ke centimeter atau sebaliknya. Untuk bisa mengetahui hasil dari 100 cm yang dikonversi ke meter, maka harus hafal dulu urutan nilai konversi berikut:

  • 1 kilometer = 1000 meter
  • 1 hektometer = 100 meter
  • 1 dekameter = 10 meter
  • 1 meter = 1 meter
  • 1 desimeter = 0,1 meter
  • 1 Centimeter = 0,01 meter
  • 1 milimeter = 0,001 meter

Lantas bagaimana jika yang ditanyakan adalah 100 cm berapa meter? Nah, perlu diketahui dulu aturan untuk konversi adalah jika satuan hasil konversi lebih tinggi maka nilainya harus dibagi. Sebaliknya jika satuan hasil konversi ini posisinya lebih rendah atau lebih kecil maka nilainya harus dikali.

Menghitung 100 cm yang dikonversi ke meter artinya satuan hasil konversinya harus lebih tinggi, maka nilainya harus dibagi. Cm ke meter menurut urutannya harus naik 2 tingkat. Maka 100 cm harus dibagi dengan 100 dan hasilnya adalah 1 meter.

Perhitungan ini juga berlaku untuk bilangan desimal yang ingin dikonversikan. Contohnya jika ada pertanyaan 3,5 cm itu berapa meter? Maka 3,5 harus dibagi dengan 100 maka hasilnya 0,035 meter.

Baca Juga:  1 km Berapa Meter? Cara Menghitung dan Contoh Soal Lain

Contoh Soal Konversi cm ke meter

Agar lebih paham dengan pembahasan konversi 100 cm dijadikan meter ini, maka berikut ada beberapa contoh yang setara dengan perhitungan dari pertanyaan tersebut. Diantaranya:

1. 350 cm ke meter

Contoh soal: Sebuah kelas mengadakan praktek pengukuran panjang. Murid diperintahkan membawa tongkat dengan panjang 350 cm. Panjang tongkat ini harus dikonversi menjadi meter. Maka berapa panjang tongkat 350 cm jika dikonversi jadi meter?

Jawab: kenaikan cm ke meter harus menggunakan angka 100. Karena konversinya naik jadi harus dibagi dengan 100, maka 350 ÷ 100 = 3,5. Jadi panjang tongkat adalah 3,5 meter.

2. 6,5 cm ke meter

Contoh soal: Sebuah pita berukuran 6,5 cm jika dikonversi ke satuan meter maka pita menjadi berapa meter panjangnya?

Jawab: 6,5 ÷ 100 = 0,065. Jadi panjang pita 6,5 cm setara dengan 0,065 meter.

Dari beberapa contoh dan penjelasan terkait 100 cm berapa meter, kini hitungan panjang tersebut bisa jadi patokan untuk mengukur panjang cm yang dikonversikan ke satuan meter.

error: