120 cm Berapa Meter? Cara Hitung dan Rumus Konversi


Pembahasan tentang perhitungan dari cm ke meter sebenarnya adalah pelajaran yang cukup mendasar. Pertanyaan seperti 120 cm berapa meter juga seharusnya sudah menjadi pertanyaan yang harus bisa dijawab oleh murid-murid sekolah dasar. Pasalnya soal ini berkaitan dengan konversi satuan.

Dalam ilmu matematika memang sering dikenal pembahasan terkait konversi satuan. Satuan panjang sendiri punya beberapa jenis. Tingkatan satuan paling atas ada kilometer dan yang paling rendah ada milimeter. Dua jenis satuan paling sering digunakan adalah centimeter dan meter.

Centimeter Sebagai Satuan

Dalam sistem metrik matematika, centimeter dikategorikan sebagai salah satu jenis satuan panjang. Letak centimeter tepat di atas milimeter. Sehingga objek yang punya ukuran sangat panjang saat menggunakan milimeter biasanya akan diubah menjadi centimeter untuk membuatnya lebih praktis.

Tidak hanya bisa jadi konversi dari nilai milimeter, centimeter ini juga bisa menjadi konversi untuk jenis satuan lain seperti inci hingga meter pun bisa. Untuk mengkonversi nilai cm ke meter bisa menggunakan rumus: meter = cm ÷ 100.

Baca Juga:  2 Km Berapa Meter? Memahami Kilometer dan Meter

Meter Sebagai Satuan

Sama halnya seperti centimeter, dalam standar internasional perhitungan satuan panjang juga melibatkan meter. Meter ini letaknya dua tingkat di atas centimeter sehingga sudah pasti nilainya lebih besar.

Selain digunakan mengukur satuan panjang benda, meter juga dijadikan satuan untuk mengukur gaya, newton, dan lain-lain yang berkaitan. Meter biasa disingkat atau disimpulkan dengan (m). Konversi meter ke cm bisa diaplikasikan dengan menggunakan rumus:

Cm = meter × 100

Menghitung 120 cm Berapa Meter dengan Rumus

Pada penjelasan di atas sudah ditulis rumus hitung konversi dari cm ke meter dan meter ke centimeter. Naik dan turunnya tingkatan satuan ini memang menjadi komponen penting dalam perhitungan konversi satuan.

Pasalnya jika nilai yang dikonversi lebih rendah maka harus dibagi dengan 100 dan jika lebih tinggi maka harus dikali 100. Jika dipraktekkan secara langsung, konversi 120 cm ke meter menjadi:

Meter = cm ÷ 100

Meter = 120 ÷ 100

= 1,2 meter. Jadi nilai 120 cm jika dikonversi ke satuan meter adalah 1,2 meter atau 1 meter 20 cm.

Baca Juga:  300 mm Berapa cm? Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Lantas bagaimana jika konversi dilakukan sebaliknya? Jika nilai 1,2 meter dikonversi ke cm maka 1,2 meter × 100 hasilnya menjadi 120 cm.

Tips Menghitung Konversi

Bahkan untuk menghitung 120 cm berapa meter saja terkadang masih ada kesulitan. Padahal ada trik praktis yang bisa diterapkan, seperti:

  • Hafalkan urutan tangga meteran agar tahu urutan tingkat satuan tersebut harus turun atau naik jika dikonversikan dengan satuan yang lain.
  • Gunakan prinsip kali dan bagi dengan bilangan 10 untuk menentukan nilai dari hasil konversi. Gunakan pembagian untuk ko versi ke satuan yang lebih tinggi dan perkalian untuk ko versi ke satuan yang lebih rendah.
  • Gunakan rumus sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya.

Dengan menerapkan prinsip dan rumus yang konversi di atas, kamu bisa menentukan nilai 120 cm berapa meter dengan mudah dan praktis. Rumus berlaku untuk semua jenis konversi satuan panjang.

error: